Learn Science With Ilmusiana

10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

loading...
Advertisement

loading...


Susu kedelai ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut didapat dari kandungan susu kedelai yang kaya dengan berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Minuman yang berasal dari ekstrak kedelai ini sangat kaya dengan protein nabati yang bermutu tinggi. Susu kedelai sangat cocok dijadikan sebagai minuman suplemen (tambahan) untuk menjaga tubuh tetapi fit agar tidak mudah terserang penyakit. Bahkan, beberapa penyakit berat seperti jantung, kanker, lever, dan lain-lain, dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai. Minuman ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh para ibu hamil karena kandungan gizi dan energi yang sangat baik bagi ibu dan bayi yang sedang dikandungnya. 

Nah, pada kesempatan ini kami akan mengajak Anda untuk melihat apa saja manfaat yang didapat dengan mengonsumsi susu kedelai. Namun, sebelum itu, mari kita berkenalan lebih dekat dengan salah satu minuman kesehatan ini, selamat membaca.

Apa itu Susu Kedelai?

Dari penampakannya, susu kedelai merupakan cairan berwarna putih yang dibuat dari sari buah kedelai yang telah distabilkan sehingga antara air dan padatan tetap berada dalam bentuk suspensi.. Jika Anda sering mengonsumsi susu sapi, komposisinya sangat mirip dengan itu. Berdasarkan catatan sejarah, minuman ini pertama kali ditemukan di negeri tirai bambu, Cina sejak abad ke-2 sebelum masehi (SM). Dari sini, susu kedelai terus menyebar ke seluruh dunia termasuk ke Asia Tenggara pada masa perang dunia II. Setelah dibawa oleh Jepang, minuman ini pun masuk ke Indonesia. Pada tahun 1957, di Yogyakarta pernah didirikan pabrik susu kedelai dengan kapasitas produksi cukup besar yakni 2 ton susu kedelai per hari. Namun, sejak tahun 1966 pabrik ini dihentikan karena tidak menentunya produksi kedelai dalam negeri. Kini, susu kedelai lebih banyak diproduksi pada skala rumah tangga untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan Susu Kedelai

Susu kedelai ini memiliki kandungan gizi yang sangat mirip dengan susu sapi. Bahkan, kualitas protein yang dimiliki keduanya hampir setara. Hal ini bisa dilihat dari nilai Protein Efisiensi Rasio yang dimiliki oleh susu kedelai dan susu sapi. Nilai PER susu kedelai adalah 2,3 dan PER susu sapi adalah 2,5. Nilai ini menunjukkan bahwa setiap 1 gram protein yang dikonsumsi dari susu kedelai akan menyebabkan kenaikan berat badan sebesar 2,3 gram. Istimewanya, susu kedelai bebas dari kolesterol dan tidak menyebabkan alergi bagi balita atau orang tertentu yang tubuhnya tidak dapat memproduksi enzim laktase. 

Selain protein, susu kedelai juga sangat kaya dengan vitamin, lemak, dan mineral yang sangat baik. Selengkapnya dapat Anda lihat dalam tabel berikut ini yang menunjukkan semua kandungan yang terdapat dalam susu kedelai:
kandungan susu kedelai
Kandungan susu kedelai per 100 gram bahan

Manfaat Susu Kedelai

manfaat susu kedelai

Dari semua kandungan yang dimiliki oleh susu kedelai, maka wajar jika susu ini mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi yang rutin mengonsumsinya. Tidak salah jika susu kedelai ini layak dijadikan minuman alternatif untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Seperti yang telah kami kemukakan diawal, penyakit-penyakit berat dapat dicegah menggunakan susu kedelai ini. Nah, berikut ini beberapa diantaranya:

Manfaat ke-1 Susu Kedelai: Mencegah Diabetes

diabetes manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah ampuh mencegah timbulnya penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang timbul akibat ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh kerusakan pada organ pankreas yang sehari-hari bertugas untuk melepas hormon insulin agar terjadi pengangkutan darah ke otot dan jaringan lain diseluruh tubuh. Nah, salah satu cara untuk mengurangi resiko penyakit diabetes adalah dengan mengonsumsi susu kedelai. Kandungan protein nabati yang terdapat didalamnya sangat mudah dicerna oleh ginjal penderita diabetes. Kandungan vitamin D dan magnesium dalam susu kedelai ampuh menghambat perkembangan diabetes tipe 2. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang kekurangan dua zat penting ini sangat rentan terkena diabetes tipe 2.

Manfaat ke-2 Susu Kedelai: Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

penyakit jantung manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang kedua adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung masih menempati posisi pertama sebagai penyebab kematian di dunia. Gangguan jantung biasanya timbul akibat terjadinya gangguan aliran darah menuju jantung. Gangguan ini disebabkan oleh adanya penyumbatan saluran darah karena penumpukan lemak atau kolesterol disekitar pembuluh. Timbunan kolesterol jahat (LDL) tersebut dapat dikurangi dengan mengunsumsi susu kedelai yang memiliki kandungan lesitin tinggi. Di saat bersamaan, zat ini juga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga sangat membantu melindungi kesehatan jantung. Susu kedelai juga sangat cocok diminum bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Jadi, meskipun diet kebutuhan nutrisi tubuh tetap terjaga.

Manfaat ke-3 Susu Kedelai: Mengontrol Tekanan Darah

tekanan darah manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang ketiga adalah dapat membantu kestabilan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kondisi ini dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, tingkat kestabilan tekanan darah dalam tubuh sangat penting untuk dijaga. Nah, salah satu cara untuk melakukan itu adalah dengan mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai kaya dengan kandungan magnesium yang mampu mengatur tekanan darah seseorang. Magnesium juga mampu menghambat pelepasan tromboksan berlebih dalam darah. Tromboksan merupakan zat yang membuat keping darah (trombosit) menjadi lengket dan membentuk gumpalan yang menyebabkan naiknya tekanan darah.

Manfaat ke-4 Susu Kedelai: Mencegah Penyakit Stroke

stroke manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang keempat adalah mencegah terjadinya penyakit stroke. Penyakit yang timbul akibat kerusakan pada organ otak ini biasanya disebabkan oleh terputusnya aliran darah menuju otak akibat pembuluh darah yang pecah. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka kerusakan tersebut dapat menyebar dan menyerang seluruh otak. Stroke saat ini menduduki peringkat ketiga sebagai penyakit paling berbahaya di dunia. Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai ampuh mencegah timbulnya penyakit ini. Susu kedelai yang kaya dengan zat isoflavon, lesitin, dan vitamin E sangat membantu mengurangi resiko terkena penyakit stroke.

Manfaat ke-5 Susu Kedelai: Mencegah Osteoporosis

osteoporosis manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang kelima adalah menguatkan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Istilah osteoporosis belakangan ini ramai dibincangkan berbagai kalangan, khususnya wanita. Osteoporosis atau kondisi kelemahan dan kerapuhan tulang secara perlahan-lahan yang terjadi akibat kekurangan kalsium. Karena penyakit ini berkembang secara perlahan-lahan, orang seringkali tidak menyadari mereka terkena osteoporosis setelah pertengahan umur. Wanita penderita osteoporosis dapat mengalami kerapuhan tulang yang disebabkan oleh menurunnya produksi hormon estrogen. Karena salah satu fungsi hormon tersebut adalah membantu penyerapan kalsium.

Nah, susu kedelai dapat membantu mengatasi kondisi ini. Susu kedelai banyak mengandung zat fitoestrogen, yaitu zat yang dapat berfungsi sebagai pengganti hormon estrogen. Jadi dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur akan mencegah terjadinya osteoporosis. Mengkonsumsi susu kedelai membantu mencegah kehilangan tulang dan membentuk tulang setelah menopause.

Manfaat ke-6 Susu Kedelai: Mengurangi Kolesterol Jahat (LDL)

kolesterol manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang keenam adalah dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat sangat berbahaya jika tidak diatasi dengan cepat karena zat inilah yang menimbulkan penumpukan plak kolesterol di dinding arteri. Plak tersebut dalam jangka panjang dapat menebal dan mengakibatkan terjadinya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah. Kasus pecahnya pembuluh darah sebagian besar disebabkan oleh penumpukan kolesterol ini. Nah, susu kedelai yang kaya dengan lesitin mampu menghalau kolesterol jahat. Zat ini akan melarutkan plak kolesterol dalam pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan.

Manfaat ke-7 Susu Kedelai: Mengobati Penyakit Maag

maag manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang ketujuh adalah mengobati penyakit maag. Penyakit maag (gastritis) adalah peradangan pada permukaan mukosa lambung. Peradangan ini muncul akibat terjadinya infeksi pada lambung. Permukaan lambung memiliki lapisan yang tahan dengan tingkat asam tinggi. Apabila terjadi peradangan, lapisan ini menjadi rusak dan menimbulkan gejala maag. Penyakit maag tidak bisa dianggap sepele, beberapa kondisi menunjukkan bahwa penyakit ini dapat menjadi pemicu terjadinya kanker lambung. Nah, cara alami untuk mengatasinya adalah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai mengandung isoflavon tinggi yang berfungsi untuk mengurangi gejala maag dan memperbaiki lapisan lambung yang mengalami iritasi sehingga fungsi lambung membaik dan sistem imun pada lambung meningkat.

Manfaat ke-8 Susu Kedelai: Menghambat Kanker

kanker manfaat semut jepang

Manfaat susu kedelai yang kedelapan adalah ampuh menghambat pertumbuhan kanker. Kanker adalah pertumbuhan yang tidak normal pada sel-sel sehingga menyebabkan rusaknya jaringan tubuh. Beberapa faktor dapat menjadi sebab terjadinya kondisi ini, salah satunya adalah sel yang terkontaminasi dengan radikal bebas. Oleh sebab itu, radikal-radikal berbahaya ini sangat penting untuk dilawan. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan susu kedelai. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai terbukti mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.

Manfaat ke-9 Susu Kedelai: Mencegah Penuaan Dini

penuaan dini manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang kesembilan adalah dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini merupakan proses penuaan kulit yang terjadi lebih cepat dari seharusnya. Kerutan yang muncul dipermukaan kulit menjadi tanda-tanda awal terjadinya penuaan dini. Kerutan ini dapat terjadi meskipun usia masih relatif muda, bahkan pada usia 20-an. Untuk menangkal terjadinya penuaan dini diperlukan antioksidan yang berasal dari vitamin E, C dan A yang bersumber dari makanan atau minuman, seperti susu kedelai yang kaya dengan semua kandungan zat tersebut.

Manfaat ke-10 Susu Kedelai: Mengobati Diare

diare manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai yang terakhir adalah ampuh mengobati diare. Diare merupakan penyakit yang timbul akibat serangan bakteri jahat yang menyebabkan tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair. Jika Anda mengalami BAB lebih dari 5 kali sehari bisa saja itu adalah pertanda diare. Jika kondisi ini terus berlanjut akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Susu kedelai dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini. Susu kedelai sangat kaya dengan zat bermanfaat yang cocok untuk pencernaan dan mengeluarkan bakteri jahat penyebab diare.

Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang 10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.  

0 komentar:

Post a Comment