Learn Science With Ilmusiana

Isi Teks Proklamasi Republik Indonesia

loading...
Advertisement

loading...


Isi Teks Proklamasi Republik Indonesia - Pada 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta atas nama seluruh bangsa Indonesia membacakan teks proklamasi yang isinya memuat pernyataan kemerdekaan Indonesia. Isi dari teks proklamasi tersebut disusun oleh para pejuang kemerdekaan yang telah melakukan rapat semalam suntuk untuk mempersiapkan teks Proklamasi. Dalam rapat tersebut dihasilkanlah konsep naskah Proklamasi yang ditulis di atas kertas oleh Soekarno. Selanjutnya, kertas yang berisi teks proklamasi itu diserahkan ke Bung Sayuti Melik untuk diketik dengan beberapa perubahan. Seperti apa isi dari teks Proklamasi Indonesia? Berikut ini kami sajikan kepada pembaca Ilmusiana, isi teks proklamasi Indonesia. Kami akan berikan naskah Proklamasi asli hasil tulisan tangan Soekarno dan naskah Proklamasi hasil ketikan Suyuti Melik.

Isi Teks Proklamasi

Seperti yang kami janjikan di atas, berikut ini adalah naskah Proklamasi asli hasil tulisan tangan Soekarno. Bisa Anda lihat coretan-coretannya pada waktu dilakukan beberapa perubahan. Naskah ini sebenarnya sempat dibuang ke tempat sampah oleh Suyuti Melik saat selesai diketik. Tetapi, untunglah BM Diah mengambil kembali kertas ini dan menyimpannya. Sekarang, kertas asli berisi teks Proklamasi ini tersimpan rapi di Museum Proklamasi.

isi teks proklamasi tulisan Soekarno

Dan dibawah ini adalah teks Proklamasi hasil ketikan dari Bung Suyuti Melik. Naskah inilah yang dibacakan oleh Soekarno di Pegangsaan Timur.

isi teks proklamasi ketikan Suyuti Melik

Sekian uraian tentang Isi Teks Proklamasi Republik Indonesia, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment