Learn Science With Ilmusiana

3+ Fungsi Sirip Ekor pada Ikan

Tahukah kamu apa fungsi sirip ekor pada ikan? Untuk diketahui, sirip ekor adalah bagian dari sistem rangka pada ikan, yaitu rangka appendicular. Dalam proses identifikasi, sirip ikan menjadi salah satu penciri. Selain sirip ekor, terdapat pula jenis sirip yang lainnya, yaitu sirip dada, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip perut. Sirip ekor memiliki ciri dan bentuk yang khas sehingga sering digunakan dalam proses identifikasi. Cara ikan bergerak dan hidup ditentukan oleh bentuk sirip ekor ini.

Jenis-jenis Sirip Ekor

Berdasarkan bentuknya, sirip ekor pada ikan terdiri dari bermacam-macam jenis, ada yang bentuknya simetris dan tidak simetris. Bentuk simetris terdiri dari:
  • Bentuk membulat: bagian pinggir sirip ekor membentuk garis melengkung, mulai dari bagian dorsal sampai ventral. Misalnya, sirip ekor pada ikan gurame.
  • Bentuk persegi atau tegak: bagian pinggir sirip ekor membentuk garis tegak, mulai dari bagian dorsal hingga ventral. Misalnya, sirip ekor pada ikan nila.
  • Bentuk cekung atau berlekuk tunggal: terdapat lekukan dangkal sirip ekor antara lembar dorsal dengan lembar ventral. Misalnya, sirip ekor pada ikan tambakan.
  • Bentuk bulan sabit: bentuk ini terjadi apabila sirip ekor melengkung keluar, runcing pada ujung dorsal dan ujung ventral.

Fungsi Sirip Ekor pada Ikan 

Fungsi Sirip Ekor pada Ikan

Ada beberapa fungsi sirip ekor pada ikan, antara lain sebagai berikut:
  • Untuk mendorong gerakan maju ikan di dalam air
  • Sebagai pengontrol arah gerakan ikan
  • Ciri khas pada ikan dalam proses identifikasi
Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Sirip Ekor pada Ikan. Bagikan materi ini kepada teman yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Fungsi Sirip Ekor pada Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment