Loading...

Learn Science With Ilmusiana

3+ (Tiga) Pokok Kegiatan Ekonomi

Loading...
Bisakah kamu uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi? Pada kesempatan ini, kami akan menguraikan tiga hal pokok yang menjadi kegiatan ekonomi manusia. Pertanyaan ini sering didapatkan oleh siswa dari guru ekonominya di sekolah. Apa itu kegiatan ekonomi? Secara sederhana, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai cara manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi, dalam pengertian yang lain, kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia sebagai bentuk upaya untuk memenuhi segala kebutuhannya.

3+ (Tiga) Pokok Kegiatan Ekonomi
Tiga Pokok Kegiatan Ekonomi

Tiga Pokok Kegiatan Ekonomi

Tiga pokok kegiatan ekonomi manusia adalah:
  1. Kegiatan produksi
  2. Kegiatan konsumsi, dan 
  3. Kegiatan distribusi. 
Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu:

1. Kegiatan Produksi

Produksi adalah kegiatan manusia untuk menghasilkan dan menambah nilai guna suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Dari pengertian ini, maka kegiatan produksi pada dasarnya mengacu pada dua konsep dasar, yaitu kegiatan menghasikan barang / jasa dan kegiatan menambah nilai guna barang dan jasa tersebut. Contoh kegiatan menghasilkan barang dan jasa, misalnya usaha peternakan, pertanian, dan perikanan. Sedangkan, contoh kegiatan untuk menambah nilai guna barang dan jasa, misalnya membuat ceriping dari singkong, membuat tempe dari kedelai, atau membuat pakaian dari kain. 

2. Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna dari barang dan jasa. Manusia yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Barang dan jasa yang dikonsumsi dibedakan menjadi barang yang langsung habis dalam satu kali pakai dan barang yang bisa digunakan berkali-kali. Contoh kegiatan yang mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa, misalnya memakai sepatu, bermain sepeda, dan berobat ke dokter. Contoh kegiatan yang menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa, misalnya minum susu, makan nasi, dan mencuci baju dengan detergen.

3. Kegiatan Distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan yang menyalurkan barang-barang hasil produksi (produsen) kepada penggunanya (konsumen). Kegiatan ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Pada distribusi langsung, konsumen mendapatkan barang langsung dari produsen. Contohnya, peternak ayam yang menjual langsung telur ayam ke konsumen. Pada distribusi tidak langsung, konsumen mendapatkan barang melalui perantara (pedagang).

Materi Terkait:

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi, kau sudah tahu kan harus menjawab apa? Yah benar, jawabannya adalah ketiga hal di atas. Bagikan jawaban ini kepada temanmu yang membutukan. Terima kasih, semoga bermanfat.

0 komentar:

Post a Comment