Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan?

Tahukah kamu kapan kongres pemuda dilaksanakan? Untuk diketahui, kongres pemuda tercatat dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu Kongres Pemuda I dan II. Sehingga waktu pelaksanaannya pun ada dua. Kongres ini merupakan pertemuan antar pemuda-pemudi nasional dari beberapa daerah hindia Belanda yang melahirkan beberapa kesepakatan penting di antara para pemuda. Peristiwa ini merupakan bagian dari sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. 

Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan?

Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai waktu pelaksanaan kedua kongres tersebut, lengkap dengan kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan masing-masing kongres. Berikut ini uraiannya:

Waktu Pelaksanaan Kongres Pemuda I

Kongres Pemuda I dilaksanakan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei tahun 1926. Kongres pemuda pertama ini dihadiri oleh beberapa organisasi kepemudaan, seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, Sekar Rukun, Jong Celebes, dan organisasi pemuda lainnya. Kongresi ini diketuai oleh Muhammad Tabrani. dan Sumarto sebagai wakil ketua, sedangkan sekretarisnya adalah Jamaludin Adinegoro. Kongres Pemuda I dilaksanakan dengan tujuan:
  • Mempererat hubungan antar organisasi pemuda
  • Memajukan paham persatuan Indonesia
  • Menyatukan berbagai organisasi pemuda yang ada
Dalam kongres inilah pertamakali digaungkan dan diterima cita-cita persatuan Indonesia. Dari kongres ini pula, lahirlah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) pada bulan September 1926.

Waktu Pelaksanaan Kongres Pemuda II

Kongres Pemuda II dilaksanakan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober tahun 1928. Gagasan pelaksanaan Kongres ini berasal dari PPPI. Para peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari wakil-wakil organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, Jong Batak, dan Jong Islamieten Bond. Kongres Pemuda II diketuai oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI), wakilnya Joko Marsaid (Jong Java), dan sekretarisnya Muhammad Yamin.

Kongres ini dilaksanakan di tiga gedung atas inisiatif PPPI, dan dibagi dalam tiga kali rapat. Hari pertama sekaligus rapat pertama Kongres Pemuda II dilaksanakan di Gedung Pemuda Katolik (Katholikee Jongelingen Bond). Rapat kedua dilaksanakan di gedung Oost Java Bioscoop Koningsplein atau sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14. Sedangkan, rapat ketiga dilaksanakan di gedung Indonesisch Club Huis, Kramat Raya 106.

Keputusan yang berhasil diambil dalam Kongres Pemuda II, yaitu:
  1. Ikrar sumpah pemuda
  2. Lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan Bangsa Indonesia
  3. Sang Merah Putih sebagai bendera Indonesia, dan
  4. Peleburan organisasi pemuda menjadi Indonesia Muda.
Demikianlah penjelasan tentang Waktu Pelaksanaan Kongres Pemuda. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment