Learn Science With Ilmusiana

Pengertian Gaya: Apa itu Gaya?

loading...
Advertisement

loading...


Gaya adalah fenomena yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah Anda apa pengertiannya? Pertanyaan inilah yang akan kita jawab melalui pembahasan gaya pada kesempatan ini. Materi gaya yang kami uraikan disini sering dipelajari dalam ilmu fisika. Dalam uraian ini, tidak hanya pengertian gaya yang akan kami urai, tetapi kami juga akan informasikan tentang siapa orang yang menjadi penemu gaya. Selain itu, tidak lengkap rasanya jika pembahasan ini tidak menyertakan informasi tentang alat ukur gaya. Alat inilah yang dipakai untuk mengukur gaya. Serta, yang terpenting adalah infomasi tentang lambang dan satuan dari gaya. Tentunya, lambang dan satuan gaya ini mengacu pada Sistem Internasional (SI), selamat membaca.

Pengertian Gaya: Apa itu Gaya?

Pengertian Gaya

Pengertian gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi keadaan suatu benda. Besar kecilnya suatu gaya ditentukan oleh kuat-lemahnya tarikan atau dorongan. Untuk melakukan gaya, diperlukan tenaga. Semakin besar gaya, semakin besar pula tenaga yang diperlukan. Jadi, gaya ada yang kuat ada juga yang lemah. Gaya dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kita melihat seekor kuda yang sedang menarik delman, atau adik kecil yang sedang mendorong mobil mainannya. Menarik dan mendorong itulah yang disebut sebagai gaya. Pengertian lain dari gaya adalah penyebab timbulnya percepatan atau perlambatan. Orang yang pertamakali menemukan gaya adalah Sir Isaac Newton. Beliau adalah ilmuwan Fisika Inggris yang sangat berjasa dalam merumuskan pengetahuan tentang gaya yang terus dipakai hingga kini.
penemu gaya
Sir Isaac Newton
Alat pengukur gaya disebut neraca pegas atau dinamometer. Bentuk dan kegunaan dinamometer berbeda-beda. Ada dinamometer yang digunakan untuk mengukur kekuatan genggaman, ada juga dinamometer yang digunakan untuk mengukur kekuatan tarikan. Gaya merupakan besaran vektor karena gaya mempunyai besar dan arah. Lambang gaya adalah F (Force). F adalah lambang umum gaya. Terdapat beberapa jenis gaya dan tidak semua jenis gaya mempunyai lambang F. Satuan internasional gaya adalah kg.m/s2 atau Newton (N).
alat pengukur gaya
Neraca Pegas atau Dinamometer
Sekian uraian tentang Pengertian Gaya: Apa itu Gaya?, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment