Learn Science With Ilmusiana

Dua Cara Untuk Mengetahui Kehidupan Manusia Purba di Indonesia

Bisakah kamu jelaskan dua cara untuk mengetahui kehidupan manusia purba di indonesia? Manusia purba adalah manusia prasejarah yang mendiami bumi sebelum peradaban dan kebudayaan berkembang. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis manusia purba yang pernah ditemukan dalam bentuk fosil. Para ahli sepakat, manusia purba itulah yang menjadi nenek moyang masyarakat Indonesia modern.

Kehidupan Manusia Purba di Indonesia

Kehidupan Manusia Purba di Indonesia

Manusia purba pernah tinggal dan membangun kehidupan di Indonesia. Jejak peninggalan kehidupan mereka telah banyak ditemukan oleh para ahli. Alat-alat atau perkakas yang mereka gunakan masih bisa kita saksikan saat ini dibeberapa museum manusia purba Indonesia. Para ahli terus melakukan penelitian mengungkap cara kehidupan manusia purba yang hidup di masa lampau.

Baca Juga:
Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui kehidupan manusia purba di Indonesia? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan tentang dua cara untuk mengetahui kehidupan manusia purba di Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang manusia purba semakin bertambah. 

Yuk, berikut ini ulasannya...

Dua Cara Untuk Mengetahui Kehidupan Manusia Purba di Indonesia

Terdapat dua cara yang sering digunakan oleh para ahli untuk mengetahui kehidupan manusia purba di Indonesia. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Melakukan Penelitian Fosil

Cara pertama yang sering dilakukan oleh para ahli untuk mengungkap kehidupan manusia purba di Indonesia adalah dengan melakukan penelitian terhadap fosil-fosil manusia purba. Fosil tersebut berasal dari sisa tulang manusia purba, hewan, dan tumbuhan yang telah mengeras atau membatu. Selanjutnya, hasil penelitian tersebut dikaji secara mendalam untuk mengungkan bagaimana kehidupan manusia purba di masa lalu. Ilmu yang khusus mempelajari tentang fosil disebut Paleontologi.

2. Mengamati Peninggalan Manusia Purba

Cara kedua untuk mengetahui kehidupan manusia purba di Indonesia adalah melakukan pengamatan terhadap sisa-sisa peninggalan manusia purba yang berbentuk perkakas atau peralatan, perhiasan, dan perlengkapan lainnya. Dari sini para ahli bisa mengetahui bagaimana pola kehidupan manusia purba di masa lalu, termasuk aktivitas yang mereka lakukan, misalnya berburu atau bertani. Ilmu yang mempelajari tentang peninggalan-peninggalan masa lalu disebut arkeologi.

Demikianlah penjelasan tentang Dua Cara Untuk Mengetahui Kehidupan Manusia Purba di Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Dua Cara Untuk Mengetahui Kehidupan Manusia Purba di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment