Learn Science With Ilmusiana

Sholat Tahajud: Niat dan Tata Cara

loading...
Advertisement

loading...


Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang tata cara pelaksanaan dan niatnya sudah diatur dalam Islam. Sholat sunnah tahajud sebenarnya sangat mudah dikerjakan sebab caranya hampir sama dengan sholat pada umumnya, kecuali dalam hal niat. Kita sebagai umat muslim telah diajarkan bahwa yang menjadi pembeda antara amalan yang satu dengan amalan lainnya adalah niat. Nah, seperti itu pula yang berlaku pada sholat tahajud ini. Meskipun gerakan dan bacaan selama sholat sama dengan sholat pada umumnya, tetapi dalam hal niat pastilah berbeda. Karena, tentu saja niat yang akan kita baca adalah niat untuk melaksanakan sholat tahajud, bukan niat sholat yang lain.

Sholat Tahajud: Niat dan Tata Cara

bacaan niat dan cara sholat tahajud
Oleh sebab itu, untuk dapat melaksanakan sholat tahajud dengan baik, ada dua hal yang penting untuk diketahui, yaitu tata cara pelaksanaan dan bacaan niatnya. Keduanya menjadi sangat penting agar sholat tahajud yang kita lakukan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Apalagi, banyak dalil yang menjelaskan bahwa sholat ini termasuk sholat yang sangat dianjurkan dalam Islam karena banyaknya keutamaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan, sering dianggap sebagai sholat yang utama setelah sholat wajib lima waktu.

Nah, mengingat pentingnya sholat tahajud ini, maka pembahasan ini hadir untuk kita semua. Materinya akan kami bagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menjelaskan tentang niat yang dibaca saat hendak mengerjakan sholat tahajud. Untuk memudahkan pembaca, maka bukan hanya tulisan arabnya yang kami berikan, tetapi kami akan sertakan juga tulisan latinnya lengkap dengan artinya. Dan, bagian kedua dari materi ini berisi penjelasan tentang tata cara pelaksanaan sholat tahajud, mulai dari jumlah rakaat, waktu pelaksanaan, dan rukun-rukunnya secara tertib dari awal hingga akhir. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini uraian lengkapnya.

Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud adalah bacaan yang dibaca oleh orang yang hendak melaksanakan sholat tahajud. Niat ini sangat penting sebab sah atau tidaknya sholat tahajud yang kita lakukan sangat ditentukan oleh bacaan niat ini. Dalam niat tersebut, berisi pernyataan seorang hamba bahwa dirinya siap untuk melaksanakan sholat tahajud karena Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan niat ketika akan memulai sholat tahajud:

Tulisan Arab Niat Sholat Tahajud

tulisan arab niat sholat tahajud

Tulisan Latinnya:

Ushalli sunnata-t-tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala. Allahu Akbar.
Artinya: "Saya niat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah Taala. Allah Maha Besar"

Tata Cara Sholat Tahajud 

Sholat tahajud dikerjakan dengan munfarid (tanpa berjamaah), sedikitnya dua rakaat dan paling banyak tidak terhingga jumlah rakaatnya. Waktunya sampai hampir masuk waktu subuh dan dilaksanakan setiap dua rakaat. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah Muhammad Saw yang berbunyi: "Sholat malam itu adalah dua rakaat, dua rakaat. Apabila khawatir akan masuk waktu subuh maka berwitirlah satu rakaat saja." (HR Bukhari dan Muslim). Untuk lebih ringkasnya, berikut ini adalah tata cara sholat tahajud:
  1. Niat sholat tahajud di dalam hati, berbarengan dengan takbiratul ihram (mengangkat kedua tangan setara bahu sambil bertakbir untuk memulai sholat). "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah."
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca salah satu surat di dalam Al-Qur'an. Afdalnya rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas
  5. Rukuk sambil membaca tasbih tiga kali
  6. Iktidal sambil membaca bacaannya
  7. Sujud pertama sambil membaca tasbih tiga kali
  8. Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya
  9. Sujud yang kedua sambil membaca tasbih tiga kali
Setelah rakaat pertama usai dikerjakan, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara di atas. Kemudian, ketika tasyahud akhir selesai, membaca salam dua kali. Jika ingin mengerjakan sholat lagi, rakaat-rakaat pada sholat berikutnya sama seperti contoh di atas.

Jika selesai sholat tahajud, bacalah zikir yang mudah (Allah-Allah-Allah), terutama perbanyak istigfar (mohon ampun). Adakan dialog batin dengan Allah. Sampai semua "unek-unek" yang ada dalam hati, lalu tutup dengan doa yang diiringi dengan tangis dan rasa lemah di hadapan Allah Swt.

Sekian uraian tentang Sholat Tahajud: Niat dan Tata Cara, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment