Learn Science With Ilmusiana

Daur Hidup pada Nyamuk

loading...
Advertisement

loading...


Daur hidup nyamuk, tahukah Anda seperti apa urutannya? Untuk Anda ketahui, nyamuk adalah hewan yang memiliki siklus atau daur hidup tertentu. Dalam daur tersebut, nyamuk mengalami tahapan perubahan bentuk selama proses hidupnya. Perubahan ini lazim disebut dengan metamorfosis. Khusus pada nyamuk, hewan ini tergolong dalam hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sebab bentuk tubuhnya berubah disetiap tahapan daur. Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara gamblang bagaimana tahapan proses daur hidup yang terjadi pada nyamuk. Agar bertambah jelas, maka kami akan melengkapinya dengan gambar yang memperlihatkan bagaimana daur hidur hidup nyamuk tersebut berproses.

Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk mengalami empat tahapan daur hidup yang menyerupai rantai membentuk siklus. Urutan daur hidup tersebut terdiri dari; telur, larva (jentik), pupa, nyamuk kecil dan nyamuk dewasa. Setiap tahapan perkembangan nyamuk menunjukkan perubahan yang khusus. Perubahan inilah yang menyebabkan nyamuk tergolong hewan yang bermetamorfosis sempurna. Coba perhatikan gambar daur hidup nyamuk dibawah ini:

Gambar Daur Hidup Nyamuk

Daur Hidup pada Nyamuk

Penjelasan Gambar Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk bertelur di air yang tergenang. Di daerah yang panas nyamuk cepat berkembang biak atau bertelur. Telur nyamuk yang berjumlah lebih dari 100 butir biasanya diletakkan pada permukaan air atau menempel pada sisi bawah dedaunan yang terapung. Setelah beberapa hari, telur nyamuk akan menetas menjadi tempayak (jentik-jentik). Tempayak kemudian menjadi kepompong (pupa). Selanjutnya dari kepompong mengalami perubahan bentuk menjadi nyamuk dewasa.

Demikianlah uraian tentang Daur Hidup pada Nyamuk, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment