Learn Science With Ilmusiana

Norma Agama: Pengertian dan Contoh

Norma Agama: Pengertian dan Contoh - Apa yang dimaksud dengan norma agama? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kiranya kita semua sepakat bahwa setiap manusia mendambakan kehidupan harmonis, tentram, dan damai dalam hidupnya. Tidak ada manusia yang menginginkan hal sebaliknya. Disinilah norma-norma memegang peranan penting untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah norma agama. Norma agama merupakan aturan atau kaidah yang berfungsi sebagai petunjuk, pedoman dan lampu penerang manusia dalam menjalani kehidupannya. Aturan atau petunjuk hidup ini sifatnya pasti dan tak ada keraguan karena merupakan "hadiah" langsung dari Tuhan YME. Norma agama dapat kita katakan sebagai bentuk kasih sayang Tuhan terhadap manusia, agar manusia dapat selamat dalam menjalani kehidupannya di dunia hingga menuju akhirat nanti. Dibawah ini uraian lebih jauh tentang norma agama.

Norma Agama: Pengertian dan Contoh
Norma Agama
Artikel Terkait: Pengertian Norma: Apa itu Norma?

Pengertian Norma Agama

Pengertian norma agama adalah sekumpulan kaidah dan petunjuk hidup yang berasal langsung dari Tuhan melalui ajaran suatu agama. Norma agama menuntut ketaatan mutlak penganut suatu agama. Norma ini mengharuskan penganut suatu agama untuk menaati semua yang diperintahkan dan dilarang agama, sifatnya mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar atau diubah. Norma agama bagi sebagian manusia yang menyakininya dianggap sebagai norma yang paling tinggi nilainya. Selain mengatur hubungan antara manusia, norma agama juga mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan Yang Maha Esa serta hubungan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Oleh sebab itu, norma ini dapat dijadikan sebagai dasar berpikir, berbuat, dan berprilaku untuk menciptakan kehidupan yang selaras dan serasi.

Artikel Terkait: Norma Kesusilaan: Pengertian dan Contoh

Pelanggaran terhadap norma agama akan mendapatkan sanksi berupa dosa. Pelanggaran terhadap norma agama berarti menentang perintah dan larangan Tuhan. Akibatnya, si pelanggar akan mendapat hukuman dari Tuhan di akhiran nanti.

Contoh Norma Agama

Contoh norma agama dalam kehidupan sehari-hari dapat berwujud dalam bentuk sebagai berikut:

Beribadah dengan Sebaik-baiknya

Setiap penganut agama wajib untuk beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Misalnya, umat Muslim di masjid, Nasrani di gereja, Hindu beribadah di Pura, dan Buddha di Wihara.

Rajin memberikan bantuan kepada orang yang tidak mampu

Saling membantu merupakan salah satu contoh norma agama. Semua agama mengajarkan bahwa tolong-tolong menolong sesama manusia itu wajib hukumnya. Orang yang rajin memberikan bantuan akan diganjar pahala yang sangat besar disisi Tuhan YME.

Tidak boleh mencuri, merampok, membunuh sesama manusia

Semua agama mengajarkan larangan mencuri, merampok, dan membunuh sesama manusia. Perbuatan-perbuatan ini dapat berbuah dosa dan mendatangkan siksa diakhirat nanti bagi pelakunya.

Menjauhi miras, narkoba, dan barang memabukkan lainnya.

Segala hal yang menghilangkan kesadaran dilarang dalam agama. Miras dan narkoba adalah barang yang dapat menghilangkan kesadaran manusia. Jika kesadaran hilang, maka dengan mudah dapat tercipta kekacauan. Tentunya, ini bertentangan dengan cita-cita tentram dan damai yang selalu didambakan manusia. Karena itulah, agama sangat keras melarangnya.

Sekian uraian tentang Norma Agama: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat.
Norma Agama: Pengertian dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment