Learn Science With Ilmusiana

6 Contoh Karangan Teks Deskripsi

Teks deskripsi dalam contoh kali ini berupa karangan berbentuk paragraf singkat yang kalimatnya menonjolkan unsur penting dari suatu teks deskripsi. Terdiri atas 6 contoh dari bermacam-macam topik. Contoh ini akan dibagi menjadi dua bahasa, yaitu 3 teks deskripsi dalam bahasa Indonesia dan 3 lainnya teks deskripsi dalam bahasa Inggris. Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh, untuk kita ketahui bersama bahwa untuk dapat membuat teks deskripsi dengan benar, terlebih dahulu kita harus tahu tentang apa itu teks deskripsi? Agar contoh teks yang kita buat benar-benar layak disebut sebagai teks deskripsi. Sebab, teks ini tentu saja sangat berbeda dengan jenis teks lainnya.

6 Contoh Karangan Teks Deskripsi

contoh teks deskripsi
Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari teks deskripsi seperti yang dapat Anda lihat dalam uraian berikut ini, selamat membaca.

Artikel Terkait: 4 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat

Pengertian Teks Deskripsi

Istilah "deskripsi" berasal dari verba to describe (Ing), yang artinya memerikan, menguraikan, atau melukiskan. Teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah. Teks deskripsi mengutamakan kejadian atau keadaan yang dapat merangsang pancaindra. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan-kesan, hasil pengamatan, dan perasaannya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang dapat ditemukan pada objek tersebut. Hal ini bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat dan merasakan objek yang digambarkan oleh penulis. Penggambaran dengan rangkaian kata- kata, sehingga apa yang ditulis dengan kata-kata tersebut seolah-olah terpampang di depan mata si pembaca.

Contohnya terdapat sebuah tas dan ada yang bertanya tentang ciri-ciri tas tersebut. Kita dapat menggunakan teks deskriptif untuk menjelaskan tas tersebut secara spesifik. Kita dapat mendeskripsikannya dengan menyebutkan warnanya, bentuknya, atau keunikannya. Dapat juga dikatakan teks deskriptif, hanya satu benda, orang, atau tempat yang dapat digambarkan secara spesifik.

Contoh Teks Deskripsi

Nah, sekarang sampailah kita pada inti pembahasan yakni contoh teks eksposisi. Seperti yang kami janjikan di awal, kami akan menampilkan 6 contoh yang terbagi dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berikut ini contohnya:

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

Contoh 1

Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Bendera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

Contoh 2

Ketika berada di pantai, tentu ada keinginan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Begitu pula, ketika berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit dan terbenam dapat disaksikan dengan Indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran membuat kita bisa menikmati matahari terbit di sisi pantai timur dan tenggelam di sisi pantai barat.

Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan terlihat perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka perahu tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata. Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, penginapan, dan took kelontong. Hal ini sangat menarik jika mengabdikan pantai dengan teman atau keluarga dalam media foto atau video. Selain itu, hal ini pun dapat dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Contoh 3
Jangan terkecoh membeli ikan. Kadang-kadang kita kecewa membeli ikan. Disangka masih baru ternyata sudah busuk. Caranya supaya tidak terkecoh? Ikan yang segar dagingnya masih keras kalau dipegang. Sisiknya atau kulitnya masih mengilap, insangnya berdarah merah segara. Matanya masih bening. Kalau sudah tidak sesuai dengan ciri-ciri berarti ikan itu sudah busuk.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Contoh 4

Household appliances are devices that make daily jobs around the house easier. They have changed our lifestyle and improved public hygiene and diet.

Today, a house is provided with a wide range of appliances. Many are used in the kitchen to keep and prepare food. They include cookers, kettles, toasters, refrigerators, freezers and microwave machines and vacuum cleaners help cleaning the house. Since the invention of electricity, many appliances have been produced.

Contoh 5

Jakarta is the capital city of Indonesia. It is centrally located within the country on the northwest coast of Java Island at the mouth of the Ciliwung rive. Jakarta dominates Indonesia’s administrative, economy, cultural activities, an is a major commercial and transportation hub within Asia-with a population of about 9 million, Jakarta has more people than any other cities in Indonesia.

The climate is hot and humid year-round. Rainfall occurs throughout the year, although it is the heaviest from November to May. To average annual precipitation in Jakarta is 1.790 mm. The city lies on a flat, low plain and is prone to flooding during periods of heavy rainfall.

Kota is city’s oldest commercial area. It is located south of the old Sunda Kelapa harbor. Glodok, the south of Kota is a banking, retail, and residential neighborhood with a large Chinese population. Merdeka Square with Monas (The National Monument) dominates the city’s central district. Sourrounding the square are Istana Merdeka, the presidential palace, the National Museum, and the Istiqlal Mosque.

Contoh 6

Borobudur is a Hindu - Buddhist temple located in Magelang, Central Java, Indonesia. It was built in the 9th century under the Sailendra dynasty of the ancient Mataram kingdong.

Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 meters high and consists of eight step like stone terraces. The first five terraces are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculptures in bas-relief. The upper three are circular each with a circle of bell shape-stupas. The entire edifice is crowned by a large stupa at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4,8 km  of passage and starways. The design of Borobudur, which symbolizes the structure of the universe, influenced temples at Angkor, Cambodia.

Since Borobudur is a valuable treasure for Indonesians, it is rededicated as an Indonesian monument in 1983.
Sekian uraian tentang 6 Contoh Karangan Teks Deskripsi, semoga bermanfaat.
6 Contoh Karangan Teks Deskripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment