Learn Science With Ilmusiana

Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi

loading...
Advertisement

loading...


Badan Golgi dan fungsi badan Golgi dalam postingan yang Anda baca saat ini adalah untuk menjelaskan bagian-bagian sel pada makhluk hidup. Pemahaman sel yang utuh akan didapatkan ketika kita memahami badan Golgi dengan baik. Untuk memulai pembahasan, kami akan memaparkan terlebih dahulu uraian tentang badan Golgi secara umum, baik itu dalam hal bentuk maupun ukuran dari organel sel bernama badan Golgi ini. Fungsi penting badan Golgi akan diberikan juga secara lengkap disini. Untuk melihat bentuk dari organel sel ini, gambar dari badan Golgi juga akan kami sertakan.

Badan Golgi

Badan golgi ditemukan oleh seorang ahli histologi dan patologi berkebangsaan italia yang bernama Camillog Golgi. Badan golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosim) adalah organel terbesar dalam sitoplasma. Badan Golgi berbentuk kantung pipih bertumpuk yang tersusun dari ukuran besar hingga ukuran kecil (panjang 1 - 3 mikrometer dan lebar 0,5 mikrometer) dan terikat membran. Bentuk badan golgi pada sel hewan dan sel tumbuhan relatif sama. Organel sel ini tersebar di seluruh sitoplasma dan dapat berhubungan satu dengan lainnya sehingga membentuk suatu struktur kompleks seperti jala. Perhatikan gambar badan Golgi berikut ini:

gambar badan golgi
Gambar Badan Golgi (Kompleks Golgi)
Badan golgi berfungsi sebagai tempat pengubahan enzim dari bentuk yang tidak aktif (inaktif) ke bentuk yang aktif. Badan golgi juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari RE. Di dalam badan golgi, zat-zat tersebut dibungkus dalam suatu kantong membran (vesikel) kemudian mengirimnya ke membran plasma ( ke luar sel). Selain itu, badan golgi juga bertanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Di dalam sel, badan Golgi tersusun dari 5 sampai 20 kantong pipih. Pada umumnya, badan Golgi terdapat pada sel-sel sekretori (seperti sel-sel pankreas yang menyekresi enzim pencernaan dan sel-sel saraf yang menyekresi neurotransmitter). Sebagaimana organel sel lainnya, jumlah badan Golgi bervariasi menurut tipe, fungsi, dan tahap pertumbuhan sel. Contohnya, pada saat pembentukan dinding sel baru, sel tumbuhan dapat saja memiliki banyak badan Golgi, terutama di daerah sekitar dinding sel. Badan Golgi tersebut dapat menghasilkan vesikel yang mengandung materi-materi penyusun dinding sel. Pada sel-sel hewan, kejadian yang sama dapat juga terjadi pada saat pembentukan hormon. Masing-masing sel dapat mengandung ribuan badan Golgi. 

Fungsi Badan Golgi

Fungsi badan golgi sebagai berikut:
  • Membentuk vesikula ekskretorius, yakni katung untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan dari sel
  • Membentuk membran plasma
  • Membentuk dinding sel (hemiselulosa, pektin, dan selulosa dibentuk dalam badan golgi)
  • Membentuk kuning telur pada sel telur, akrosom pada sperma, dan lisosom.
Sekian uraian tentang Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment