Learn Science With Ilmusiana

Pengertian Tentang Teks Eksplanasi

loading...
Advertisement

loading...


Teks eksplanasi yang akan kami uraikan pengertiannya pada kesempatan ini termasuk dalam materi baru yang dimasukkan dalam pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP Kelas VII sebagai akibat dari penggunaan kurikulum 2013. Sejauh pengamatan penulis, materi teks eksplanasi ini belum ditemukan dalam buku-buku teks yang mengacu pada kurikulum sebelumnya. Disamping itu, ketersediaan referensi tentang materi ini di internet juga ternyata masih sangat minim. Keadaan ini berbading terbalik dengan fakta dari mensin pencari google yang mencatat bahwa permintaan informasi dengan kata kunci "teks eksplanasi" lumayan tinggi. Artinya, ada banyak orang diluar sana yang sedang membutuhkan pembahasan yang berkaitan dengan teks ini. Oleh sebab itu, uraian kali hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda terhadap materi yang memberikan penjelasan tentang teks eksplanasi.
pengertian teks eksplanasi
Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Secara etimologi, eksplanasi adalah istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris “explanation” yang memiliki arti “penjelasan” atau “keterangan”.  Jadi, secara sederhana eksplanasi sebagai sebuah teks dapat kita artikan sebagai teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal. Namun, secara spesifik telah disepakati bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang berisi uraian tentang berbagai fenomena yang terjadi di sekitar. Fenomena yang dijelaskan dalam teks eksplanasi, misalnya fenomena alam, sosial, budaya, dan lain-lain. Sesuai dengan asal katanya, maka uraian yang diberikan dalam teks eksplanasi adalah uraian yang sifatnya memberikan penjelasan atau keterangan tentang sesuatu yang disertai dengan fakta. Hal ini juga yang menjadi fungsi sekaligus ciri utama dari salah satu jenis teks ini.

Bagian Bagian Teks Eksplanasi

Untuk mendukung fungsinya tersebut, teks eksplanasi terdiri dari bagian-bagian yang menyusun seluruh tubuh teks ini untuk menjadi sebuah uraian penjelasan. Bagian-bagian yang dimaksud adalah bagian pembuka, isi, dan penutup. 
  • Pembuka pada teks eksplanasi berupa pernyataan umum penulis. 
  • Bagian isi merupakan deretan penjelasan tentang fenomena yang diceritakan. 
  • Bagian penutup adalah bagian yang berisi interpretasi dari apa yang sedang dijelaskan dalam teks. 
Sampai disini, artinya kita sudah mulai masuk pada pembahasan tentang struktur teks eksplanasi. Penjelasan lengkap tentang ini akan kami berikan pada tulisan terpisah. Materi kali ini khusus hanya untuk membahas pengertian teks eksplanasi, sebagaimana yang telah Anda baca pada uraian di atas.

Sekian uraian tentang Pengertian Tentang Teks Eksplanasi, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. sepertinya mudah dan lebih keren. Thanks infonya Gan.. salam dari TV Streaming
    TV Online

    ReplyDelete