Learn Science With Ilmusiana

10 Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan

loading...
Advertisement

loading...


Semut Jepang memiliki manfaat untuk kesehatan karena keampuhannya untuk mengobati banyak jenis penyakit. Khasiat semut Jepang ini sudah dipercaya secara medis dapat menyembuhkan penyakit kolesterol, hipertensi, gula darah, diabetes, stroke, wasir, ambien, asma, prostat, sesak nafas, kencing manis, jantung, dan hati. Masyarakat Jepang sudah sejak lama menggunakannya sebagai salah satu alternatif pengobatan. Semut ini juga dianggap dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas tubuh, baik pria maupun wanita. Manfaat besar yang dimiliki oleh semut jepang tersebut datang dari kandungan gizi dan zat obat seperti; enzim, protein, dan asam amino di dalam tubuhnya. Semua kandungan itulah yang khasiatnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Semut jepang ini terbilang unik jika dibandingkan dengan semut pada umumnya. Bertubuh keras, sekilas terlihat lebih mirip kumbang daripada semut. Ukuran tubuhnya sangat kecil, hanya beberapa milimeter. Ruas badannya lebih besar daripada ruas kepalanya. Berkaki 6 dan memiliki sayap meskipun tidak digunakan untuk terbang seperti serangga lainnya. Hidup secara berkelompok dan memiliki tingkat perkembangbiakan yang sangat tinggi. Di Jepang sendiri, semut ini diberi sebutan "Ari" dan sering dijadikan sebagai simbol kesetiaan. Di Indonesia, semut ini diberi nama "Bubuk Jawa", sedangkan di Malaysia dikenal dengan nama "Kumbang Mekkah".

Di Negara asalnya, semut Jepang ini sudah sejak lama khasiatnya dimanfaatkan sebagai obat. Masyarakat disana sudah paham betul cara mengolah  dan menggunakan semut ini. Bahkan, semut yang awalnya hanya berkembangbiak di alam liar, dibuatkan tempat khusus untuk proses pembudidayaan. Seiring dengan semakin terkenalnya khasiat semut Jepang diseluruh dunia, sudah banyak Negara juga melakukan perkembangbiakan semut Jepang untuk diambil manfaatnya, termasuk Indonesia. Cara pengembangbiakannya pun sangat gampang. Anda dapat melakukannya juga di rumah, cukup sediakan wadah (contoh: toples), diisi dengan kapas, tambahkan ragi sebagai makanannya, maka semut Jepang akan beranak pinak dengan cepat.

Kandungan Semut Jepang 

Bukanlah tanpa sebab mengapa sehingga semut Jepang khasiatnya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini beberapa kandungan penting yang dimiliki oleh semut Jepang:

1. Protein

Semut Jepang kaya dengan protein yang sangat berguna untuk tubuh. Protein tersebut berfungsi sebagai zat pembangun untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh dengan cara membantu meregenerasi sel-sel yang telah mati. Selain itu, protein dalam semut Jepang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai mikroba berbahaya yang dapat menjadi sumber penyakit.

2. Asam Amino

Zat penting selanjutnya yang terdapat dalam semut Jepang adalah asam amino. Zat ini sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan kanker dan tumor. Selain itu, asam amino juga dapat meningkatkan proses detoksifikasi amonia pada hati, memperbaiki sistem reproduksi, meningkatkan massa otot/berat badan, serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Asam Laktak dan Hialuronat

Semut Jepang mengandung dua asam penting sekaligus, yakni asam Laktat dan Hialuronat. Asam laktat dalam semut Jepang berfungsi untuk menjaga stamina tubuh sehingga tidak mudah terserang kelelahan. Sedangkan, kandungan Hialuronat dalam semut Jepang berfungsi menjaga kesehatan kulit sehingga tubuh selalu terlihat awet muda.

4. Enzim HMES

Salah satu jenis enzim yang ditemukan dalam semut Jepang adalah enzim HMES (Hepatic Microsomal Enzyme System). Zat ini sangat bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme, pencernaan, dan peredaran darah. Seluruh fungsi tubuh akan terbantu dengan adanya enzim ini.

Manfaat Semut Jepang

manfaat dari semut jepang

Di awal telah kita singgung sedikit manfaat terbesar dari semut Jepang. Nah, pada bagian ini akan kita urai lebih rinci lagi seperti apa proses pemanfaatan tersebut. Agar semut dapat berfungsi maksimal, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana cara mengkonsumsinya. Terdapat 2 cara yang umum digunakan sekarang ini ketika hendak mengkonsumsi semut Jepang. Cara pertama, semut Jepang dimasukkan ke dalam gelas, kemudian diisi air panas, dan air tersebut diminum selagi masih hangat. Cara kedua, semut Jepang dikonsumsi dengan bantuan kapsul. Semut dimasukkan ke dalam kapsul dan langsung dikonsumsi. Baiklah, berikut ini akan kita lihat apa saja manfaat dari semut Jepang:

Manfaat ke-1 Semut Jepang: Menjaga Kolesterol

kolesterol manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang pertama adalah dapat mengobati penyakit kolesterol tinggi. Meskipun tubuh memerlukan kolesterol, tapi akan sangat berbahaya jika kadarnya terlalu tinggi. Kandungan yang dimiliki oleh semut ini dipercaya berkhasiat untuk mengatur kolesterol dalam darah. Bagi Anda penderita kolesterol, penggunaan semut Jepang sebagai pengobatan bisa Anda coba. Caranya, ambil 5 ekor semut, gunakan salah satu cara mengkonsumsi semut jepang (air hangat atau kapsul), minum 2x sehari. Dosis ini dapat diturunkan menjadi 3 ekor semut jika dirasa kadar kolesterol sudah mendekati normal.

Manfaat ke-2 Semut Jepang: Meringankan Penyakit Jantung

penyakit jantung manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang kedua adalah ampuh meringankan penyakit jantung. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh terjadinya penyempitan pembuluh darah yang menuju jantung. Akibatnya, kinerja jantung menjadi terganggu karena tidak mendapat suplai darah yang cukup. Penggunaan semut Jepang layak Anda coba untuk mengatasi penyakit ini. Meskipun belum diteliti secara medis, namun sudah banyak pengalaman penderita yang membuktikannya. Cara mengolahnya pun cukup sederhana, minum ramuan semut Jepang 2x sehari, gunakan 5 ekor semut untuk sekali minum. Lakukan terus menerus sampai dirasa ada perubahan.

Manfaat ke-3 Semut Jepang: Mengobati Stroke

stroke manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang ketiga adalah ampuh mengobati penyakit stroke. Khasiat ini didapat dari kandungan zat gizi yang terdapat dalam semut Jepang. Stroke adalah sejenis penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak. Penyakit ini disebabkan oleh terganggunya suplai darah menuju otak. Pengobatan stroke menggunakan semut Jepang layak untuk Anda coba. Caranya, gunakan 7 ekor semut Jepang untuk membuat ramuan. Lakukan ini 2x sehari secara berturut-turut setiap hari sampai dirasa ada perubahan.

Manfaat ke-4 Semut Jepang: Menormalkan Tekanan Darah

tekanan darah manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang keempat adalah membantu menormalkan tekanan darah. Kandung enzim dalam semut tersebut sangat berkhasiat untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh.Terutama pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), semut Jepang ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat. Caranya, masukkan 5 ekor semut Jepang ke dalam gelas, kemudian tuangkan air panas. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

Manfaat ke-5 Semut Jepang: Terapi Pengapuran Tulang

pengapuran tulang manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang kelima adalah membantu mengobati penyakit pengapuran tulang. Penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut ini disebabkan oleh penurunan ketebalan tulang akibat terjadinya kerusakan pada tulang. Kandungan enzim dalam semut Jepang dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengobati penyakit ini. Caranya, sediakan 3 ekor semut ke dalam gelas yang diisi air panas untuk sekali minum. Lakukan ini 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

Manfaat ke-6 Semut Jepang: Mengobati Diabetes

diabetes manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang keenam adalah dapat mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk menyerap gula dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada organ pankreas yang dapat mengganggu produksi insulin. Meskipun tergolong penyakit berbahaya, namun Anda tidak perlu khawatir. Semut Jepang ternyata dapat mengatasi penyakit ini. Kandungan semut Jepang yang kaya akan enzim dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan diabetes. Caranya, gunakan 5 ekor semut Jepang untuk membuat ramuan sekali minum. Lakukan ini sebanyak 2x sehari selama satu bulan. Jika gulan darah Anda telah normal, dosis dapat dikurangi menjadi 3 ekor untuk 1x minum/hari untuk membantu menjaga kestabilan gula darah.

Manfaat ke-7 Semut Jepang: Mengobati Penyakit Liver

liver manfaat semut jepang

Manfaat dan khasiat semut Jepang yang ketujuh adalah untuk mengobati penyakit Liver. Penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi hati ini dapat disembuhkan menggunakan semut Jepang. Hal ini disebabkan oleh kandungan semut Jepang yang kaya dengan enzim bermanfaat. Untuk terapi pengobatan, teknik pengolahannya pun sangat mudah. Caranya, gunakan 5 ekor semut untuk membuat ramuan sekali minum. Lakukan ini sebanyak 2x sehari selama seminggu. Jika kondisi terasa membaik, dosis dapat dikurangi menjadi 3 ekor semut untuk diminum 1x sehari.

Manfaat ke-8 Semut Jepang: Mengatasi Asam Urat

asam urat manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang ke-8 adalah untuk mengatasi penyakit asam urat. Penyakit yang terjadi akibat peradangan pada sendi ini disebabkan oleh proses penumpukan kristal asam urat. Penderita akan mengalami pegal dan sakit yang luar biasa pada persendian. Hal ini tentu saja sangat tidak mengenakkan. Namun, Anda tenang saja, sudah banyak pengalaman yang membuktikan bahwa semut Jepang ternyata ampuh untuk mengatasi penyakit ini. Caranya cukup sederhana, minumlah ramuan semut Jepang 2x sehari. Gunakan 5 ekor semut untuk sekali minum. Lakukan proses ini selama seminggu berturut-turut. Jika dirasa membaik, terapi dapat terus dilanjutkan dengan mengurangi dosis menjadi 3 ekor semut (1x/hari) selama 2 bulan berturut-turut.

Manfaat ke-9 Semut Jepang: Mengobati Hernia

hernia manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang kesembilan adalah dapat mengobati penyakit hernia. Hernia adalah penyakit yang timbul akibat adanya organ tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot. Otot yang biasanya cukup kuat untuk menahan organ tubuh tiba-tiba saja melemah yang selanjutnya akan mengakibatkan hernia. Metode pengobatan alternatif menggunakan semut Jepang dapat menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengobati penyakit ini. Caranya sangat mudah, ambil 7 ekor semut untuk membuat ramuan sekali minum. Lakukan ini sebanyak 2x sehari pagi dan sore setiap hari sampai kondisi membaik.

Manfaat ke-10 Semut Jepang: Menjaga Vitalitas Tubuh

vitalitas tubuh manfaat semut jepang

Manfaat semut Jepang yang terakhir adalah untuk menjaga vitalitas tubuh. Tentu saja kita semua mendambakan tubuh yang sehat dan bugar setiap hari agar dapat beraktivitas dengan baik. Kondisi ini dapat tercapai jika daya tahan tubuh dapat terjaga sehingga tidak mudah terserang kelelahan pasca melakukan aktivitas. Apalagi, bagi Anda yang sering bekerja lembur, sangat rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Nah, untuk menjaganya Anda dapat menggunakan ramuan semut Jepang ini. Caranya, buatlah ramuan dengan 5 ekor semut yang diminum saat bangun pagi. Insyallah, dengan cara ini kondisi tubuh dapat terjaga.

Demikianlah uraian tentang 10 Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment