Loading...

Learn Science With Ilmusiana

Logam Campuran Tembaga dan Timah Putih

Loading...
Logam apakah yang berasal dari campuran tembaga dan timah putih? Jawabannya adalah perunggu. Perunggu merupakan campuran antara tembaga dengan unsur kimia lainnya, biasanya dengan timah. Selain timah, perunggu dapat berasal juga dari campuran mangan, fosfor, silikon, dan aluminium. Logam perunggu memiliki sifat keras dan umum digunakan dalam dunia industri. Keberadaan perunggu sangat penting di masa lampau, bahkan pernah ada suatu zaman yang disebut dengan zaman perunggu.

Logam Campuran Tembaga dan Timah Putih
Perunggu

Logam Campuran Tembaga dan Timah Putih

Sejak ditemukannya perunggu, manusia zaman dahulu bisa membuat benda-benda perunggu yang lebih baik daripada semua benda yang berhasil dibuat pada zaman sebelumnya. Senjata, alat-alat, dan bahan bangunan lainnya yang terbuat dari perunggu bisa lebih tahan dan lebih keras daripada peralatan sebelumnya yang terbuat dari batu dan tembaga.

Di awal penemuannya, perunggu sering dicampur dengan arsenik agar terbentuk perunggu arsenik. Namun disadari, bahwa timah bisa juga digunakan dan menggantikan arsenik pada akhir abad ke-3 sebelum masehi. Campuran perunggu dengan timah lebih unggul dibandingkan dengan perunggu arsenik karena proses pembuatan dan pembentukannya lebih mudah. Disamping itu, timah juga tidak beracun, jika dibandingkan dengan arsenik yang beracun. 

Perunggu dari timah yang paling tua diperkirakan berasal dari masa milenium ke-4 sebelum masehi di Iran dan beberapa peninggalan kuno lainnya di China dan Mesopotamia (Iraq).

Demikianlah penjelasan tentang Logam Campuran Tembaga dan Timah Putih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment