Learn Science With Ilmusiana

Ikan Hiu: Serba Serbi + Gambar

loading...
Advertisement

loading...


Ikan hiu adalah jenis ikan yang masuk dalam kelas Elasmobranchii (Infrakelas Chondrichthyes). Ikan hiu dapat ditemukan di semua samudra dan lautan. Biasanya hiu menyukai air hangat dan sedang. Makanan pokok superpredator ini adalah ikan (misalnya: tuna, haring, pari, hiu kecil). Ia juga memangsa anjing laut dan lumba-lumba. Sebagian besar ikan hiu harus terus berenang tanpa henti. Ini adalah satu-satunya cara bagi mereka untuk mendapatkan oksigen dan mencegah agar tubuh mereka tidak tenggelam. Walaupun terkenal sebagai binatang yang menakutkan, sebenarnya hanya sedikit jenis ikan hiu yang benar-benar berbahaya bagi manusia. Salah satu jenis ikan hiu berbahaya adalah ikan hiu putih (Carcharodon carcharias), berikut ini gambar ikan hiu putih tersebut:

Gambar ikan hiu putih, pemangsa manusia

ikan hiu putih (Carcharodon carcharias) pemangsa manusia

Ikan hiu putih panjangnya bisa mencapai 12 m dan sering disebut sebagai "pemangsa manusia". Ia dapat mengenali aroma darah dari jarak yang sangat jauh serta mampu mendeteksi setetes darah yang larut dalam air seberat 15 truk raksasa. Di antara ikan hiu inilah terdapat jenis ikan terbesar di dunia, yaitu hiu paus (Rhincodon typus) dan pelerine (15 m). Jenis ini tidak berbahaya dan menghasilkan telur terbesar di dunia. Besar setiap butir telur hiu sama dengan 150 butir telur ayam.

Gambar ikan hiu paus, ikan terbesar di dunia

ikan hiu paus, ikan terbesar di dunia

Rekor lain yang dapat dicatat dari ikan hiu adalah kecepatannya. Hiu berenang dengan kecepatan rata-rata 2-5 km/jam. Tetapi, jenis hiu tertentu dapat mencapai kecepatan 50 km/jam. Jenis hiu tikus biru barangkali merupakan ikan tercepat di dunia.

Perkembangbiakan Ikan Hiu

Ikan hiu adalah satu-satunya ikan yang benar-benar melakukan perkawinan. Hiu jantan memiliki organ semacam penis dan pembuahan terjadi di dalam tubuh. Sebagian besar hiu adalah vivipar (embrio berkembang di dalam lubang genital hiu betina yang akan menghasilkan bayi sempurna dan aktif, ini terutama terjadi pada hiu putih dan hiu tikus. Jenis lainnya seperti roussette (subordo:squale) atau hiu paus adalah ovipar (menghasilkan telur yang berkembang di dalam air). Sisanya, seperti hiu gergaji adalah ovovipar (menghasilkan telur yang diinkubasi dalam lubang genital hiu betina). Ikan ini mampu hidup selama 35 tahun.

Pemangsa sekaligus ancaman terbesar ikan hiu adalah manusia. Hiu dikenal sebagai ikan yang suka hidup menyendiri. Jumlah berbagai jenis hiu sekarang ini sulit diketahui. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan apakah hiu terancam kepunahan atau tidak. Sekarang ini, tercatat 8 ordo ikan hiu yang terdiri atas 370 spesies.

0 komentar:

Post a Comment