Learn Science With Ilmusiana

RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis

loading...
Advertisement

loading...


RAM adalah nama salah satu jenis komponen komputer yang memiliki fungsi penting agar komputer dapat beroperasi dengan baik. Jika dilihat dari pengertiannya, RAM itu sejenis memory untuk menyimpan data dan instruksi program. Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengajak pembaca untuk melihat lebih jauh lagi tentang apa itu RAM?. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak pengguna komputer yang belum mengetahui dengan baik perangkat yang satu ini. Padahal, pengetahuan tentang RAM sangatlah berguna karena terkait dengan kinerja dari sebuah komputer. Apalagi jika Anda adalah seorang teknisi komputer yang sering berurusan dengan bongkar pasang komputer, maka seluk beluk tentang RAM wajib Anda ketahui untuk menjadi seorang teknisi yang mumpuni.

RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis

RAM komputer
Artikel Terkait: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Uraian tentang RAM komputer dalam postingan ini, materinya akan kita bagi menjadi tiga bagian. Kita akan mengawalinya dengan pembahasan seputar pengertian RAM. Kemudian, akan dilanjutkan dengan pembahasan seputar fungsi dari RAM. Setelah itu, bagian akhir tentang jenis-jenis RAM komputer yang ada sekarang ini. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini pembahasan lengkapnya.

Pengertian RAM 

RAM adalah singkatan dari kepanjangan Random Acces Memory. Pada prinsipnya, pengertian RAM dapat ditinjau dari beberapa segi, yaitu, segi input area, program area, working area, dan output area. Jika dilihat dari segi input area, RAM dapat diartikan sebagai media  untuk menyimpan data input yang akan diolah. Kemudian, jika ditinjau dari segi program area, RAM dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan dipakai untuk memproses data. Di tinjau dari segi working area, RAM dapat berarti sebagai media untuk menyimpan proses pengolahan data yang hendak dikerjakan. Dan, jika di tinjau dari segi output area, RAM adalah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian RAM adalah media untuk menyimpan data dan instruksi dari suatu program komputer.

Fungsi RAM 

Fungsi RAM dapat tergambar dari pengertian di atas. RAM berfungsi sebagai komponen sementara dalam menyimpan program atau data yang diakses ketika komputer sedang aktif/beroperasi. Seperti diketahui bahwa prosessor sebetulnya memiliki kapasitas terbatas (kecil) dalam menyimpan data dan instruksi yang terdapat pada register, jadi tidak dapat menyimpan seluruh informasi yang diperlukan untuk menjalankan proses program, apalagi bila ukurannya besar. Untuk itu, proses harus didampingi komponen berkapasitas besar, yang dapat menyimpan data dan instruksi yang berukuran besar pula. Nah, untuk itulah RAM hadir sebagai sebuah komponen penting dalam komputer (PC).

Jenis-Jenis RAM 

Jenis-jenis RAM dapat dibedakan ke dalam dua kelompok besar, yaitu RAM berbasis chip dan RAM berbasis card. Berikut ini semua RAM dari masing-masing jenis tersebut:

RAM berbasis chip

SRAM (static RAM)

Jenis RAM statis yang sifatnya semivolatile. Dipakai untuk membantu komputer dalam kecepatan  proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi CMOS.

DRAM (dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik yang sifatnya volatile. Dipakai untuk membantu kecepatan proses komputer dan memerlukan arus daya listrik secara kontinyu dalam operasinya sehingga diperlukan refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (non-volatile RAM)

Jenis SRAM yang memiliki catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga dapat menyimpan daya walaupun komputer dimatikan. Memiliki fungsi untuk menyimpan  jam, waktu, kalender, program setup, dan konfigurasi komputer.

FRAM (ferro electric RAM)

Jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.

RAM berbasis card

EDO RAM (extended data output RAM)

Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memory 8 Mb sampai maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Menggunakan kemasan SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin.

SD RAM (synchronous dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1,2, dan 3. Kecepatan bus memory ini berkisar pada frekwensi 66 Mhz sampal 133 Mhz, atau disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), jumlah penyemat memory 168 pin.

DDR RAM (double data rate RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) memiliki banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang berdasarkan bandwidth ketika beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memory itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), dengan jumlah penyemat memory 184 Pin.

DDR dual channel RAM

Jenis memory ini tidak seperti pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memory RD RAM (rambus dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Di samping itu, khusus untuk penggunaan memory RDRAM harus ada penambahan dua pasang memory terminator untuk mendukung memory standar PC 2700/3200/4000, dengan tawaran clock antara 500 sampal 800 Mhz.

Twister DDR dual channel RAM

Memory tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang menandakan bahwa memory ini bisa digunakan pada dual channel mainboard

SODIMM RAM

Memory yang biasa digunakan untuk kelas server maupun  notebook.

Sekian uraian tentang RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment