Learn Science With Ilmusiana

35 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh

loading...
Advertisement

loading...


Manfaat buah naga (dragon fruit) tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Selain enak dimakan, buah naga juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan banyak jenis penyakit. Apalagi bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah naga selama proses kehamilan berlangsung karena kandungan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi. Semua manfaat tersebut didapatkan dari kandungan buah naga yang kaya dengan zat-zat yang dapat dijadikan obat. Meskipun sekarang ini teknologi obat-obatan sudah sangat maju, namun kebanyakan masih menggunakan zat-zat kimia yang seringkali menimbulkan efek samping bagi tubuh. Hal berbeda jika kita menggunakan cara sehat dengan buah naga yang memiliki banyak kandungan alami sehingga tubuh mampu menyerapnya dengan baik dan yang terpenting adalah bebas dari efek samping.

Mengenal Buah Naga

Buah naga (dragon fruit) berasal dari Amerika Tengah dan Utara. Di daerah asalnya, buah ini dinamai pitahaya atau pitaya roja. Masyarakat disana sering memanfaatkan buah yang berasa manis agak asam ini sebagai buah meja atau buah yang dikonsumsi segar. Tanaman buah naga termasuk tanaman semak merambat yang dapat hidup pada ketinggian 10-700 mdpl. Disebut buah naga karena kulitnya yang menyerupai kulit naga dalam legenda Cina. Kulit buah naga berwarna merah atau kuning. Daging buahnya berwarna merah atau putih. Rasanya manis dan gizinya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah naga awalnya dijadikan sebagai tanaman hias. Namun, karena rasanya yang segar dan kandungang airnya yang tinggi, banyak yang mengonsumsi buah naga sebagai buah segar. Tak heran bila kini tanaman yang termasuk famili kaktus (Cactaceae) ini kian populer dan banyak dicari oleh masyarakat karena manfaatnya yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Buah naga sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu buah naga merah biasa (Hylocereus polyrhizus), super red (Hylocereus costaricensis), dan buah naga kuning (Hylocereus megalanthus). Buah naga super red memiliki bentuk oval/bulat telur (lonjong) dengan warna merah/ungu/magenta dan berdaging buah berwarna merah kehitaman dan berlendir. Rasanya manis dan segar dengan berat buah yang dapat mencapai 800 gram/buah. Buah naga kuning berbentuk oval serta bersisik dengan kulit buah berwarna kuning dan daging buah berwarna putih. Rasanya pun tidak kalah manis dan segar. Adapun beratnya sekitar 300 gram. Sedangkan, buah naga merah biasa hampir sama dengan buah naga super red, bedanya daging buahnya berwarna putih.

Kandungan Buah Naga

Semua manfaat yang dimiliki oleh buah naga tersebut disebabkan oleh kandungan zat gizi dan obat dalam buahnya yang sangat mendukung kesehatan tubuh manusia. Buah naga mengandung zat besi, magnesium, kalium, fosfor, dan pektin. Di dalam buahnya terdapat beberapa vitamin penting, seperti; Vitamin B1, B2, B3, dam vitamin C. Buah naga juga mengandung karbohidrat, asam, dan protein yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, buah naga juga kaya dengan antioksidan yang sangat ampuh untuk mencegah dan membasmi kanker. Buah ini juga memiliki kandungan serat yang sangat baik, yakni mencapai 1 gram/100 gram buahnya.

Penelitian tentang kandungan buah naga pernah dilakukan tahun 2006 lalu yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, penelitian tersebut membandingkan tanaman tropis buah naga merah dan putih yang tumbuh di Florida dengan buah-buahan lain seperti apel, blueberi, peach, dan sebagainya. Ternyata buah tropis ini memiliki banyak kapasitas antioksidan, vitamin C, serat dibanding buah-buahan tersebut. Dengan begitu terbukti bahwa buah naga mampu memberikan manfaat kesehatan.

Manfaat Buah Naga

manfaat dari buah naga
Setelah mengenal dan mengetahui kandungan dari buah naga, lantas apa manfaat dari buah tersebut? Selain menjaga kesehatan, buah ini juga sangat baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Nah, berikut ini kami telah merangkumkan untuk Anda 35 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:

Manfaat ke-1 Buah Naga: Mengobati Diabetes

Manfaat buah naga yang pertama adalah untuk mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan ketidakstabilan gula dalam darah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada organ pankreas sehingga kurang maksimal dalam melakukan produksi hormon insulin yang bertugas untuk mengangkut gula dalam darah menuju otot dan jaringan-jaringan lain dalam tubuh. Ternyata, buah naga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Kandungan dalam buah tersebut dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Caranya cukup sederhana, buah naga ini dikonsumsi setiap hari, bisa dibuat jus dan dapat dikombinasikan dengan buah lainnya untuk menstabilkan gula darah Anda.

Manfaat ke-2 Buah Naga: Mencegah Kanker

Manfaat buah naga yang kedua adalah dapat mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Sel-sel ini dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga mengganggu keseluruhan jaringan sel. Biasanya, sel yang berubah menjadi sel kanker adalah sel yang terkontaminasi zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak diatasi dengan cepat, maka akan menyebabkan kematian. Olehnya itu, menjaga kesehatan sel tubuh sangatlah penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi buah naga. Kandungan antioksidannya yang tinggi efektif membasmi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi sel-sel dalam tubuh.

Manfaat ke-3 Buah Naga: Mengobati Hipertensi

Manfaat buah naga yang ketiga adalah dapat mengobati hipertensi. Hipertensi adalah penyakit yang berhubungan dengan peningkatan tekanan dalam darah. Penyakit ini banyak disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat dari para penderita. Sering mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan juga dapat menjadi pemicu timbulnya hipertensi. Jika tidak diatasi dengan cepat penyakit ini dapat mengakibatkan timbulnya penyakit lanjutan, seperti jantung dan ginjal. Nah, cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi hipertensi adalah rutin mengkonsumsi buah naga. Kandungan senyawa aktif dalam buahnya sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat ke-4 Buah Naga: Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah naga yang keempat adalah ampuh menurunkan kolesterol. Sebenarnya, kolesterol adalah salah zat yang dibutuhkan dan terdapat dalam tubuh manusia. Sejenis lemak yang disebut dengan lipid. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, maka kolesterol dapat menumpuk, mengendap, dan menutupi dinding arteri sehingga menyumbat aliran darah. Tentu saja hal ini akan berakibat buruk bagi kesehatan manusia. Olehnya itu, orang yang sudah terkena penyakit kolesterol tinggi harus segera menurunkannya. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan rutin mengkonsumsi buah naga. Senyawa bermanfaat dalam buah tersebut dikenal ampuh untuk menurunkan kolesterol. Telah banyak pengalaman penderita yang membuktikannya.

Manfaat ke-5 Buah Naga: Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah naga yang kelima adalah dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung adalah sebuah kondisi dimana organ jantung tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit ini sangat berbahaya seiring dengan predikatnya sebagai penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Gaya hidup yang kurang sehat dianggap sebagai penyebab utama dari timbulnya penyakit ini. Biasanya, jika sudah terlanjur terkena penyakit ini, maka sulit untuk disembuhkan. Olehnya itu, tindakan pencegahan sejak dini merupakan langkah yang paling bijak untuk ditempuh. Nah, kita dapat menggunakan buah naga untuk menjalankan program pencegahan ini. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal zat radikal bebas dalam tubuh yang sangat berbahaya bagi jantung.

Manfaat ke-6 Buah Naga: Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga yang keenam adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan alami yang dimiliki oleh tubuh untuk menangkal segala serangan infeksi penyakit atau kuman. Dalam kondisi tertentu, sistem bisa saja mengalami penurunan yang mengakibatkan daya tahan tubuh terganggu. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan sangat mudah untuk terserang berbagai penyakit. Oleh sebab itu, menjaganya agar tetap prima sangat penting untuk dilakukan. Langkah alternatif yang dapat ditempuh adalah dengan rutin mengkonsumsi buah naga. Kandungan vitamin C dalam buah tersebut sangat ampuh untuk membantu tubuh menjaga sistem kekebalannya.

Manfaat ke-7 Buah Naga: Melawan Penuaan Dini

Manfaat buah naga yang ketujuh adalah dapat melawan penuaan dini. Penuaan dini adalah suatu keadaan dimana tubuh terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Biasanya, tanda penuaan dini yang paling gampang dilihat adalah kulit, yakni kulit terlihat kering, bersisik, pecah-pecah, kasar, flek/noda hitam, dan disertai dengan keriput (terutama di bagian wajah). Tentunya, hal ini akan sangat mempengaruhi penampilan Anda. Nah, buah naga dapat digunakan untuk melawan penuaan dini tersebut. Kandungan zat-zat bermanfaat dalam buahnya sangat baik diserap oleh kulit sehingga terlihat lebih sehat dan menawan.

Manfaat ke-8 Buah Naga: Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat buah naga yang kedelapan adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Pola makan setiap hari sangat penting untuk dijaga kelancarannya sebab terkait dengan pemenuhan energi dan nutrisi untuk tubuh. Nafsu makan yang hilang/turun akan mengakibatkan tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas dengan baik. Ada saja penyebab yang bisa membuat nafsu makan menjadi berkurang, seperti keadaan psikis, merokok, atau akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Jika tidak diatasi dengan cepat, maka akan sangat mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Nah, buah naga dapat digunakan untuk mengatasi menurunnya nafsu makan ini. Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buahnya berfungsi sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat ke-9 Buah Naga: Mengobati Asma

Manfaat buah naga yang kesembilan adalah ampuh mengobati penyakit asma. Asma merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia. Terganggunya sistem pernapasan tersebut disebabkan oleh penyempitan saluran napas akibat terjadinya peradangan. Penderita asma dapat mengalami serangan tiba-tiba karena sifat dari penyakit ini yang memang sangat peka terhadap rangsangan (misal: polusi udara). Nah, terapi menggunakan buah naga dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah naga dapat memperkuat tubuh untuk melawan polusi udara pemicu penyakit asma.

Manfaat ke-10 Buah Naga: Memperkuat Tulang

Manfaat buah naga yang kesepuluh adalah dapat memperkuat struktur tulang. Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar dapat menopang tubuh dengan baik. Tulang yang tidak kuat, akan membuat tubuh sulit untuk berdiri dengan baik. Menjaga kesehatan tulang penting dilakukan sejak dini agar tidak mudah terserang penyakit osteoporosis. Nah, cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi buah naga. Kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi dalam buahnya sangat baik untuk memperkuat tulang.

11. Mengobati batuk
12. Membuat gigi lebih kuat
13. Menjaga kesehatan usus
14. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
15. Ampuh membasmi sariawan
16. Memperlancar peredaran darah
17. Ampuh membasmi jerawat
18. Mengobat panas dalam
19. Dapat meningkatkan produksi ASI
20. Menjaga kelembaban kulit
21. Mencegah terjadinya peradangan
22. Mencegah osteoporosis
23. Melawan terjadinya infeksi
24. Memenuhi kebutuhan ion
25. Membantu menurunkan berat badan lewat diet
26. Membantu metabolisme pada sel
27. Sumber energi tubuh
28. Menangkal serangan racun dalam tubuh
29. Mempercepatan pertumbuhan tulang
30. Meningkatkan fungsi otak
31. Menjaga kesehatan mulut
32. Mencegah terjadinya sembelit
33. Anti aging
34. Menjaga kesehatan mata
35. Mendeteksi kandungan formalin dan boraks
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang 35 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment