Learn Science With Ilmusiana

Letak Geografis Wilayah Indonesia

loading...
Advertisement

loading...


Seperti apa letak geografis dari Indonesia? Indonesia sebagai sebuah wilayah memiliki letak geografis berdasarkan kenampakannya di permukaan bumi. Sebagai warga Negara yang baik, letak geografis dari Indonesia ini sudah selayaknya wajib untuk kita ketahui. Pengetahuan tentang letak geografis ini dapat membantu kita untuk mengetahui letak atau kedudukan wilayah Indonesia jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain atau jika dilihat dari daerah lain (posisi relatif). Selain itu, letak geografis ini juga dapat membantu kita untuk melihat potensi yang dimiliki wilayah Indonesia sebagai sebuah Negara. Apalagi, banyak menganggap bahwa, Indonesia secara geografis memiliki posisi yang sangat strategis. Tahukah Anda, mengapa seperti itu? Jawabannya dapat Anda temukan lewat uraian berikut ini, selamat membaca.
Letak Geografis Wilayah Indonesia

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia artinya letak Indonesia dilihat dari kenyataan sebenarnya di muka bumi. Terdapat cara mudah untuk mengetahui letak geografis dari Indonesia. Mari kita ambil peta dunia, atlas dunia, atau globe. Dari peta, atlas, atau globe tersebut kita akan melihat peta Indonesia. Dari peta tersebut nampak bahwa, secara geografis indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua Asia, serta terletak di antara 2 samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Indonesia berada pada posisi silang dunia (world cross position). Pada posisi seperti ini, Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia. Itulah sebabnya mengapa sehingga Indonesia dianggap memiliki posisi yang strategis.

Peta Letak Geografis Wilayah Indonesia

Letak geografis Indonesia menyebabkan beberapa hal sebagai berikut:
  • Indonesia berada pada persilangan lalu lintas dunia yang ramai sehingga menguntungkan dari segi ekonomi.
  • Indonesia memiliki tiga iklim utama, yaitu iklim musim (muson), iklim tropis (iklim panas), dan iklim laut.
  • Iklim musim terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Pada bulan Oktober-April, angin yang bertiup berasal dari barat daya yang bersifat basah sehingga menimbulkan musim hujan. Sementara itu, pada bulan April-Oktober angin bertiup berasal dari timur laut yang bersifat kering sehingga menimbulkan musim kemarau.
  • Iklim tropis menyebabkan udara rata-rata di Indonesia panas. Ini terjadi karena Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.
  • Iklim laut disebabkan oleh kondisi Indonesia yang banyak dikelilingi laut dan samudera. Akibat dari iklim ini, Indonesia lebih banyak mengalami musim hujan.
Selain letak geografis di atas, dalam skala mikro Indonesia secara geografis berbatasan dengan negara-negara lain. Batas-batas geografis Indonesia dengan negara-negara lain adalah sebagai berikut: Sebelah utara berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina; Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Australia; Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini; Sebelah Barat berbatan dengan Samudra Hindia.

Sekian uraian tentang Letak Geografis Wilayah Indonesia, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment