Learn Science With Ilmusiana

Akashi-Kaikyo, Jembatan Terpanjang di Dunia!

loading...
Advertisement

loading...


Jembatan Akashi-Kaikyo adalah pemegang rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia saat ini. Jembatan yang menghubungkan dua pulau besar di Jepang, Honshu dan Awajishima ini mempunyai panjang 1.991 m. Jembatan ini membentang di atas Selat Akashi, melintasi Kota Maiko, Distrik Tarumi di Kobe, dan Kobe, dan Kobe Matsuhita di Pulau Awajishima. Jembatan Akashi-Kaikyo merupakan bagian dari jalan raya antara Honshu dan Shikoku. Jalan raya ini melintasi pulau kecil dan wilayah perairan yang dihubungkan oleh 17 jembatan pada 3 jalan bebas hambatan.

Jembatan Terpanjang di Dunia, Akashi-Kaikyo.

Akashi-Kaikyo, Jembatan Terpanjang di Dunia

Jalan bebas hambatan Kobe-Awajishima-Naruto memiliki dua jembatan, salah satunya adalah Jembatan Akashi-Kaikyo. Jalan bebas hambatan Seto-Ohashi memiliki 6 jembatan. Sementara jalan bebas hambatan Shimanami Kaido memiliki 9 jembatan. Pembangunan Jembatan Akashi-Kaikyo dimulai pada bulan Mei 1986. Strukturnya menggunakan 193.200 ton baja dan 645.000 meter kubik beton. Ketika Jembatan Akashi-Kaikyo selesai dibangun pada bulan April 1998, ia tercatat sebagai jembatan gantung terbesar dengan rentangan terpanjang di dunia.

Jembatan Terpanjang di Dunia

Rangka dari Jembatan Akashi-Aikyo ini terdiri dari tiga bagian rentangan. Rentang kedua, ujungnya masing-masing memiliki panjang 960 m, dan 1.991 m pada rentangan utamanya. Jembatan ini juga memiliki sepasang penopang dengan tiga bagian rentangan sepanjang 3.991 m, kabel penggantung dengan panjang keseluruhan 300.000 m, menara utama setinggi 282,2 dan lebar 46,5 m, pengait berdiameter 85 m, dan jalur pelayaran selebar 1.500 m. Bayangkan saja, jika kabel-kabel penggantung Jembatan Akashi-Kaikyo yang menggunakan baja antikarat dipakai untuk melingkari bumi maka kabel-kabel tersebut dapat melingkari bumi sebanyak 7,5 kali.

Jembatan Akashi-Kaikyo pada malam hari

jembatan terpanjang akashi pada malam hari

Untuk menerangi Jembatan Akashi-Kaikyo, dipasang 1.737 buah lampu penerangan. Selain itu, teknologi komputer juga memungkinkan tiga lampu sorot yang di pasang di kabel utama dapat memancarkan cahaya berwarna merah, biru, dan hijau. Ketiga cahaya ini menghasilkan tidak kurang dari 28 pola warna yang berbeda. [ilm].

0 komentar:

Post a Comment