Learn Science With Ilmusiana

Mengenal Overload Pompa Submersible

Salah satu komponen penting yang terdapat pada pompa submersible (sibel) adalah Overload. Nah, di artikel kali ini, mimin akan membahas fungsi dan cara kerja dari komponen ini.

Seperti yang kita tahu, pompa submersible adalah tipe pompa air dengan sistem benam atau masuk ke dalam sumur menjangkau langsung ke sumber airnya.

Semua kontrol pompa dilakukan di permukaan dengan sebuah control box yang tersambung dengan pompa melalui kabel yang ikut masuk ke dalam sumur.

Control box ini sendiri terdiri dari beberapa komponen elektronika yang dirangkai di dalam sebuah kotak berwarna putih yang berfungsi sebagai saklar dan pengaman pompa.

Nah, salah satu komponen yang terdapat di dalam kotak tersebut adalah overload. 

Seberapa penting komponen ini? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Overload Pompa Submersible

Komponen overload bernama lengkap Overload Motor Protector disingkat OMP adalah komponen pemutus arus listrik pada pompa submersible (sibel).

Overload akan bekerja jika terjadi panas berlebih yang ditimbulkan oleh lonjakan arus listrik tiba-tiba.

Di dalam overload terdapat komponen bimetal yang bertindak sebagai sensor panas, bimetal ini terhubung langsung dengan kontak listrik.

Ketika menerima panas, bimetal akan melengkung dan membuka kontak sehingga arus listrik akan terputus, seketika pompa submersible pun langsung mati.

Kita dapat melihat tanda putusnya arus ini melalui sebuah tombol yang akan keluar bersamaan dengan putusnya arus tersebut

Berikut ini penampakannya:

Overload Pompa Submersible

Ketika tombol tersebut ditekan, maka arus listrik bisa tersambung kembali.

Oleh karena itu, overload pada pompa submersible bisa dikatakan berfungsi sebagai pengaman yang melindungi pompa dari arus listrik berlebih.

Komponen ini terpasang bersama-sama dengan komponen lainnya di dalam control box, posisinya berada di bawah saklar switch.

Selengkapnya tentang control box, baca di artikel ini: Control Box Pompa Submersible.

Penutup

Jadi, Overload pada pompa submersible adalah komponen yang berfungsi pengaman pompa yang bekerja seperti sekring untuk memutuskan arus listrik ketika terjadi lonjakan tiba-tiba.

Demikianlah penjelasan tentang Overload Pompa Submersible. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Mengenal Overload Pompa Submersible Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment