Learn Science With Ilmusiana

10 Hewan Tercepat di Dunia

loading...
Advertisement

loading...


Tahukah Anda, hewan apa pemegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia? Dalam hal kecepatan, tak dapat dipungkiri bahwa banyak jenis hewan yang mampu berlari dengan kecepatan tinggi. Beberapa di antaranya, dapat melesat sangat cepat dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Sekurang-kurangnya kami mencatat ada 10 jenis hewan dari berbagai spesies yang memiliki kecepatan tertinggi. Tentunya, ada 1 di antara 10 hewan tersebut yang menyandang gelar sebagai pemegang rekor tercepat. Anda penasaran hewan-hewan apa saja itu? Nah, berikut ini uraiannya:

10 Hewan Tercepat di Dunia

Seperti yang telah kami kemukakan di atas, berikut ini adalah 10 hewan tercepat di dunia:

10. Kuda (72 km/jam)

Kuda (Equus caballus) hewan cepat

Kuda (Equus caballus) adalah hewan yang sangat banyak dipelihara dan dimanfaatkan manusia. Sejak ribuan tahun lalu, kuda suda mengangkut manusia dan barang. Melalui teknik pengembangbiakan khusus, kini dikenal beragam jenis kuda, seperti kuda pacu yang dapat berlari 72 km/jam.

9. Thomson’s Gazelle (76 km/jam)

Thomson’s Gazelle hewan cepat

Berpenampilan mirip dengan Grant’s gazelle, Thomson’s gazelle (Gazella thomsoni) mungkin jenis kijang yang paling dikenal luas. Kijang dengan nama lain Serengit ini, merupakan penghuni asli sabana dan padang rumput Afrika. Kijang ini memiliki pola migrasi dalam kelompok ratusan atau ribuan ekor. Ia mampu menghindari predator dengan berlari 76 km/jam, melakukan belokan tajam, dan melompat untuk membingungkan pengejarnya.

8. Grant’s Gazelle (76 km/jam)

Grant’s Gazelle hewan cepat

Grant’s Gazelle (Gazella Granti) adalah herbivora umum dijumpai di padang rumput Afrika Timur. Cheetah merupakan salah satu predator yang mengincar hewan ini sehingga mereka harus selalu bergerak cepat melintasi rerumputan dengan kecepatan mencapai 76 km/jam.

7. Red Fox (77 km/jam)

Red Fox hewan cepat

Musang merah (Vulpes vulpes) adalah mamalia karnivora berukuran kecil. Kecepatan larinya ketika berburu mangsa dapt mencapai 77 km/jam, sama dengan salah satu mangsa favoritnya, Brown Hare. Dengan habitat meliputi AS, Eropa, Afrika Utara, dan Asia, musang merah adalah karnivora dengan habitat terluas.

6. Brown Hare (77 km/jam)

Brown Hare hewan cepat

Brown Hare merupakan hewan terkecil di dalam daftar mamalia tercepat. Biarpun kecil, saat dikejar pemangsa, ia mampu berlari dengan kecepatan 77 km/jam. Hewan ini mendiami wilayah Eropa dan Asia Barat. Sedikit lebih besar dibandingkan kelinci, mamalia herbivore ini tergolong hewan pemalu.

5. Springbok (80 km/jam)

Springbok hewan cepat

Springbok (Antidorcas marsupialis) adalah sejenis kijang berukuran sedang. Namanya diperoleh dari kebiasaannya melompat ketika berlari untuk menarik perhatian betina atau menghindari pemangsa. Mudah dijumpai di Selatan dan Tenggara Afrika, springbok mampu berlari hingga 80 km/jam.

4. Singa (80 km/jam)

singa hewan cepat

Suatu ketika, jauh di masa lampau, singa merupakan mamalia paling umum yang dijumpai di dunia. Kini, singa (Panthera leo) hanya dapat dijumpai di sebagian Asia dan sub-Sahara Afrika. Sebagai keluarga kucing terbesar kedua setelah harimau, singa dapat berlari 80 km/jam ketika berburu mangsa.

3. Blue Wildebeest (80 km/jam)

Connochaetes taurinus hewan cepat

Salah satu spesies wildebeest, wildebeest biru (Connochaetes taurinus) adalah hewan pemakan rumpun yang banyak ditemukan di Selatan dan Timur Afrika. Banyaknya hewan predator yang mengincar mereka, seperti singa, hyena, cheetah, dan buaya, hewan ini bergerak dalam gerombolan besar dan mampu mencapai kecepatan hingga 80 km/jam.

2. Pronghorn Antelope (95 km/jam)

Pronghorn Antelope hewan cepat

Pronghorn antelope (Antilocapra Americana) atau pronghorn buck adalah mamalia berkuku penghuni asli Amerika Utara. Anatomi uniknya ini dirangcang untuk menghindari serangan predator dengan berlari hingga mencapai kecepatan 95 km/jam. Meskipun tak sekencang cheetah, pronghorn mampu menjaga kecepatan puncaknya dalam jarak lebih jauh berkat paru-paru dan jantungnya yang besar.

1. Cheetah (114 km/jam)

Acinonyx Jubatus cheetah hewan tercepat

Hewan inilah pemegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia, yaitu Cheetah. Cheetah (Acinonyx Jubatus) merupakan keluarga kucing yang memegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia. Kecepatan larinya dapat mencapai 114-120 km/jam sejauh 460 m. Akselerasinya dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan 3 detik, jauh lebih cepat daripada mobil sport.

Demikianlah uraian tentang 10 Hewan Tercepat di Dunia, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment