Learn Science With Ilmusiana

4+ Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs dalam Kehidupan Sehari hari

Tahukah kamu bagaimana cara menerapkan mujahadah an nafs dalam kehidupan sehari-hari? Dalam Islam, terdapat ajaran atau sikap yang dinamakan Mujahadah An-Nafs. Dibentuk dari dua kata, yang terdiri dari mujahadah dan an-nafs. Menurut bahasa, Mujahadah berarti bersungguh-sungguh, sementara an-nafs berarti nafsu, jiwa, atau diri.

Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs

Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs dalam Kehidupan Sehari hari

Oleh karena itu, mujahadah an nafs adalah sikap bersungguh-sungguh untuk melawan hawa nafsu yang timbul dari dalam diri. Dengan kata lain, mujahadah an nafs adalah bentuk kontrol diri untuk menghindari segala perbuatan yang melanggar hukum-hukum Allah SWT. Setiap insan muslim wajib menerapkan ajaran ini dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara menerapkan mujahadah an nafs dalam kehidupan sehari-hari? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan materi tentang cara menerapkan mujahadah an nafs dalam keseharian kita. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang mujahadah an nafs semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs dalam Kehidupan Sehari hari 

Terdapat empat cara untuk menerapkan sikap mujahadah an nafs dalam kehidupan sehari-hari. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Bersabar Mengambil Keputusan

Sikap mujahadah an nafs bisa diterapkan dengan cara bersabar saat akan mengambil sebuah keputusan. Ketika akan memutuskan sesuatu, godaan hawa nafsu sangatlah besar. Hal ini akan membuat kita jatuh ke dalam sifat ketergesa-gesaan. Padahal, sifat ini sangat dibenci oleh Allah SWT karena menjadi perwujudan dari hawa nafsu. Setiap insan muslim dianjurkan untuk menyisihkan waktu lebih lama, tidak tergesa-gesa untuk mengambil keputusan terhadap perbuatan yang akan dilakukan.

2. Memikirkan Akibat Perbuatan

Cara penerapan sikap mujahadah an nafs selanjutnya adalah memikirkan semua akibat dari perbuatan yang akan dilakukan. Jadi, insan muslim dianjurkan untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendatangkan beberapa akibat, bisa positif dan bisa negatif.

3. Memperbanyak Dzikir Kepada Allah SWT

Mujahadah an nafs juga bisa dilakukan dengan cara memperbanyak dzikir kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dzikir merupakan sarana untuk mengingat keagungan Allah SWT. Dengan cara ini, setiap muslim akan selalu merasa dekat dengan Allah dan menjauhi segala perbuatan buruk.

4. Berdoa Kepada Allah SWT

Untuk menerapkan mujahadah an nafs, muslim bisa melakukannya dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Mintalah ketabahan, kesabaran, dan kekuatan kepada Allah SWT agar dapat menjalani kehidupan sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs dalam Kehidupan Sehari hari. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
4+ Cara Menerapkan Mujahadah An Nafs dalam Kehidupan Sehari hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment