Learn Science With Ilmusiana

5 Contoh Teks Anekdot

loading...
Advertisement

loading...


Teks anekdot dalam banyak contoh terdiri dari kisah atau cerita tertentu. Isinya singkat, pendek, lucu tentang berbagai topik, seperti pendidikan, politik, sosial, hukum, atau sindiran terhadap sesuatu. Mengapa? Yah, karena memang seperti itulah adanya sebuah teks anekdot. Jika dilihat dari pengertiannya, teks anekdot adalah teks yang berisi kisah singkat tentang sesuatu, seseorang, kejadian, atau hal-hal yang berkenan dengan gagasan tertentu. Dengan format yang singkat dan pendek, sebuah teks anekdot memiliki sifat yang sangat lentur dan liat, yang membuatnya memiliki banyak kemungkinan pembacaan. Sehingga, selain kelucuan, dalam sebuah anekdot kita sekaligus dapat menemukan kegetiran, keanehan, dan terutama kearifan hidup. Jadi, teks anekdot tidak boleh dipahami sebagai hanya berisi kisah lucu saja, tetapi dalam teks tersebut ajaran atau pesan hidup dapat juga kita temukan.

5 Contoh Teks Anekdot

contoh contoh teks anekdot
Contoh-contoh teks anekdot yang Anda baca saat ini sengaja kami hadirkan untuk Anda yang kebetulan sedang mencarinya. Sejauh yang kami amati, contoh teks ini dicari oleh hampir semua kalangan. Ada yang menggunakannya untuk menyelesaikan tugas sekolah, bahan pidato, atau sekedar dijadikan bahan lelucon dengan teman-teman. Untuk dapat beranekdot tentunya diperlukan cerita-cerita anekdot yang menghibur sehingga disukai oleh pendengar. Maka dari itu, rasanya tepat sekali ilmusiana.com menghadirkan juga dalam postingan ini beberapa contoh tentang teks anekdot. Contoh ini bebas Anda gunakan kapan pun Anda mau. Tentunya kami pun merasa senang dapat memberikan sedikit kontribusi bagi Anda yang sedang ingin beranekdot ria.

Artikel Terkait: 4 Contoh Karangan Teks Eksposisi

Contoh Teks Anekdot

Contoh teks anekdot yang kami sajikan melalui uraian dibawah ini terdiri dari 5 contoh. Cukup banyak bukan? Agar bervariasi, kami akan membaginya ke dalam beberapa topik. Seperti yang kami sebutkan di awal, topiknya tentang pendidikan, politik, sosial, hukum, dan sindiran. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa contoh teks anekdot:

Contoh Teks Anekdot tentang Pendidikan

SBI: Sekolah Bertarif Internasional

Suatu ketika di sebuah sekolah negeri "Entah Dimana", seorang ibu guru memberi tahu kepada anak didiknya bahwa sekolah mereka akan berubah status menjadi sekolah SBI. "Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Tidak lama lagi Sekolah kita akan menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang akan kalian siapkan? Tanya sang guru. "Joni, apa yang akan kamu lakukan untuk menyambut ini?" Tanya guru tersebut lebih lanjut. Dengan sigap si Joni pun menjawab pertanyaan guru “Belajar bahasa Inggris agar mampu berbicara bahasa Inggris bu" jawab joni.
"Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?" tanya guru kepada Jono
"Harus siapkan uang, Pak” Jawab Jono
"Lho kok uang?" Tanya guru lebih lanjut
"Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih  bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu" Jelas Jono lebih lanjut.
"Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian seperti sekolah di luar negeri" Sang guru melanjutkan penjelasannya.
"Tapi Pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional." Jono juga melanjutkan pejelasannya.
Akhirnya ibu guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran. Sebagai informasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang ini sudah dibubarkan oleh MK.

Contoh Teks Anekdot tentang Politik

Anggota DPR dan Burung Beo

Dalam sebuah sesi istrahat, seorang anggota DPR terlihat sedang duduk bersantai dengan temannya sesama anggota DPR. Untuk mengisi waktu, seorang anggota DPR pun membuka memulai percakapan.
Anggota DPR 1: "Saya punya burung beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung beo tadi bisa menirukannya dengan sangat baik,  satu bahasa Inggris dan lainnya bahasa Belanda. Jadi kalau kaki kanannya ditarik, burung beo  akan bicara bahasa Inggris dan kalau kaki kirinya yang ditarik burung beo akan bicara bahasa Belanda, hebatkan!"
Anggota DPR 2: "Wah, hebat banget!"
"Bagaimana jika kedua kakinya ditarik?" Tanya anggota DPR 1
"Wah pasti burung beo tadi bisa dua bahasa sekaligus!" Jawab anggota DPR 2
"Salah"
"Oh mungkin dua bahasa tadi saling bercampur aduk!"
"Salah"
"Atau mungkin salah satu katanya akan ketukar, satu bahasa Inggris dan kata kedua bahasa Belanda"
"Salah"
"Loh, jadi gimana dong?"
"Yang jelas kalau dua kakinya ditarik burung beonya pasti jatuh dari sarangnya, dasar bego!"
"Eh jangan ngeledek yah, gini gini gua juga anggota DPR sama seperti kamu, masa lu bilang bego!"
"DPR bego, DPR bego, DPR bego!" Suara burung beo terdengar berulang-ulang.

Contoh Teks Anekdot Tema Sosial

Bebas dari Kemiskinan

Barack Obama: Ya Tuhan, kapan rakyatku akan bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 25 Tahun lagi
Obama: *menangis tersedu-sedu
Tony Abbott: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 20 tahun lagi
Abbott: *menangis tersedu-sedu
Jokowi: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: *menangis tersedu-sedu

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

Pencuri Ikan di Hukum Seumur Hidup

Setelah melewati proses peradilan, seorang narapidana muda akhirnya dijebloskan ke dalam sel penjara. Hari pertama, seorang napi tua bertanya padanya: "Usiamu masih sangat muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yang telah kamu perbuat?"
"Saya mencuri ikan pak", jawab narapidana muda itu dengan singkat.
Narapidana tua: "Kamu dapat vonis berapa tahun?"
"Saya dihukum seumur hidup pak dengan masa percobaan 2 tahun"
Dengan rasa heran napi tua itu bertanya lebih jauh : "Pencurian ikan kok sampai dihukum seberat ini, apa ikan yang kamu curi itu ikan paus?"
Narapidana muda: "Saya hanya membom ikan di dalam sebuah waduk pak, dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air"
Narapidana tua: "Kasus ini kan hanya kasus biasa, paling-paling kamu ditahan 2 hari saja"
Narapidana muda: "Pokok masalahnya adalah, tidak lama kemudian mengapung pula mayat beberapa orang penyelam"
Narapidana tua: "Hahaha, pantas saja kamu masuk penjara, ternyata yang kamu bom tidak cuma ikan saja, melainkan manusia juga ikut terkena bom tersebut".
Dan akhirnya narapidana tua tercengang dan tertawa akan penjelasan narapidana muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bersama-sama berbincang-bincang dalam penjara.

Contoh Teks Anekdot Sindiran

TRANSTV milik Raffi Ahmad

TRANSTV, salah satu stasiun TV swasta terkenal akhirnya mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia. Bagaimana tidak, stasiun TV tersebut dianggap menyiarkan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan cara berlebihan. Hal itu dirasa tidak bermanfaat untuk publik luas. Ternyata, belakangan terungkap bahwa TRANSTV adalah singkatan dari Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina, hehehe.
Sekian uraian tentang 5 Contoh Teks Anekdot, semoga bermanfaat. 

4 komentar: