Learn Science With Ilmusiana

4+ Dataran Rendah di Pulau Jawa (Gambar Lengkap)

Apa nama dataran rendah di Pulau Jawa? Sebagaimana yang kita ketahui, muka bumi terbagi atas dua dataran, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Pulau Jawa sebagai salah satu wilayah Indonesia juga memiliki dua jenis dataran tersebut. Ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang termasuk ke dalam dataran rendah, dan ada pula yang termasuk ke dalam dataran tinggi.

Dataran Rendah di Pulau Jawa

Dataran Rendah di Pulau Jawa

Variasi topografi tempat di Pulau Jawa tersebut disebabkan oleh aktivitas alami bumi yang membentuk muka dataran Pulau Jawa saat ini. Aktivitas tersebut bisa berasal dari tenaga endogen bumi, maupun tenaga eksogen bumi. Pola kehidupan masyarakat yang tinggal di dua dataran tersebut memiliki perbedaan. Masyarakat yang tinggal di dataran rendah lebih banyak melakukan kegiatan pemukiman dan pertanian.

Daerah mana saja yang termasuk dataran rendah di Pulau Jawa? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan secara lengkap wilayah-wilayah di Pulau Jawa yang termasuk ke dalam dataran rendah. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang dataran rendah yang terdapat di Pulau Jawa semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Dataran Rendah

Berdasarkan ketinggiannya, muka bumi terbagi atas dua, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Apa itu dataran rendah? Jadi:
Dataran rendah adalah dataran yang letaknya tidak terlalu tinggi jika diukur dari permukaan laut, biasanya tempat ini memiliki ketinggian 0-200 meter dari permukaan laut. Misalnya wilayah sekitar pantai yang tidak berupa pegunungan atau perbukitan.
Dataran rendah adalah wilayah yang paling diminati oleh manusia karena letaknya yang mudah dijangkau. Pemanfaatannya lebih banyak untuk kegiatan perumahan, pertanian, dan sebagainya. Ciri-ciri tempat yang termasuk dataran rendah adalah:
  • Daerahnya datar
  • Air tersedia cukup
  • Daerah tempat pemukiman penduduk
  • Kegiatan penduduk lebih banyak pada sektor pertanian, perikanan, niaga, dan industri

Dataran Rendah di Pulau Jawa

Di Pulau Jawa terdapat 3 wilayah yang termasuk ke dalam dataran rendah. Wilayah tersebut antara lain:

1. Dataran Rendah Semarang

Semarang adalah wilayah yang termasuk ke dalam dataran rendah di Pulau Jawa. Tingginya hanya sekitar 340 meter dari permukaan laut. Dataran rendah Semarang merupakan tanah subur yang terbentuk dari endapan lumpur sungai dan pasir laut selama berabad-abad. Daerah ini sangat sempit, yaitu hanya sekitar 4 kilometer dari garis pantai. Dataran rendah Semarang dikenal dengan sebutan kota bawah.

2. Dataran Rendah Cirebon

Cirebon juga termasuk ke dalam dataran rendah di Pulau Jawa. Daerah ini hanya memiliki ketinggian sekitar 0-125 meter dari permukaan laut (mdpl). Sebagian besar daerah Cirebon adalah dataran rendah yang membentang dari garis pantai Cirebon sampai daerah gempol. Topografi daerah Cirebon ini menunjukkan bahwa daerah ini terdiri dari pantai dan dataran rendah.

3. Dataran Rendah Madiun

Madiun juga memenuhi syarat sebagai dataran rendah di Pulau Jawa karena hanya memiliki ketinggian sekitar 63-67 meter dari permukaan laut (mdpl).

4. Dataran Rendah Surakarta

Surakarta adalah salah satu dataran rendah di Pulau Jawa. Wilayah ini merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Surakarta hanya memiliki ketinggian dari permukaan laut sebesar 95-105 meter (mdpl).

Demikianlah penjelasan tentang Dataran Rendah di Pulau Jawa. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
4+ Dataran Rendah di Pulau Jawa (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment