Learn Science With Ilmusiana

Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Batu

loading...
Advertisement

loading...


Cara Menghilangkan Jerawat Batu - Jerawat batu sering kali mengganggu, apalagi jika kita tidak menghilangkannya dengan cepat. Jerawat batu adalah jerawat yang besar-besar, keras, dengan peradangan hebat, berkumpul di seluruh muka. Bahasa ilmiahnya adalah acne nodosa. Jerawat batu letaknya di kulit dalam, berdinding seperti balon berisi lemak dan nanah. Karena berdinding dan tidak ada “mata”nya, maka sulit kempis. Jerawat batu ini sering muncul di kulit wajah yang berminyak. Adanya jerawat batu disebabkan oleh tersumbatnya muara saluran kelenjar minyak oleh lemak atau sebum atau sumbatan itu bisa juga disebabkan adanya sisa kosmetik yang tertinggal dan tidak dibersihkan. Sumbatan itu mengakibatkan minyak kulit tidak dapat keluar dan menggumpal di dalam saluran, dan membengkak, maka terjadilah jerawat batu. Penyebab lain dari jerawat batu yang jarang disadari adalah stres, keturunan, aktivitas hormon, kelenjar minyak yang hiperaktif, bakteri di pori-pori kulit, dan polusi udara.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Batu
Banyak orang yang salah cara dalam menghilangkan jerawat batu. Biasanya mereka melakukannya dengan cara dipencet. Untuk Anda tahu, jangan sekali-kali memencet jerawat batu, apalagi jerawat batu yang sedang meradang (bengkak, merah, nyeri). Sekilas, memang jerawat batu akan menghilang, tetapi hal tersebut akan mengakibatkan kuman menyebar ke dalam dan merusak jaringan ikat kolagen. Jika ini terjadi, jerawat batu akan menghasilkan bekas cekung atau lubang yang permanen. Berikut ini akan kami jelaskan cara menghilangkan jerawat batu yang benar.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Kita memang sering dipusingkan dengan cara menghilangkan jerawat batu. Namun, berkat kehebatan teknologi saat ini jerawat batu tersebut dapat dihilangkan. Caranya yaitu dengan metode mekanik atau mengonsumsi obat tertentu yang mampu membantu sumbatan-sumbatan di kulit wajah. Dianjurkan juga pergi ke dokter kulit dan kelamin untuk dilakukan penyuntikan obat kortikosteroid pada jerawat batu, Insya Allah akan mengempis dalam 2-3 hari. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan memanfaatkan tumbuhan lidah buaya. Ambil daun lidah buaya secukupnya. Buang kulit luar dan durinya, kemudian bagian dalamnya dibuat jus, lalu tambahkan tepung bedak beras dingin dan bubuk sambiloto secukupnya. Aduk dan oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 30 menit sampai kering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Mencegah Timbulnya Jerawat Batu

Terlepas dari semua yang kami paparkan di atas, langkah pencegahan terhadap timbulnya jerawat batu juga harus dilakukan. Untuk mencegah timbulnya jerawat batu, maka cara terbaik adalah menjaga kebersihan wajah. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sumbatan pada kelenjar minyak yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati, debu, ataupun bedak yang melekat pada wajah. Membersihkan kulit wajah terutama sebelum tidur, dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai sangat dianjurkan untuk mencegah timbulnya jerawat batu. Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan menghindari alkohol adalah langkah bijak untuk mencegah jerawat batu.

Sekian uraian tentang Cara Untuk Menghilangkan Jerawat Batu, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment