Learn Science With Ilmusiana

3+ Bentuk Tanggung Jawab Masyarakat Terhadap Keamanan di Lingkungan Sekitar

Artikel ini berisi penjelasan tentang bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap keamanan di lingkungan sekitar. Masyarakat merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari beberapa individu atau keluarga yang mendiami lingkungan tertentu. Mereka membangun rumah di lingkungan tersebut dan bertetangga dengan rumah-rumah lainnya.

Bentuk Tanggung Jawab Masyarakat Terhadap Keamanan di Lingkungan Sekitar

Satu hal yang sangat didambakan oleh setiap masyarakat adalah keamanan. Aktivitas menjadi lancar ketika rasa aman telah hadir di tengah-tengah masyarakat. Mereka tidak merasa was-was lagi saat berada di luar rumah. Keamanan dari segala bentuk kejahatan menjadikan kehidupan mereka nyaman dan tentram.

Untuk meraih hal itu, diperlukan usaha aktif dari para anggota masyarakat untuk menghadirkan rasa aman. Setiap individu atau keluarga yang ada di dalam masyarakat harus bekerja sama untuk menciptakan keamanan di lingkungan sekitar. Tanpa usaha dan kerja sama maka mustahil keamanan tersebut bisa diraih.

Lantas, bagaimana bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap keamanan di lingkungan sekitar? Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa bentuk tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh masyarakat agar keamanan bisa tercipta di lingkungan mereka.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Bentuk Tanggung Jawab Masyarakat Terhadap Keamanan di Lingkungan Sekitar

Berikut ini kami tuliskan beberapa bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap keamanan di lingkungan sekitar beserta penjelasannya:

1. Aktif Mengikuti Siskamling

Siskamling adalah singkatan dari Sistem Keamanan Lingkungan. Biasanya Siskamling terdapat di setiap RT yang digunakan untuk menjaga keamanan lingkungan. Dalam kegiatannya, Siskamling dilengkapi dengan Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan), rumah jaga yang menjadi tempat berkumpulnya warga yang sedang bertugas.

Setiap anggota masyarakat harus ikut aktif mengikuti kegiatan ini agar keamanan di lingkungan sekitar bisa terjaga. Ketika jadwal giliran jaga tiba, maka warga harus melaksanakan tugas tersebut dengan baik. 

2. Lapor Polisi Ketika Melihat Hal Mencurigakan

Sebaiknya, ketika melihat hal mencurigakan terjadi di sekitar lingkungan, maka masyarakat harus segera melaporkannya ke polisi. Jangan acuh atau cuek ketika melihat situasi tersebut. Hal ini mencerminkan bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap keamanan di lingkungan sekitar. 

3. Meningkatkan Kerjasama Antar Anggota Masyarakat

Jika setiap individu dapat bekerja sama dengan individu lainnya di masyarakat, maka keamanan bisa segera tercapai. Masyarakat tersebut akan menjadi komunitas yang kuat untuk menghalau segala gangguan keamanan. 

Demikianlah penjelasan tentang Bentuk Tanggung Jawab Masyarakat Terhadap Keamanan di Lingkungan Sekitar. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Bentuk Tanggung Jawab Masyarakat Terhadap Keamanan di Lingkungan Sekitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment