Learn Science With Ilmusiana

Struktur Membran dan Fungsi Membran Sel

loading...
Advertisement

loading...


Membran sel merupakan batas kehidupan. Membran sel memisahkan sel yang “hidup” dengan lingkungan sekitarnya yang “tidak hidup”. Setiap sel diselimuti oleh sebuah lapisan yang disebut membran sel. Karena membran sel sangat tipis, maka ia tidak bisa dilihat dengan mikroskop cahaya, tetapi bisa diamati dengan menggunakan mikroskop elektron (dibawah akan Anda lihat gambar dari membran sel). Membran sel terdiri dari barisan lemak. Selain itu pada membran sel juga terdapat protein. Membran sel memiliki ketebalan 8 nm. Susunan membran sel yang lengkap dijelaskan menurut suatu model mosaik cair. Model membran ini pertamakali diperkenalkan oleh dua orang ilmuwan, yaitu Jonathan Singer dan Garth Nicolson.

Struktur Membran Sel

Membran sel memiliki struktur seperti lembaran tipis. Membran sel tersusun dari molekul-molekul protein, lipid (lemak), dan sedikit karbohidrat yang membentuk suatu lapisan dengan sifat dinamis dan asimetri. Bersifat dinamis karena memiliki struktur seperti fluida (zat cair), sehingga molekul lipid dan protein dapat bergerak. Bersifat asimetri karena komposisi protein dan lipid sisi luar tidak sama dengan sisi dalam membran sel. Molekul-molekul tersebut menyusun matriks lapisan fosfolipid rangkap (fosfolipid bilayer) yang disisipi oleh protein membran. Berikut ini gambaran dari struktur membran sel

gambar membran sel
Gambar Struktur Membran Sel
Terdapat dua macam protein membran, yaitu protein yang terbenam (integral) dan yang menempel (peripheral) di lapisan fosfolipid. Satu unit fosfolipid terdiri dari bagian kepala (fosfat) dan ekor (asam lemak). Sisi kepala merupakan sisi hidrofilik (suka air) yang menghadap ke luar membran sel. Sisi ekor merupakan sisi hidrofobik (tidak suka air) yang bersembunyi di bagian dalam membran sel. Pada bagian membran sel yang menghadap ke luar sel, terdapat karbohidrat yang melekat pada protein membran atau fosfolipid. Fungsi biologis membran sel bergantung pada molekul-molekul penyusunnya, yaitu lipid, protein, dan karbohidrat.
struktur membran sel

Fungsi Membran Sel

Dengan struktur yang sedemikian kompleks, membran sel memiliki beberapa fungsi di antaranya sebagai berikut:
  • Membentuk suatu batas yang fleksibel (tidak mudah robek) antara isi sel dan luar sel.
  • Melindungi dan membungkus isi sel.
  • Menyeleksi zat-zat apa saja yang bisa masuk ke dalam sel dan apa yang harus keluar dari sel. Dengan kata lain, membran sel dapat dilalui oleh zat-zat tertentu. Sifat membran sel ini dinamakan selektif permeabel.
Sekian uraian tentang Struktur Membran dan Fungsi Membran Sel, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Aryulina, Diah Dkk. BIOLOGI 2 SMA dan MA untuk Kelas XI. Jakarta : ESIS/Erlangga.
  • Firmansyah, Rikky, dkk. 2007. Mudah dan Aktif Belajar Biologi. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

0 komentar:

Post a Comment