Learn Science With Ilmusiana

30 Orang Terkaya di Dunia 2016

loading...
Advertisement

loading...


Orang terkaya di dunia biasanya di ukur dari berapa jumlah kekayaan yang dimiliki oleh orang tersebut. Ada segelintir orang di dunia ini yang dianugerahi kekayaan dengan nominal yang luar biasa banyaknya. Sebelum jadi miliader, mereka hanyalah orang yang biasa-biasa saja, mereka juga tidak mewarisi kekayaan tersebut dari orang tua. Bahkan, beberapa dari orang-orang ini sebelumnya sangat miskin dan tidak mempunyai apa-apa. Namun, mereka berangkat dari titik nol kemudian terus berpacu untuk maju meraih sukses. Hasil kesuksesan tersebut terlihat dari nilai kekayaan yang mencapai hingga ratusan trilyun rupiah. Ide-ide brilian yang mereka miliki menghantarkan mereka menduduki posisi sebagai orang paling kaya di dunia. Tentu saja semua itu dipadukan dengan semangat kerja keras dan kepiawaian mereka dalam menekuni bidang bisnis.

Di tahun 2016 ini, telah dirilis kembali oleh Forbes tentang siapa-siapa saja yang menduduki posisi tertinggi sebagai orang terkaya di dunia. Forbes sendiri adalah sebuah majalah bisnis dari Amerika Serikat yang setiap tahunnya mendata orang-orang yang memiliki nilai kekayaan tertinggi di dunia. Majalah ini telah membuka cabang dihampir semua negara, termasuk Indonesia yang pertamakali diterbitkan pada November 2010 lalu oleh PT Wahana Mediatama. Total kekayaan bersih dalam daftar yang mereka susun didasarkan pada kepemilikan aset dan utang orang-orang kaya ini dalam dolar Amerika Serikat.

30 Orang Terkaya di Dunia

Kami telah mengambil 30 orang dalam daftar orang terkaya di dunia yang disusun oleh majalah Forbes tersebut. Dalam daftar tersebut, terlihat bisnis di bidang teknologi informasi masih tetap mendominasi. Terjadi pergantian posisi yang mengejutkan, yakni Bill Gates yang selama ini bertengger di posisi tertinggi turun peringkat ke urutan 2 digantikan oleh Carlos Slim Helo, seorang pengusaha telekomunikasi asal Spanyol. Nah, berikut ini adalah daftar lengkap 30 orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes:

Terkaya ke-30 di Dunia: Carl Icahn (US$ 23,1 Miliar)

Orang terkaya di dunia urutan ke-30 diduduki oleh Carl Icahn seorang pengusaha saham Wall Street asal Amerika Serikat. Kekayaan pria yang juga dikenal sebagai pemilik saham terbesar PT Freeport ini ditaksir memiliki nilai US$ 23,1 miliar (Rp. 292,8 Triliun). Bermain saham sepertinya sudah menjadi hobi bagi Carl Icahn, dia sering membeli saham perusahaan-perusahaan besar. Tercatat, perusahaan sekelas Apple Inc, Netflix, dan Freeport sahamnya berhasil dibeli olehnya. Selain kaya, pria ini juga terkenal sangat dermawan, beliau banyak memberikan bantuan kepada masyarakat banyak. Salah satunya adalah Icahn Stadium di Kota New York merupakan hasil pembagian darinya. Donasinya juga bergerak dibidang pemberian bantuan program beasiswa.

carl icahn orang terkaya di dunia 

Terkaya ke-29 di Dunia: Stefan Persson (US$ 23,9 Miliar)

Stefan Persson orang terkaya di dunia
Orang terkaya di dunia urutan ke-29 dipegang oleh Stefan Persson, seorang pria berkebangsaan Swedia. Untuk tahun 2016 ini, Persson mencatatkan kekayaan bersih sebesar US$ 23,9 Miliar (Rp. 331,6 Triliun). Bisnisnya menyasar di bidang fashion lewat perusahaan miliknya yang bernama Hennes & Mauritz (H & M). Perusahaan tersebut saat ini merajai bisnis ritel pakaian kawasan Eropa.

Terkaya ke-28 di Dunia: Lee Shau Kee (US$ 24,1 Miliar)

Lee Shau Kee orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-28 dipegang oleh Lee Shau Kee. Berdasarkan data yang dirilis oleh Forbes, pria asal Hongkong ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 24,1 Miliar (Rp. 334,4 Triliun). Lewat perusahaan Henderson Land Development Company, beliau menguasai sebagian besar pasar real estate Hongkong. Selain itu, beliau terus mengembangkan sayap bisnis dengan masuk ke berbagai bidang usaha, seperti: investasi, perbelanjaan, perhotelan, dan perbankkan.

Terkaya ke-27 di Dunia: George Soros (US$ 24,2 Miliar)

George Soros orang terkaya di dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-27 jatuh pada George Soros. Dalam data yang dirilis oleh Majalah Forbes tahun 2016, pria asal Amerika Serikat ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 24,2 Miliar (Rp. 335,8 Triliun). Pria keturunan Yahudi ini merupakan menggerakkan roda bisnisnya di bidang keuangan dan penanaman modal saham. Perusahaan miliknya pun tersebar di hampir setiap negara, termasuk Indonesia, yakni di Aceh dan Sorong.

Terkaya ke-26 di Dunia: Jorge Paulo Lemann (US$ 24,3 Miliar)

Jorge Paulo Lemann orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-26 jatuh kepada Jorge Paulo Lemann. Menurut Forbes, pengusaha asal Brazil ini mencatatkan kekayaan bersih sebesar US$ 24,3 Miliar (Rp. 337,2 Triliun) di tahun 2016 ini. Usahanya dibidang perbankkan dan bir telah membuat pundi-pundi kekayaannya terus meningkat, hingga menghantarkan dirinya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Terkaya ke-25 di Dunia: John Mars (US$ 25,8 Miliar) 

John Mars orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-25 jatuh kepada John Mars, seorang pengusaha permen asal Amerika Serikat. Untuk tahun 2016 ini, total kekayaan bersih yang dimilikinya sebesar US$ 25,8 Miliar (Rp. 358 Triliun).

Terkaya ke-24 di Dunia: Jacqueline Mars (US$ 25,8 Miliar)

Jacqueline Mars orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-24 posisinya dipegang oleh Jacqueline Mars, seorang wanita yang masih saudara kandung dengan John Mars. Nilai kekayaannya pun sama, yakni US$ 25,8 Miliar (Rp. 358 Triliun).

Terkaya ke-23 di Dunia: Forrest Mars, Jr (US$ 25,8 Miliar)

Forrest Mars, Jr orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-23 diduduki oleh Forrest Mars, Jr, saudara kandung dari dua nama yang disebutkan sebelumnya (John Mars dan Jacqueline Mars). Jumlah kekayaannya ditaksir senilai US$ 25,8 Miliar (Rp. 358 Trilyun). Sama seperti saudaranya yang lain, kekayaannya berasal dari bisnis permen yang sekian lama digeluti keluarga mereka.

Terkaya ke-22 di Dunia: David Thomson (US$ 26,1 Miliar)

David Thomson orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-22 dipegang oleh David Thomson, pengusaha asal Kanada. Dirilis majalah Forbes, pemimpin perusahaan Thomson Corporation ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 26,1 Milyar (Rp. 362,1 Triliun) untuk tahun 2016.

Terkaya 21 di Dunia: Li Ka-shing (US$ 26,6 Miliar)

Li Ka-shing orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia posisi ke 21 ditempati oleh Li Ka-shing, pengusaha sukses asal Hongkong. Pria yang memulai usahanya dibidang industri plastik dan mainan ini, ditaksir memiliki total kekayaan bersih senilai US$ 26,6 Miliar (Rp. 369.3 Triliun). Oleh majalah Forbes, Li Ka-shing dinobatkan pula sebagai orang terkaya di Asia Timur. 

Terkaya ke-20 di Dunia: Sheldon Adelson (US$ 28,9 Miliar)

Sheldon Adelson orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia posisi ke-20 diduduki oleh Sheldon Adelson, pengusaha asal Amerika Serikat. Pria yang bergerak disektor bisnis pengembangan properti ini memiliki perusahaan yang berbasis di Las Vegas, Nevada. Menurut perhitungan Majalah Forbes, kekayaannya ditaksir senilai US$ 28,9 Miliar (Rp. 401,3 Triliun).

Terkaya ke-19 di Dunia: Larry Page (US$ 29,2 Miliar)

Larry Page orang terkaya dunia
Orang terkaya di dunia urutan ke-19 jatuh kepada Larry Page, pria asal Amerika Serikat yang bersama-sama dengan Sergey Brin pemilik raksasa mesin pencari Google. Berdasarkan perhitungan Forbes, Larry Page di tahun 2016 ini, ditaksir memiliki kekayaan bersih senilai US$ 29,2 Miliar (Rp. 405,4 Triliun).

Terkaya ke-18 di Dunia: Wang Jianlin (US$ 32,7 Miliar) 

Wang Jianlin orang terkaya di dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-18 jatuh pada Wang Jianlin. Beliau adalah seorang pebisnis dari China. Berdasarkan daftar orang terkaya yang dirilis oleh Majalah Forbes 2016, nilai kekayaan bersih yang ia miliki sebanyak US$ 32,7 Miliar (Rp. 453,7 Triliun). Pria yang bergerak disektor bisnis real estate dan properti ini juga mencatatkan diri sebagai orang paling kaya di China. Jumlah kekayaannya melonjak tinggi setelah nilai saham perusahaannya yang tergabung dalam Wanda Group meningkat diperdagangan saham.

Terkaya ke-17 di Dunia: Samuel Robson Walton (US$ 34 Miliar)

Samuel Robson Walton orang terkaya dunia

Urutan ke-17 sebagai orang terkaya di dunia jatuh kepada Samuel Robson Walton, pengusaha kelahiran Amerika Serikat. Pria yang mewarisi Wall-Mart dari ayahnya ini ditaksir memiliki kekayaan bersih senilai US$ 34 miliar (Rp. 472,1 Triliun). Kepiawaiannya dalam berbisnis berhasil meningkatkan usaha perbelanjaan yang ditinggalkan oleh ayahnya tersebut. Dengan strategi jitu, Wall-Mart berhasil lolos pada krisis yang melanda dunia 2008 lalu. Kini, Wall-Mart tersebar dilebih dari 30 negara di dunia dengan ratusan ribu karyawan, beromzet ratusan miliar dollar Amerika.

Terkaya ke-16 di Dunia: Sergey Brin (US$ 34,3 Miliar)

Sergey Brin orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-16 dipegang oleh Sergey Brin, pria kelahiran Rusia yang terkenal lewat mesin pencari Google Inc yang ia kembangkan bersama rekannya Larry Page. Di tahun 2016 ini, Majalah Forbes menaksir total kekayaan bersih Brin mencapai US$ 34,3 Miliar (Rp. 476,2 Triliun), melampaui rekannya tersebut. Pria berlatarbelakang ilmu komputer dan matematika ini berhasil mengantarkan Google sebagai mesin pencari paling terkemuka di dunia. Diprediksi kekayaannya akan terus meningkat seiring dengan trend positif yang ditunjukkan oleh Google Inc.

Terkaya ke-15 di Dunia: Alice Walton (US$ 34,4 Miliar)

Alice Walton orang terkaya dunia

Dalam daftar orang terkaya di dunia, urutan ke-15 diduduki oleh Alice Walton, seorang wanita kelahiran Amerika Serikat. Menurut Majalah Forbes, pengusaha ritel terbesar di dunia ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 34,4 miliar (Rp. 477,6 Triliun). Meskipun sukses di dunia bisnis, ternyata kehidupan asmara wanita miliader ini tidak berjalan mulus, terbukti 2 kali pernikahannya berakhir perceraian.

Terkaya ke-14 di Dunia: Mark Zuckerberg (US$ 35,7 Miliar)

Mark Zuckerberg orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia pada posisi ke-14 diduduki oleh Mark Zuckerberg, pria kelahiran Amerika Serikat. Semua orang mengenalnya sebagai pendiri sekaligus pemilik media sosial terbesar saat ini, Facebook. Dirinya pun tak pernah menyangka, situs pertemanan yang ia buat pada 2004 lalu itu ternyata mengantarkannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Luar biasanya, semua ini dicapai dalam usia yang masih sangat muda. Majalah Forbes menaksir total kekayaan bersih Mark Zuckerberg sebesar US$ 35,7 Miliar (Rp. 495,7 Triliun).

Terkaya ke-13 di Dunia: Jim Walton (US$ 36,1 Miliar)

Jim Walton orang terkaya di dunia

Di urutan ke-13 sebagai orang terkaya di dunia diduduki oleh Jim Walton, pria kelahiran Amerika Serikat, anak termuda Sam Walton, pendiri Wal-Mart. Total kekayaan bersih yang dimiliki Jim Walton tahun 2016 ini ditaksir senilai US$ 36,1 miliar (Rp. 501,2 Triliun). Kekayaan terbesarnya berasal dari kepemilikan saham di ritel warisan orang tuanya tersebut. Saat ini, ia menjabat sebagai Chairman di Bank Arvest, Amerika Serikat.

Terkaya ke-12 di Dunia: Christy Walton (US$ 36,8 Miliar)

Christy Walton orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-12 dipegang oleh Christy Walton, perempuan Amerika Serikat, salah seorang keluarga Walton pewaris ritel Wal-Mart. Berdasarkan data yang dirilis oleh Majalah Forbes, total kekayaan bersih miliknya senilai US$ 36,8 miliar (Rp. 511 Triliun). Kekayaan itu berasal dari kepemilikan saham pada ritel Wal-Mart tersebut.

Terkaya ke-11  di Dunia: Michael Bloomberg (US$ 37,2 Miliar)

Michael Bloomberg orang terkaya dunia

Urutan ke-11 sebagai orang terkaya di dunia diisi oleh Michael Bloomberg, seorang pengusaha kelahiran Amerika Serikat. Mantan wali kota New York City ini (2002 - 2014) ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 37,2 miliar (Rp. 516,5 Triliun). Sebelum memulai bisnisnya, pendiri Bloomberg L.P tercatat pernah menjadi salah seorang karyawan dari Salomon Brothers. Disanalah ia banyak belajar tentang dunia usaha. Saat ini ia memimpin Pasar Keuangan Bloomberg yang pelanggannya sudah tersebar di seluruh dunia.

Terkaya ke-10 di Dunia: Bernard Arnault (US$ 38 Miliar)

Bernard Arnault orang terkaya di dunia

Di posisi 10 sebagai orang terkaya di dunia dipegang oleh Bernard Arnault, pengusaha kelahiran Perancis 66 tahun yang lalu. Menurut majalah Forbes, CEO sekaligus pemegang saham mayoritas perusahaan fashion Moet Hennessy ini ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 38 miliar (Rp. 527,6 Triliun).

Terkaya ke-9 di Dunia: Liliane Bettencourt (US$ 40,9 Miliar)

Liliane Bettencourt orang terkaya di dunia

Urutan ke-9 sebagai orang terkaya di dunia dipegang oleh seorang wanita kelahiran Perancis, Liliane Bettencourt. Menurut Majalah Forbes, total kekayaan bersih yang dimiliki Liliane Bettencourt tahun 2016 ini sebesar US$ 40,9 miliar (Rp. 567,9 Triliun). Kekayaannya itu sebagian besar berasal dari bisnis kosmetik dan kecantikan yang dijalankannya lewat perusahaannya yang bernama L'Oreal.

Terkaya ke-8 di Dunia: David Koch (US$ 44,3 Miliar)

David Koch orang terkaya di dunia

Urutan ke-8 sebagai orang terkaya di dunia dipegang oleh David Koch, miliader kelahiran Amerika Serikat. Bersama-sama dengan saudaranya, Charles Koch membangun Koch Industries yang sudah tersebar jaringannya di seluruh dunia. Bisnisnya menyasar berbagai bidang usaha, seperti; minyak, mineral, investasi, manufaktur, dan perdagangan komoditas. Forbes memperkirakan, total kekayaan bersih yang dimiliki David Koch sebesar US$ 44,3 miliar (Rp. 615,1 Triliun).

Terkaya ke-7 di Dunia: Charles Koch (US$ 44,3 Miliar)

Charles Koch orang terkaya di dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-7 diduduki oleh Charles Koch (saudara kandung David Koch). Bersama-sama dengan saudaranya tersebut, bahu membahu memimpin Koch Industries. Perusahaan itu sendiri telah mempekerjakan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia. Nilai kekayaannya ditaksir berada pada angka US$ 44,3 miliar (Rp. 615,1 Triliun).

Terkaya ke-6 di Dunia: Jeff Bezos (US$ 46,7 Miliar)

Jeff Bezos orang terkaya di dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-7 diduduki oleh Jeff Bezos, pria kelahiran Amerika Serikat. Jeff Bezos dikenal sebagai pendiri dan pemilik dari situs belanja online terbesar saat ini, Amazon.com. Berdasarkan data yang dirilis Majalah Forbes, kekayaan bersih Bezos pada tahun 2016 ini senilai US$ 46,7 miliar (Rp. 648,4 Triliun). Perkembangan trend belanja online yang semakin meningkat memberikan kontribusi  terbesar terhadap peningkatan kekayaannya.

Terkaya ke-5 di Dunia: Larry Ellison (US$ 49,3 Miliar)

Larry Ellison orang terkaya di dunia

Posisi ke-5 sebagai orang terkaya di dunia dipegang oleh Larry Ellison, pengusaha kelahiran Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai pendiri sekaligus pemilik dari Oracle Corporation, sebuah perusahaan di bidang perangkat lunak. Menurut Majalah Forbes, total kekayaannya untuk tahun 2016 ini ditaksir senilai US$ 49,3 miliar (Rp. 684,5 Triliun). Sebelum terjun ke dunia bisnis, ia tercatat pernah menjadi karyawan untuk perusahaan Ampex.

Terkaya ke-4 di Dunia: Warren Buffett (US$ 66,7 Miliar)

Warren Buffett orang terkaya dunia

Urutan orang terkaya di dunia posisi ke-4 dipegang oleh pengusaha asal Amerika Serikat, Warren Buffet. Ia terkenal sangat cerdik dalam berinvestasi lewat perusahaannya Berkshire Hathaway. Menurut majalah Forbes, Warren memiliki total kekayaan bersih sebesar US$ 66,7 miliar (Rp. 926 Triliun).

Terkaya ke-3 di Dunia: Amancio Ortega (US$ 70,7 Miliar)

Amancio Ortega orang terkaya dunia

Orang terkaya di dunia urutan ke-3 dipegang oleh seorang pengusaha keturunan Spanyol, Amancio Ortega. Usahanya yang bergerak di bidang pertokoan aksesoris dan ritel pakaian berhasil menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya dunia. Pemilik Zara ini ditaksir memiliki nilai kekayaan senilai US$ 70,7 miliar (Rp. 981,7 Triliun).

Terkaya ke-2 di Dunia: Carlos Slim Helu (US$ 72,9 Miliar)

Carlos Slim Helu orang terkaya di dunia

Posisi ke-2 sebagai orang terkaya di dunia diduduki oleh pengusaha asal Mexico, Carlos Slim Helu. Usahanya menyasar bidang telekomunikasi melalui 2 perusahaannya yang terkenal (Telefonos de Mexico dan America Movil), berhasil menjadikannya sebagai salah seorang terkaya di dunia. Menurut Majalah Forbes, total kekayaan bersih Carlos pada tahun 2016 ini ditaksir senilai US$ 72,9 miliar (Rp. 1.012,2 Triliun).

Terkaya ke-1 di Dunia: Bill Gates (US$ 79,2 Miliar)

Bill Gates orang terkaya di dunia

Akhirnya, sampailah kita pada orang terkaya di antara semua yang telah kita sebut sebelumnya di atas. Siapakah dia? Posisi ini dipegang oleh Bill Gates, pria kelahiran Amerika Serikat, pendiri sekaligus pemilik Microsoft, perusahan perangkat lunak yang terkenal lewat sistem operasi Windows. Menurut majalah Forbes, untuk tahun 2016 ini, total kekayaan bersih Bill Gates berada pada angka US$ 79,2 miliar (Rp. 1099,7 Triliun). Meskipun kaya, Bill Gates terkenal sangat dermawan, terbukti hampir seluruh kekayaannya disumbangkan pada yayasan amal yang ia kelola bersama istrinya.

Demikianlah uraian tentang 30 Orang Terkaya di Dunia 2016, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. Luar biasa!!
    Artikelnya sangat bermanfaat karena membuat saya termotivasi. Apalagi kalo liat no.14 (Mark ZB) sosok anak muda sukses dan dermawan.
    Thanks buat infonya!
    Salam kenal by Nurwanti

    ReplyDelete
  2. Salm balik mba, semoga mereka bisa jadi inspirasi tuk sukses...

    ReplyDelete
  3. motivasi kuat untuk menjadi sukses seperti mereka....amin

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. wkkwkwkw gila lu, lu kira pengahasilan pewdipie sepadan dengan mereka :v multi millionaire coy

      Delete