Learn Science With Ilmusiana

40 Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan

loading...
Advertisement

loading...


Manfaat daun sirsak tidak diragukan lagi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat tersebut didapat dari khasiat dalam daun sirsak yang kaya akan zat gizi dan obat. Tanaman yang buahnya enak dimakan ini dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatan untuk mencapai kesembuhan. Telah banyak pengalaman penderita penyakit yang membuktikan bagaimana khasiat ampuh yang dimiliki oleh daun sirsak tersebut. Sebagian besar dari mereka berasal dari pasien-pasien medis yang telah lama berobat tetapi tak kunjung mendapatkan kesembuhan. Mereka kemudian beralih untuk menggunakan pengobatan alternatif memakai daun sirsak. Secara tak terduga kondisi kesehatan mereka semakin membaik. Dengan segudang manfaat ini, maka wajar jika daun sirsak menjadi favorit untuk pengobatan.

Mengenal Daun Sirsak

Daun sirsak berasal dari tanaman sirsak yang termasuk tanaman tahunan yang dapat tumbuh dan berbuah sepanjang tahun. Tanaman ini diduga berasal dari Amerika Tengah yang beriklim tropis yang kemudian menyebar hampir ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini terbukti dari tanaman sirsak yang mempunyai beraneka nama lokal, misalnya durio ulondro (Nias), durian batawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung), sirikaya belanda (Makassar), wakano (Nusa Laut), naka (Flores), nangka sabrang (Jawa), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureyan belanda (Aceh). Tanaman ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 800 mdpl.

Umumnya, tanaman sirsak dapat tumbuh hingga ketinggian 3-10 meter. Buah sirsak berwarna hijau hingga hijau kehitaman dan memiliki duri lunak. Daun-daunnya tumbuh rimbun dengan struktur tebal, agak kaku, dan bentuk memanjang, seperti lanset atau bulat telur sungsang. Bagian atas daun berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau muda. Aroma yang ditimbulkan daunnya kadang-kadang menimbulkan bau yang kurang sedap. Daun sirsak adalah bagian dari tumbuhan sirsak yang digunakan sebagai obat.

Kandungan Daun Sirsak

Manfaat terbesar daun sirsak dihasilkan oleh kandungannya yang kaya akan zat gizi dan obat, seperti; karbohidrat, kalsium, kalsium oksalat, fosfor, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, fitosterol, dan alkaloid murisine. Daun sirsak mengandung senyawa aktif acetogenins bersifat antitumor. Daun itu juga mengandung senyawa murisolin yang bersifat sitotoksik (racun) pada sel tumor. Sudah banyak penelitian, baik dalam maupun luar negeri yang membuktikan sifat penyembuh kanker pada daun sirsak. Beberapa di antaranya sebagai berikut:
  • Tahun 1990, penelitian tentang kandungan daun sirsak pernah dilakukan oleh beberapa ahli dari USA. Hasilnya, daun sirsak diketahui mengandung senyawa annonaceous acetogenin. Senyawa ini berfungsi untuk membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel normal tubuh lainnya.
  • Tahun 1988, Sismindari melakukan studi tentang daun sirsak yang diterbitkan pada Majalah Farmasi Indonesia. Hasilnya, daun sirsak mengandung ribosome inactivating protein (RIP), yakni sejenis immuno toksin yang dapat dipakai sebagai terapi kanker. 
  • Tahun 2010, tim AgrEvo Research Center Amerika Serikat melakukan penelitian tentang daun sirsak. Hasilnya, daun sirsak 10.000 kali lebih kuat untuk membunuh sel kanker dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi.
  • Tahun 2012, Eka Prasasti Nur Rachmani pernah meneliti kandungan daun sirsak yang diterbitkan oleh International Journal of Applied Science and Technology, hasilnya daun sirsak terbukti dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker dengan cara mematikan sel kanker tersebut.

Manfaat Daun Sirsak 

Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan

Setelah mengenal dan mengetahui kandungan dari daun sirsak tentunya akan membuat kita yakin tentang manfaat dari daun sirsak yang dapat mengobati berbagai macam penyakit berat. Nah, berikut ini akan kami uraikan lebih terperinci lagi mengenai manfaat tersebut. Sekurang-kurangnya, ada sekitar 40 penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan daun ini. Berikut ini uraiannya:

Manfaat ke-1 Daun Sirsak: Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah dapat mengobati penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang timbul akibat dari sel-sel jaringan tubuh yang tumbuh secara tidak normal. Penyakit ini dapat menggerogoti seluruh tubuh hingga menyebabkan kematian. Ternyata, kandungan Acetogenin yang terdapat dalam daun sirsak dapat mengobati penyakit ini. Zat tersebut akan menyerang sel-sel kanker dan menghancurkannya. Berbeda dengan kemoterapi, proses ini terjadi tanpa mengganggu sel-sel normal dalam tubuh. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirsak yang direbus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan 1 gelas air. Minumlah setiap pagi secara kontinyu selama sebulan penuh. Insyaallah, sel kanker akan hancur berkat rebusan daun sirsak ini.

Manfaat ke-2 Daun Sirsak: Obat Rematik

Manfaat daun sirsak yang kedua adalah sebagai obat rematik. Rematik merupakan penyakit yang timbul akibat peradangan dan pembengkakan pada otot atau persendian sehingga menimbulkan sakit yang luar biasa pada penderitanya. Penyakit ini sering menyerang para lansia, namun kadang-kadang ditemukan juga pada orang berusia muda. Untuk mengobatinya, kita dapat menggunakan rebusan daun sirsak. Caranya, rebuslah 20 lembar daun sirsak menggunakan 5 gelas air sampai menyisakan 3 gelas air. Minumlah setiap pagi secara kontinyu sampai terasa ada perubahan.

Manfaat ke-3 Daun Sirsak: Obat Asam Urat

Manfaat daun sirsak yang ketiga adalah sebagai obat asam urat. Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian hingga mengakibatkan peradangan yang disertai dengan sakit atau nyeri. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan rebusan daun sirsak. Senyawa bermanfaat yang terkandung dalam daun sirsak terbukti ampuh untuk menghancurkan penumpukan kristal asam urat dan mengobati peradangan pada persendian. Caranya cukup sederhana, ambillah 6 lembar daun sirsak yang sudah tua dan rebus menggunakan 2 gelas air hingga menyisakan segelas saja. Lakukan 2 kali sehari secara terus menerus sampai terasa ada perubahan.

Manfaat ke-4 Daun Sirsak: Obat Diabetes

Manfaat daun sirsak yang keempat adalah sebagai obat diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikan kadar glukosa (gula) dalam darah. Kondisi ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin sebagai pengangkut gula dalam darah karena kerusakan pankreas. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar gula dalam darah yang melebihi ambang batas normal (70-120 mg). Kandungan obat dalam daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Caranya, rebuslah 5 lembar daun sirsak menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan segelas saja. Lakukan secara rutin 2 kali sehari (pagi dan malam) selama seminggu berturut-turut.

Manfaat ke-5 Daun Sirsak: Membasmi Tumor

Manfaat daun sirsak yang kelima adalah ampuh membasmi penyakit tumor. Tumor adalah nama penyakit yang berhubungan dengan pembengkakan atau benjolan pada tubuh. Setiap benjolan (jinak atau ganas) dapat disebut sebagai tumor sebagai akibat dari pertumbuhan abnormal dari sel-sel tubuh. Daun sirsak yang kaya dengan Acetogenins dapat membasmi penyakit ini. Zat tersebut akan menghancurkan sel-sel abnormal penyebab tumor tanpa mempengaruhi sel-sel lainnya. Caranya, rebuslah 11 lembar daun sirsak menggunakan 2 gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum rebusan ini secara teratur setiap menjelang tidur. Lakukan secara rutin selama 2 bulan berturut-turut atau sampai terasa ada perubahan.

Manfaat ke-6 Daun Sirsak: Mencegah Infeksi

Manfaat daun sirsak yang keenam adalah ampuh mencegah infeksi. Infeksi merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh keadaan tubuh yang kemasukan kuman atau bibit penyakit. Biasanya, kondisi ini disertai dengan demam atau panas sebagai pertanda bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap kuman. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan rebusan daun sirsak. Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam daun sirsak bekerja dengan baik mengobati infeksi. Caranya, Siapkan 5 lembar daun sirsak kemudian rebus menggunakan 5 gelas air sampai tersisa segelas saja untuk diminum 1x sehari.

Manfaat ke-7 Daun Sirsak: Mengobati Sakit Punggung

Manfaat daun sirsak yang ketujuh adalah mengobati sakit punggung. Sakit punggung disebabkan oleh terjadinya ketegangan otot atau persendian disekitar punggung sehingga menyebabkan nyeri pada punggung. Kondisi ini umum terjadi pada lansia, namun terkadang juga ditemukan pada orang berusia muda yang memiliki aktivitas otot yang tinggi. Kandungan senyawa bermanfaat dalam daun sirsak ternyata ampuh mengatasi penyakit ini. Caranya, Rebuslah 15 lembar daun sirsak menggunakan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas saja. Ramuan ini untuk 5 kali minum, sekali dalam sehari.

Manfaat ke-8 Daun Sirsak: Obat Bisul

Manfaat daun sirsak yang kedelapan adalah dapat dijadikan obat bisul. Bisul atau abses adalah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya infeksi pada rongga jaringan karena bakteri atau parasit. Biasanya, bisul ini terdiri dari sekumpulan nanah yang muncul pada kulit. Kandungan zat bermanfaat yang dimiliki daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati bisul ini. Caranya, haluskan 5 lembar daun sirsak kemudian tempelkan pada tubuh yang terkena bisul sampai mengering.

Manfaat ke-9 Daun Sirsak: Mengatasi Komedo

Manfaat daun sirsak yang kesembilan adalah ampuh mengatasi komedo. Komedo merupakan jerawat ringan yang muncul akibat dari produksi minyak yang berlebihan pada kelenjar kulit sehingga menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Umumnya, komedo menyerang bagian wajah, punggung, lengan, dada, atau bahu. Ternyata, daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Caranya, gunakan 5 lembar daun sirsak yang masih hijau cuci hingga bersih, tumbuklah hingga halus. Oleskan pada kulit yang terkena komedo setiap malam menjelang tidur.

Manfaat ke-10 Daun Sirsak: Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat daun sirsak kesepuluh adalah untuk mengencangkan kulit wajah. Tentunya, banyak yang mendambakan kulit yang kencang, jauh dari keriput, dan tampil awet muda sebab dapat meningkatkan kepercayaan diri. Semua itu akan terwujud jika kesehatan kulit dapat terjaga. Nah, ternyata daun sirsak dapat digunakan untuk kecantikan kulit Anda. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, rebuslah 8 lembar daun sirsak menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Minum rebusan ini 2 kali seminggu secara rutin sampai dirasa ada perubahan.

Manfaat ke-11 Daun Sirsak: Menghilangkan Kutu

Manfaat daun sirsak yang kesebelas adalah untuk menghilangkan kutu. Kutu adalah jenis artropoda berukuran kecil yang sering ditemukan di kepala manusia. Parasit ini sangat mengganggu sebab akan menimbulkan gatal di kulit kepala. Jika tidak ditangani dengan cepat, kutu dapat berkembangbiak sangat cepat karena kutu betina hanya memerlukan 5-10 hari untuk bertelur. Daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kutu ini. Caranya, keramaslah menggunakan daun sirsak yang telah direbus sebelumnya selama 20 menit. Insyaallah, kutu maupun ketombe akan teratasi.

Manfaat ke-12 Daun Sirsak: Mengobati Ambeien

Manfaat daun sirsak yang keduabelas adalah ampuh mengobati ambien. Ambeien merupakan penyakit yang timbul akibat dari pembengkakan pada pembuluh darah di bagian bawah poros usus. Biasanya, penyakit ini ditangani oleh medis dengan cara proses operasi. Namun, terdapat pengobatan alternatif yang lebih aman digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini, yakni menggunakan daun sirsak. Caranya cukup sederhana, rebuslah 7 lembar daun sirsak dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa segelas saja. Minum setiap pagi secara rutin sampai dirasa ada perubahan.

Manfaat ke-13 Daun Sirsak: Mengobati Penyakit Liver

Manfaat daun sirsak yang ketigabelas adalah ampuh mengobati penyakit liver. Liver adalah penyakit yang timbul akibat terjadinya peradangan pada organ hati. Penyakit ini dapat disebabkan oleh pola hidup yang salah dari para penderita, seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau alkohol. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka penyakit liver dapat berkembang menjadi penyakit hati. Nah, salah satu alternatif pengobatan yang layak Anda coba adalah rebusan daun sirsak. Caranya cukup mudah, rebuslah 7 lembar daun sirsak menggunakan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas saja. Ramuan ini untuk sekali minum, lakukan secara rutin 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur.

Manfaat ke-14 Daun Sirsak: Mengobati Asma

Manfaat daun sirsak yang keempatbelas adalah ampuh mengobati penyakit asma. Asma adalah penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan manusia. Penyakit ini timbul akibat dari terjadinya peradangan pada saluran napas sehingga mengakibatkan penyumbatan. Ternyata, kandungan yang dimiliki oleh daun sirsak ampuh mengobati penyakit ini. Caranya cukup sederhana, ambillah bagian daun sirsak yang sering dijadikan sarang oleh semut. Kemudian, peras hingga airnya keluar. Minumlah air perasan tersebut secara rutin tiap pagi sampai dirasa ada perubahan.

Manfaat ke-15 Daun Sirsak: Menurunkan Hipertensi

Manfaat daun sirsak yang ke-15 adalah dapat mengobati penyakit hipertensi. Hipertensi adalah penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah yang naik melebihi ambang batas normal. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, jika tidak ditangani dengan cepat dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang berujung pada kematian. Langkah alternatif yang bisa dimanfaatkan adalah menggunakan rebusan daun sirsak. Caranya, rebuslah 5 lembar daun sirsak menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Minum ramuan ini secara rutin 1x sehari sampai dirasa ada perubahan.

16. Antispasmodic: Daun sirsak mengandung Antipasmodic yang dapat merelaksasikan otot polos.
17. Antikonfulsan: Zat ini terdapat dalam daun sirsak yang berfungsi untuk mengobati kejang-kejang.
18. Nervin: Zat dalam daun sirsak ini dapat memperkuat saraf/saraf tonik.
19. Kardiodepresan: Berfungsi untuk menekan aktivitas jantung yang terlalu tinggi.
20. Galactogogue: Berguna untuk meningkatkan produksi ASI
21. Astrigen: Zat yang kerut/menciutkan selaput lendir
22. Antimutagenik: Kandungan daun sirsak ini ampuh menghambat mutasi gen
23. Analgesik: Zat dalam daun sirsak ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit/nyeri
24. Anti-inflamasi: Kandungan ini ampuh menekan peradangan
25. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
26. Hipotensi: Kandungan ini berguna untuk menurunkan tekanan darah
27. Hipoglikemik: Zat yang ampuh diterapkan pada penyakit gula darah
28. Obat penenang: Zat yang menenangkan
29. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
30. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
31. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
32. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
33. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
34. Antimalaria: Mencegah malaria
35. Antileishmania: Antileishmania
36. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
37. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
38. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
39. Diuretik: The emetik dari aurine
40. Penenang: Zat yang menenangkan
Baca Juga:  10 Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan
Demikianlah uraian tentang 40 Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment