Learn Science With Ilmusiana

10+ Hakmu Sebagai Siswa di Sekolah (Lengkap)

Artikel ini akan memberikan informasi seputar hakmu sebagai siswa di sekolah. Kamu sebagai siswa memiliki beberapa hak di sekolah yang kamu tempati belajar sekarang ini. Hak itu wajib kamu dapatkan selama menjadi siswa di sekolah tersebut. Seluruh hak ini penting untuk diketahui agar kamu bisa memintanya kepada pihak sekolah.

hakmu sebagai siswa di sekolah

Setiap siswa harus mendapatkan hak yang sama dari sekolah. Pihak penyelenggara sekolah wajib memberikannya kepada seluruh siswa. Semuanya diperlakukan secara setara, tidak ada siswa yang mendapatkan lebih dari siswa lainnya. 

Olehnya itu, pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan materi seputar hakmu sebagai siswa di sekolah. Semoga setelah membaca materi ini, kamu bisa mengetahui apa saja hakmu sebagai siswa. Selain itu, materi ini juga bisa dicatat di buku jika ada tugas yang berkaitan dengannya.

Hakmu Sebagai Siswa Di Sekolah

Berikut ini telah kami rangkum 10 hakmu sebagai siswa di sekolah:

1. Berhak Menggunakan Fasilitas Belajar di Sekolah

Sebagai seorang siswa, kamu berhak untuk menggunakan seluruh fasilitas belajar yang ada di sekolah. Fasilitas itu terdiri dari ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut memang diperuntukkan bagi siswa. 

2. Berhak Mendapatkan Pengajaran dari Guru

Di sekolah, setiap siswa berhak mendapatkan pengajaran dari guru. Guru mempunyai kewajiban untuk memberikan materi siswa, dan seluruh siswa berhak mendapatkan materi tersebut. Di sekolah, setiap siswa mendapatkan kesempatan belajar yang sama.

3. Berhak Mendapatkan Bimbingan dan Nasihat dari Guru

Seluruh siswa di sekolah berhak mendapatkan bimbingan dan nasihat dari para guru. Bimbingan dan nasihat yang bisa membuat siswa menjadi lebih baik lagi. Guru harus memberikan ini kepada seluruh siswa, tanpa terkecuali.

4. Berhak Membaca Buku di Perpustakaan

Siswa memiliki hak untuk masuk ke perpustakaan dan membaca buku di sana. Petugas perpustakaan harus melayani siswa yang ingin membaca buku, termasuk siswa yang ingin meminjam buku tersebut untuk di baca di rumah.

5. Berhak Mendapatkan Penghargaan

Siswa yang memiliki prestasi berhak mendapatkan penghargaan di sekolah. Penghargaan ini berfungsi untuk menambah semangat siswa dalam belajar. Selain itu, bisa memotivasi siswa lainnya agar bisa berprestasi juga.

6. Berhak Mendapatkan Perlindungan

Seluruh siswa di sekolah berhak mendapatkan perlindungan dari segala kemungkinan ancaman, baik dari luar maupun dari dalam sekolah. Sekarang ini marak kasus bullying di antara sesama siswa, sekolah wajib mengatasi masalah tersebut.

7. Berhak Mendapatkan Perlakuan yang Adil

Setiap siswa di sekolah berhak mendapatkan perlakuan yang adil. Tidak ada siswa yang diperlakukan lebih dari siswa lainnya. Posisi mereka semua sama, yaitu sebagai siswa di sekolah. Tidak ada siswa yang merasa di anak tirikan.

8. Berhak Mendapatkan Banyak Teman

Seluruh siswa di sekolah berhak mendapatkan banyak teman. Tidak ada larangan bagi siswa untuk berteman dengan siswa lainnya. Pertemanan berfungsi untuk melatih kemampuan sosialisasi siswa di sekolah.

9. Berhak Mengikuti Lomba

Setiap siswa memilik hak yang sama untuk mengikuti lomba, baik yang diadakan di sekolah maupun yang diselenggarakan oleh pihak luar. Lomba ini berfungsi sebagai ajang untuk menunjukkan kebolehan siswa.

10. Berhak Meminta Izin Ketika Sakit

Setiap siswa memiliki hak untuk meminta izin ketika kesehatannya terganggu atau sakit, dan pihak sekolah wajib memberikan izin tersebut. 

Demikianlah penjelasan tentang Hakmu Sebagai Siswa di Sekolah. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
10+ Hakmu Sebagai Siswa di Sekolah (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment