Learn Science With Ilmusiana

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika

loading...
Advertisement

loading...


Pengukuran, tentunya istilah ini sangat familiar ditelinga kita dan pengertiannya banyak dibahas dalam ilmu Fisika. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali bidang profesi disekitar kita yang melibatkan pengukuran, contohnya tukang jahit. Sebelum memulai menjahit, si tukang jahit terlebih dahulu melakukan pengukuran terhadap kain yang akan dijahit menjadi pakaian. Contoh yang lain, sebut saja tukang bangunan. Sebelum pembangunan dimulai, tukang bangunan ini biasanya mengukur panjang dan lebar tanah tempat bangunan tersebut akan dibangun. Ini hanyalah beberapa contoh, tentunya masih banyak profesi lainnya disekitar kita yang dalam kegiatannya melibatkan proses pengukuran. Intinya, terkait dengan pengukuran, telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia.

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika

Pengertian Pengukuran Fisika

Lantas, apa yang dimaksud dengan pengukuran? Dalam pelajaran Fisika, materi pengukuran menempati satu bab khusus. Disadari atau tidak, pengukuran memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Fakta ini didukung pula oleh Lord Kelvin, hal ini tergambar dari ungkapannya yang terkenal "Saya sering mengatakan jika Anda dapat mengukur sesuatu dan menuliskan hasilnya dalam angka-angka, berarti Anda mengetahui tentang sesuatu itu". Dalam pembahasan ini, kami akan menjawab pertanyaan tentang arti atau pengertian dari pengukuran, selamat membaca.

Pengertian Pengukuran

Sebenarnya, sangat mudah untuk mengetahui pengertian dari pengukuran. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin pernah melakukan atau melihat proses pengukuran. Ketika Anda membeli beras, beras yang akan Anda beli ditimbang terlebih dahulu untuk mengetahui massanya. Hal ini menunjukkan bahwa penjual beras sedang melakukan pengukuran massa buah yang akan Anda beli. Jadi, apa sebenarnya pengertian dari pengukuran?. Dalam ilmu Fisika, pengukuran adalah:
Pengukuran adalah membandingkan nilai suatu besaran yang diukur menggunakan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
Ketika penjual beras mengukur massa dari beras, artinya penjual tersebut membandingkan nilai besaran massa dengan satuan massa yang sudah ditentukan. Satuan massa ini dapat berupa kilogram atau gram. Nilainya didapat dari alat yang digunakan dalam pengukuran, misalnya timbangan. Tentang alat ukur ini akan kami jelaskan secara terperinci dalam pembahasan yang lain. Karena keduanya (pengukuran dan alat ukur) adalah dua konsep yang saling terkait.

Sekian uraian tentang Pengertian Pengukuran Dalam Fisika, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment