Learn Science With Ilmusiana

Norma Adat: Pengertian dan Contoh

loading...
Advertisement

loading...


Norma Adat: Pengertian dan Contoh - Apa yang dimaksud dengan norma adat? Norma adat adalah kaidah atau aturan yang hidup dalam masyarakat tertentu yang tumbuh, berkembang, dihargai oleh masyarakat, dan dipertahankan secara turun temurun karena diyakini sebagai sesuatu yang baik. Norma adat disebut pula sebagai hukum yang tidak tertulis. Oleh karena itu, norma adat menjadi pelengkap aturan hukum tertulis. Sumber dari norma adat ini adalah kepantasan, kepatutan, dan kebiasaan yang berlaku pada suatu masyarakat. Norma adat tumbuh seiring dengan perkembangan masyarakat itu sendiri. Pelanggaran terhadap norma adat, akan dikenai sanksi bagi pelakunya. Sanksi tersebut dapat berupa pelaku dikucilkan dari komunitas.
Norma Adat: Pengertian dan Contoh
Norma Adat

Sebagai norma yang berlaku secara turun temurun, norma adat merupakan pegangan hidup yang tetap berlaku dan dijalankan. Kebanyakan masyarakat tidak mau mengubahnya karena takut terjadi bencana atau berkurangnya keberuntungan yang ada dalam kehidupan mereka. Masyarakat yang memegang teguh norma adat lama umumnya hidup dan bertahan pada masyarakat tradisional.

Contoh Norma Adat

Contoh norma adat yang masih berlaku di Indonesia dan terjadi sampai saat ini adalah larangan pernikahan marga yang sama pada orang Batak (Tapanuli), karena itu dianggap perkawinan sesama saudara. Begitupun yang terjadi pada suku Dayak. Masyarakat Dayak mengharuskan perkawinan dilaksanakan dengan sistem endogami. Sistem endogami adalah perkawinan antarkeluarga yang masih terdapat dalam satu rumpun suku bangsa bersangkutan.


Sekian uraian tentang Norma Adat: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment