Learn Science With Ilmusiana

6 Golongan Wanita Dipastikan Menghuni Neraka

Advertisement


loading...

Neraka disiapkan Allah SWT bagi hamba-hambaNya yang kufur dan Ingkar, khusus mereka dari golongan wanita sesuai topik yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Berdasarkan keterangan dari beberapa hadist, Rasulullah Saw pernah memperingatkan bahwa sebagian besar penghuni neraka nantinya adalah wanita. Mengapa seperti itu? Salah satu hadis dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Wahai Kaum wanita, bersedekahlah kalian, banyak-banyaklah memohon ampunan, sesungguhnya aku melihat sebagian besar dari kalian penghuni neraka."

Seorang wanita bertanya kepada Rasulullah Saw: "Wahai Rasul Allah, mengapa sebagian besar dari kami menghuni neraka?" Beliau menjawab: "Sebab, kalian banyak melaknat dan kufur terhadap suami. Aku tidak melihat orang yang lemah akal dan agamanya di antara kalin lebih banyak daripada yang memiliki hati nurani." Wanita tersebut bertanya lagi: "Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan lemah akal dan agamanya itu?" Rasulullah menjawab: "Yang dimaksud dengan lemah akal adalah kesaksian dua orang wanita sama dengan kesaksian seorang laki-laki. Dan tidur pada malam hari tanpa melakukan sholat, tidak berpuasa pada bulan Ramadhan, inilah yang dimaksud dengan lemah agamanya." (HR Muslim)

Imam Al Qurthubi pernah berpendapat tentang hal ini, bahwa penyebab sedikitnya perempuan yang menjadi penghuni surga adalah:
  • Mereka lemah akal sehingga suka lalai dan sulit tersentuh dengan akhirat
  • Gampang terperdaya dengan hawa nafsu dan sangat mencintai perhiasan dunia
  • Perempuan adalah faktor pertama dan utama yang menyebabkan banyak laki-laki berpaling dari urusan akhirat, karena daya tarik dan pesonanya wanita mampu membangkitkan nafsu laki-laki
  • Banyak dari mereka yang berpaling dari akhirat, gampang terperdaya dan tidak mendengarkan orang yang menyeru kepada akhirat.
Senada dengan hal di atas, Ibnu Arabi Al Maliki juga pernah berpendapat mengenai penyebab golongan wanita menjadi penghuni neraka yang paling besar, antara lain:
  • Wanita memiliki hawa nafsu yang besar
  • Mereka lemah akalnya
  • Gemar menggunjing dan mengumpat
  • Tidak menjaga batasan-batasan syariat 
Berikut ini adalalah 6 penyebab yang membuat banyak wanita menjadi penghuni neraka:

1. Wanita yang Tidak Menutup Auratnya

Golongan pertama wanita calon penghuni neraka adalah mereka yang tidak menutup auratnya. Padahal larangan Allah SWT telah sangat jelas bagi wanita untuk tidak memperlihatkan auratnya. Larangan ini termuat dalam firmannya Al Qur'am surah Annur ayat 31 yang berbunyi:
"Katakanlah kepada wanita yang beriman; "Hendaklah mereka menahan pandangannya dan menjaga kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya." (QS Annur:31)

2. Wanita yang mentato atau minta ditato

Golongan kedua dari wanita yang kelak akan menghuni neraka adalah mereka yang sengaja mentato dirinya, baik itu dilakukannya sendiri maupun dengan bantuan orang lain. Sedikitnya, ada 2 hadist Rasulullah SAW yang menguatkan ancaman ini.
Hadis Sahih dari Ibnu Umar RA, bahwa Rasulullah SAW melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, serta wanita yang mentato dan minta ditatokan (HR Muslim)
Hadis Sahih dari Abdullah bin Mas'ud, beliau berkata, Allah SWT melaknat wanita yang mentato dan meminta ditatokan, yang menghilangkan bulu di wajahnya dan yang meminta dihilangkan bulu diwajahnya, yang merenggangkan giginya supaya terlihat cantik, juga wanita yang mengubah ciptaan Allah SWT. 

3. Wanita yang menyambung Rambutnya

Golongan ketiga yang diancam neraka adalah wanita yang dengan sengaja menyambung rambutnya atau minta disambungkan rambutnya. Untuk masalah ini, sebuah dalil hadist sahih dari Aisyah RA dengan terang menjelaskan, bahwa:
seorang hamba sahaya dari kaum Anshar menikah dalam keadaan sakit sehingga rambutnya menjadi rontok, maka orang-orang ingin menyambung rambutnya yang menjadi rontok itu, lalu mereka menanyakannya kepada Rasulullah SAW. Maka Rasulullah melaknat wanita yang menyambung rambutnya atau meminta disambungkan (HR Muslim)

4. Wanita yang memamerkan diri

Golongan keempat yang diancam masuk neraka adalah wanita-wanita yang memamerkan dirinya kepada orang-orang yang bukan mahramnya. Penjelasannya tentang ini dapat ditemukan dalam hadist dari Fudhalah bin Ubaid RA:
Tiga golongan tidak akan diminta pertanggungjawaban. Seorang laki-laki memisahkan diri dari kelompoknya dan menghianati pemimpinnya lalu meninggal dalam keadaan berkhianat, hamba sahaya yang melarikan diri dari tuannya lalu meninggal, dan wanita yang ditinggalkan oleh suaminya dengan dibekali harta, kemudian ia pergunakan untuk merias diri dan memamerkan diri. Mereka tidak akan dimintai pertanggungjawaban.

5. Wanita yang Berpakaian tapi Telanjang

Golongan kelima yang mendapat ancaman neraka adalah wanita yang berpakaian tetapi sesungguhnya telanjang. Kok bisa? Yah, hal ini merupakan sindiran bagi wanita-wanita yang suka berpakaian ketat hingga lekuk tubuhnya sangat terlihat jelas. Hal ini sesuai dengan keterangan hadist Rasulullah SAW dari Abu Hurairah RA, berkata Rasulullah SAW bahwa:
Dua jenis penghuni neraka yang belum pernah aku lihat sebelumnya, yaitu: sebuah kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi, mereka memukuli manusia dengan cambuk tersebut, dan wanita yang memakai pakaian tetapi seperti telanjang, merias diri untuk memperdaya laki-laki, kepala mereka seperti punuk unta yang sudah miring. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak mencium baunya, sebab sesungguhnya bau surga itu akan tercium dari jarak perjalanan ini dan itu.

6. Wanita yang Kufur terhadap Kebaikan Suaminya

Golongan terakhir wanita yang dipastikan akan menjadi penghuni neraka adalah istri-istri yang kufur terhadap segala kebaikan suaminya. Hal ini berdasarkan keteranga hadist Rasulullah SAW:
dan aku melihat neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum perempuan. Para sahabat pun bertanya: "Mengapa (demikian) Ya Rasulullah?" Baginda Rasulullah SAW menjawab: "karena kekufuran mereka." Kemudian ditanya lagi: "Apakah mereka kufur terhadap Allah SWT?" Rasulullah menjawab: "Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap segala kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) niscaya dia akan berkata: "aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu." (HR Bukhari)
6 Golongan Wanita Dipastikan Menghuni Neraka

Demikianlah 6 golongan wanita yang diancam akan menjadi penghuni neraka di akhirat kelak. Mereka akan kekal di dalamnya, sungguh sebuah tempat kembali yang buruk. Marilah kita senantiasa berdoa agar dijauhkan dari segala sifat buruk tersebut.

0 komentar:

Post a Comment