Learn Science With Ilmusiana

5+ Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara-Negara Asean

Artikel ini akan mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan Indonesia dan negara-negara ASEAN. Sebagaimana yang diketahui, Indonesia adalah satu di antara 10 negara yang tergabung ke dalam ASEAN, sebuah organisasi bagi negara-negara yang mendiami kawasan Asia Tenggara. Bukan hanya sebagai anggota, Indonesia juga tercatat sebagai salah satu pendiri ASEAN.
Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara-Negara Asean
Setiap negara di ASEAN memiliki keunggulan dan keterbatasan masing-masing, termasuk di antaranya adalah Indonesia. Dalam beberapa hal, Indonesia mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN. Namun, Indonesia juga memiliki keterbatasan untuk hal-hal tertentu. 

Keunggulan dan keterbatasan tersebut sangat penting untuk diidentifikasi agar Indonesia bisa memaksimalkan setiap keunggulan yang ada. Di saat bersamaan, Indonesia juga harus mampu mengatasi setiap kelemahan atau keterbatasan agar tidak menjadi faktor penghambat bagi kemajuan Indonesia.

Lantas, apa saja keunggulan dan keterbatasan Indonesia dan negara-negara ASEAN? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan melakukan identifikasi terhadap keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki oleh Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara-Negara Asean 

Ada dua hal yang akan kita identifikasi dalam artikel ini, pertama keunggulan Indonesia dan negara-negara Asean, kedua keterbatasan Indonesia dan negara-negara Asean. Mungkin, dibenak kalian sudah ada gambaran mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia. Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia pastinya memiliki keunggulan tersebut.

Keunggulan Indonesia dan Negara-negara Asean 

Berikut ini adalah lima keunggulan Indonesia dan negara-negara Asean:
  1. Posisi Strategis sebagai jalur perdagangan
  2. Iklim yang Baik untuk Menghasilkan Berbagai Jenis Tanaman
  3. Memiliki Sumber Daya Melimpah
  4. Pasar Lokal yang Besar
  5. Wilayah Lautan yang Luas

Keterbatasan Indonesia dan Negara-negara Asean

Berikut ini adalah lima keterbatasan Indonesia dan negara-negara ASEAN:
  1. Pengembangan industri di Indonesia dan negara-negara ASEAN belum berjalan sebagaimana yang diharapkan.
  2. Indonesia dan negara-negara Asean masih bergantung kepada produk impor, khususnya produk-produk teknologi.
  3. Indonesia dan negara-negara Asean minim kemampuan terkait pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi. 
  4. Sektor ekonomi yang belum mampu tumbuh secara optimal
  5. ASEAN tidak mampu berbuat banyak ketika muncul persoalan kemanusiaan yang terjadi di dalam batas negara masing-masing
Demikianlah penjelasan tentang Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara-Negara ASEAN. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
5+ Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara-Negara Asean Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment