Learn Science With Ilmusiana

Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik

Planet Saturnus adalah planet yang berada di urutan ke-6 atau setelah planet Jupiter dalam susunan tata surya. Planet Saturnus dicirikan oleh adanya piringan cincin disekelilingnya yang membuatnya sangat mudah dikenali di antara sembilan planet di sistem tata surya. Planet Saturnus merupakan planet yang memiliki massa jenis paling kecil, atau merupakan planet yang paling lunak, karena sebagian besar tubuhnya disusun oleh gas. Memiliki ukuran 5 kali dari ukuran planet Bumi, yakni berdiameter sekitar 120.000 km, menjadikannya planet terbesar kedua setelah Jupiter. Jarak rata-rata Saturnus ke Matahari adalah 1.428.000.000 km. Waktu yang dibutuhkan planet Saturnus untuk melakukan satu kali rotasi adalah sekitar 10,7 jam, sedangkan untuk mengelilingi matahari Planet saturnus membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun.

Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Planet Saturnus

Berikut ini adalah ciri-ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh planet Saturnus:

Dikelilingi Cincin Es

Saturnus merupakan planet terindah dengan ribuan cincin mengelilingi tubuhnya. Walaupun cincin Planet Saturnus terlihat padat, cincin itu sebenarnya tersusun atas milyaran serpihan batu yang dilapisi es. Serpihan terkecil hanya serupa setitik debu, sedangkan yang terbesar mungkin mencapai sebesar rumah. Beberapa serpihan lebarnya bahkan mencapai 1 km (setengah mil). Setiap serpihan bergerak di orbitnya masing-masing mengelilingi Planet Saturnus. Serpihan batu berlapis es yang mengorbit Planet Saturnus mungkin dulunya adalah sebuah bulan, atau mungkin juga bahan-bahan yang tersisa saat pembentukan Planet Saturnus.

serpihan es pembentuk cincin saturnus

Cincin di dalam cincin

Saturnus tampak dikelilingi oleh hanya beberapa cincin lebar tetapi sebenarnya terdapat ribuan cincin sempit dan cincin-cincin kecil (ringlet). Cincin-cincin kecil penyusun cincin F yang sempit saling terpilin dan dipisahkan dari cincin-cincin lainnya oleh tarikan gravitasi dua bulan "penggembala", yang disebut Prometheus dan Pandora.

Memiliki 21 Satelit

Planet Saturnus mempunyai setidaknya 21 satelit. Satelit yang terbesar, Titan, adalah satu-satunya bulan yang diketahui memiliki atmosfer tebal. Enceladus memiliki sisi berkawah serta satu sisi lagi yang lebih rata. Mimas memiliki kawah besar yang terbentuk akibat tubrukan yang hampir saja menghancurkannya. Beberapa satelit lainnya seperti Atlas, 1980S26, 1980S27, 1980S28, Euphemetheus, Janus, Mimas co-orbital, Tethys, Telesto, Calypso, Dione, Dione co-orbital, 1980S5, 1980S6, Rhea, Hyperion, Lapetus, dan Phoebe.

Demikianlah uraian tentang Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik, semoga bermanfaat.
Planet Saturnus: Ciri dan Karakteristik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment