Learn Science With Ilmusiana

Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia? Ini Jawabannya!

loading...
Advertisement



Mengapa penegakan HAM itu penting dilakukan di indonesia? Mungkin pertanyaan ini ada dibenak Anda sebagai bagian masyarakat Indonesia. Bagi orang-orang yang paham dan peduli tentang HAM, pasti tidak sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut. HAM memang sangat penting untuk ditegakkan, sebab menyangkut hak-hak dasar yang dimiliki oleh seorang manusia. Pelanggaran terhadap hak-hak dasar tersebut sama saja dengan mencederai kemanusiaan. Pemerintahan negara-negara di seluruh dunia telah berkomitmen untuk bersama-sama menjaga HAM agar tidak terjadi pelanggaran terhadapnya. Seperangkat peraturan perundang-undangan pun telah banyak dibuat agar HAM tersebut selalu terjamin penegakannya. Hukuman berat siap menanti bagi para pelaku pelanggaran HAM.

Ada segudang alasan yang menjadi dasar mengapa sehingga penegakan HAM itu penting dilakukan, bukan hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Kepentingan tersebut lahir dari perjalanan sejarah yang panjang tentang nilai-nilai kemanusiaan universal yang selalu diimpikan kehadirannya. Pada akhirnya, impian tersebut berhasil mewujud dalam konsep Hak Asasi Manusia (HAM). Gagasan pokok tentang penghormatan terhadap manusia secara individual terus dikembangkan sebagai suatu konsep etika politik. 

Kerangka dasar berbangsa dan bernegara didasarkan pada nilai-nilai universal tersebut sehingga pentingnya HAM menjadi wacana yang memunculkan kesadaran global. Manusia sebagai makhluk tertinggi ciptaan Tuhan YME, ditempatkan sebagai titik sentral dalam pembangunan. Sehingga, sangat perlu untuk menegakkan hak-hak dasarnya untuk menjamin jalannya pembangunan itu sendiri.

Salah satu bentuk perhatian terhadap pentingnya HAM adalah peringatan terhadap HAM sedunia yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Desember. Peringatan tersebut telah berlangsung cukup lama sejak tahun 1945 dalam sidang umum PBB 10 Desember saat itu. Di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun terakhir ini ikut melakukan peringatan tersebut. Namun, meskipun terkesan terlambat tetapi hal tersebut tetap menggembirakan. 

Hal tersebut menunjukkan masyarakat Indonesia telah memiliki kesadaran terhadap topik yang telah lama mendapat perhatian khusus dalam masyarakat internasional. Indonesia telah berkomitmen untuk ikut berada di barisan terdepan untuk menjamin terlaksananya penegakan HAM. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan pembentukan lembaga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM).

Pentingnya Penegakan HAM di Indonesia

Penegakan HAM itu sendiri mengandung makna melakukan penghukuman terhadap para pelaku pelanggaran HAM sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapat sorotan masyarakat internasional berkaitan dengan upaya penegakan HAM. Sangat beralasan memang mengingat beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia cukup menyita perhatian masyarakat internasional. Tentunya, masih segar dalam ingatan tentang beberapa kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia, mulai dari yang ringan hingga berat.

Misalnya saja, tragedi Tanjung Priok, pelanggaran HAM di Timor-Timur, dan kasus Mei 1998. Hingga kini pemerintah terus berupaya untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut lewat proses peradilan dan penyelidikan untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia juga berkomitmen terhadap segala usaha penegakan HAM. Selain itu, pemerintah Indonesia juga sedang mencari cara terbaik untuk mengungkap kasus-kasus pelanggaran HAM lainnya.

Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang rawan terjadi tindakan pelanggaran HAM. Hal itu disebabkan oleh kehidupan Indonesia yang memiliki banyak perbedaan suku, daerah, agama, dan kepentingan. Perbedaan tersebut rawan menimbulkan terjadinya konflik yang berujung pada tindakan pelanggaran HAM. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk meminimalkan terjadinya pelanggaran tersebut.

Sebagai negara hukum, Indonesia berpegang teguh pada hukum tertinggi, kesamaan martabat, dan adanya jaminan terhadap hak asasi manusia. Lewat cara-cara yang demokratis dan konstitusional, Indonesia membuat hukum yang mencerminkan keinginan bersama. Sebab, Indonesia meyakini bahwa penegakan terhadap hak asasi manusia (HAM) hanya dapat terlaksana jika masyarakat dapat menghormati demokrasi dan hukum yang berlaku. Sebaliknya, jika ingin masyarakat patuh terhadap hukum dan demokrasi, maka hukum itu harus dapat menjamin terjaganya hak-hak asasi yang melekat pada manusia.

Suatu negara yang belum menyadari pentingnya hak asasi maka demokrasi sulit berjalan dengan baik. Akibatnya, akan mendorong pula tindakan pelanggaran hak asasi. Bentuk perbuatan yang merusak demokrasi misalnya aksi demonstrasi unjuk rasa yang disertai dengan kerusuhan dan pengrusakan. Inilah alasan pentingnya keberadaan dan penegakaan hak asasi manusia dalam negara hukum seperti Indonesia.

Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia? Ini Jawabannya!

Badan-badan perlindungan HAM yang telah dibuat, baik itu pemerintah maupun masyarakat harus didukung keberadaannya oleh seluruh masyarakat. Hal ini karena melalui badan-badan itulah segala bentuk pelanggaran HAM dapat diadukan dalam rangka penegakan, perlindungan, dan kemajuan hak asasi manusia itu sendiri. 

Beberapa alasan yang mendasari pentingnya penegakan HAM dilakukan di Indonesia, antara lain:

1. Sejalan dengan Pancasila

Indonesia yang telah menjadikan Pancasila sebagai dasar bernegara meyakini bahwa manusia diciptakan Allah SWT dengan menyandang dua aspek, yaitu aspek individual (pribadi) dan aspek sosial (bermasyarakat). Oleh sebab itu, setiap orang berkewajiban untuk menghormati dan mengakui hak asasi manusia orang lain. Keluhuran harkat dan martabat manusia sangat dijunjung tinggi dalam Pancasila karena manusia adalah makhluk Tuhan.

2. Amanat dalam UUD 1945

Jaminan dan pengakuan terhadap hak asasi manusia (HAM) dapat juga dilihat dalam pembukaan UUD 1945 alinea 1-4, yaitu:
  • Alinea pertama menyatakan: "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa..." Pernyataan tersebut jelas menunjukkan bahwa setiap bangsa pada dasarnya memiliki hak yang sama atas kebebasan (kemerdekaan) hidup. Pada dasarnya setiap orang ingin terbebas dari segala macam pengekangan dan penindasan hidup.
  • Alinea kedua menyatakan, "...mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur". Dari pernyataan ini terdapat jaminan terhadap hak di bidang politik, ekonomi, dan keadilan.
  • Alinea ketiga menyatakan, "Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa...supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas...". Pernyataan tersebut mengandung makna pengakuan terhadap hak untuk hidup merdeka adalah pemberian Tuhan. Dengan demikian, tidak boleh diingkari oleh siapapun.
  • Aline keempat menyatakan, "melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial...". Pernyataan ini mengandung arti bahwa setiap warga negara berhak atas jaminan hidup sejahtera, kehidupan yang aman, pendidikan, kemerdekaan, kehidupan yang damai, dan perlakukan yang adil.

3. Indonesia adalah Negara Hukum

Sebagai negara Hukum, Indonesia dituntut konsisten menjalankan segala hukum perundang-undangan yang telah dibuat. Salah satunya adalah hukum tentang penegakan HAM yang diatur lewat penetapan UU No. 39 Tahun 1999. Pengadilan terhadap pelanggaran HAM pun telah dibentuk berdasarkan ketentuan yang di atur dalam UU No. 26 tahun 2000. Pembentukan pengadilan HAM ini tidah hanya sekedar memenuhi kebutuhan nasional semata, melainkan untuk memenuhi tuntuan masyarakat internasional. Oleh sebab itu, Indonesia harus tetap berkomitmen terhadap penegakan HAM sebagai bentuk kepatuhan terhadap hukum tersebut.

4. Demi terjaganya Persatuan dan Kesatuan

Masyarakat Indonesia yang hidup dalam perbedaan daerah, suku, agama, dan kepentingan sangat rawan menimbulkan konflik. Sedikit saja gesekan yang timbul di masyarakat dapat memicu kerusuhan yang lebih luas. Kasus yang pernah terjadi di Poso, Ambon, dan Sampit adalah contoh tragedi yang menggambarkan kerawanan tersebut. Oleh sebab itu, HAM sangat penting untuk ditegakkan untuk menjamin kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk tersebut.

Sekian uraian tentang Mengapa Penegakan HAM itu Penting Dilakukan di Indonesia? Ini Jawabannya!, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment