Learn Science With Ilmusiana

Pengertian Majas: Apa yang dimaksud Majas?

loading...
Advertisement

loading...


Pengertian Majas: Apa yang dimaksud Majas? - Majas merupakan salah satu gejala bahasa yang memberi ciri kuat pada wacana sastra. Banyak orang mengatakan bahwa majas sama dengan gaya bahasa. Anggapan ini keliru karena sebenarnya majas bukan gaya bahasa. Majas hanyalah salah satu pendukung gaya bahasa. Majas adalah peristiwa pemakaian kata yang menyimpang dari arti harfiahnya akibat pengibaratan atau penggantian arti dari apa yang kita pahami sebagai arti sebenarnya, menjadi arti lain. Majas digunakan untuk maksud mengungkapkan yang ingin disampaikannya secarai simbolik untuk menimbulkan kesan imajinatif bagi penyimak atau pembacanya. 

Pengertian Majas: Apa yang dimaksud Majas?
Majas
Mengetahui arti penting penggunaan majas tersebut, Blog Ilmu Pengetahuan akan menguraikan tentang apa pengertian dari majas, seperti yang akan Anda baca melalui uraian dibawah ini.

Pengertian Majas

Secara sederhana, pengertian majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan cara menyamakannya pada sesuatu yang lain menggunakan pemilihan kata yang tidak secara langsung menyatakan makna sebenarnya untuk memperoleh efek tertentu dalam melukiskan sesuatu. Jadi, dapat dikatakan bahwa majas adalah pengibaratan atau figure of speech, merupakan teknik khusus untuk menggunakan bahasa secara ekspresif (bahasa figuratif). Majas banyak digunakan dalam teks sastra, tetapi juga digunakan dalam teks non-sastra untuk membantu pemakai  bahasa lebih memahami suatu kenyataan pada saat mendeskripsikan sesuatu tersebut. Majas terkadang juga digunakan untuk menghidupkan karangan yang ditulis serta menciptakan efek khayalan yang khas.

Dalam penggunaannya, majas hadir dalam bermacam-macam jenis, seperti; majas metafora, hiperbola, personifikasi, metominia, perbandingan, litotes, simile, alegori, dan ironi. Penjelasan tentang semua majas ini akan kami bahas pada artikel yang lain.

Sekian uraian tentang Pengertian Majas: Apa yang dimaksud majas?, semoga bermanfaat.

1 komentar: