Learn Science With Ilmusiana

Dampak IPTEK Terhadap Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi

Artikel ini akan menjelaskan dampak IPTEK terhadap harmoni dalam keberagaman ekonomi. Kiranya, kita semua sepakat bahwa IPTEK telah memberikan dampak di setiap bidang kehidupan manusia. Khusus di bidang ekonomi, perkembangan IPTEK memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap harmoni keberagaman ekonomi. IPTEK menghadirkan banyak kesempatan-kesempatan baru di bidang ekonomi.

Dampak IPTEK Terhadap Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi

Pesatnya perkembangan IPTEK dapat dilihat dari semakin banyaknya teknologi canggih yang membantu aktivitas manusia. Kebutuhan manusia yang hanya bisa dibuat dengan teknologi canggih, akhirnya dapat terpenuhi, contohnya laptop atau komputer. Hal ini merupakan bukti bahwa IPTEK dapat mengurangi masalah ekonomi.

Dengan IPTEK, manusia dapat membuat segala sesuatu secara cepat dan mudah. Jika dulunya, butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat 1 buah mobil, maka sekarang ini manusia mampu memproduksi puluhan mobil per harinya. Coba aja tengok ke pabrik pembuatan mobil, di sana pekerjanya berkolaborasi dengan robot hasil perkembangan IPTEK.

Lantas, apa dampak IPTEK terhadap harmoni dalam keberagaman ekonomi? Nah, materi kali ini akan menguraikan dengan lengkap dampak yang dihadirkan oleh IPTEK terhadap harmoni dalam keberagaman ekonomi.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi 

Harmoni adalah keadaan atau suasana yang mencerminkan adanya keselarasan atau keteraturan. Dalam kerangka berpikir harmoni, keberagaman di atur sedemikian rupa agar berjalan dengan selaras dan saling mendukung satu sama lain, sehingga tidak terjadi pertentangan. Suasana harmoni sangat dibutuhkan dalam keberagaman yang ada di setiap bidang kehidupan manusia.

Misalnya, kita juga akan menemukan keberagaman di bidang ekonomi. Indonesia salah satu negara di dunia yang memiliki kenampakan alam yang beragam. Karena keberagaman bentuk bentang alam, maka jenis pekerjaan/profesi yang dilakukan oleh masyarakat juga beragam. Ada yang bekerja sebagai petani, nelayan, pedagang, PNS, dan lain-lain.

Harmoni yang tercipta dari semua jenis profesi tersebut adalah masing-masing saling membutuhkan. Petani menanam bahan pangan yang bisa dibeli oleh profesi lainnya. Begitupun nelayan, mencari ikan dilaut agar bisa dikonsumsi banyak orang. Semuanya berjalan selaras dan teratur.

Dampak IPTEK Terhadap Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi

Ada dua dampak IPTEK terhadap harmoni dalam keberagaman ekonomi, yaitu dampak positif dan dampak negatif:
  • Dampak Positif: dengan majunya IPTEK, setiap pekerjaan bisa berlangsung lebih cepat dan mudah. Hasil produksi meningkat sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Distribusi produk mampu menjangkau masyarakat luas, sehingga konsumsi jadi meningkat. 
  • Dampak Negatif: perkembangan IPTEK bisa menggeser peran manusia dalam berbagai bidang pekerjaan. Akibatnya, orang-orang akan kehilangan pekerjaan. Misalnya, pengantar surat sekarang ini hampir tidak dibutuhkan lagi dengan majunya teknologi layanan pesan elektronik.
Demikianlah penjelasan tentang Dampak IPTEK Terhadap Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Dampak IPTEK Terhadap Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment