Learn Science With Ilmusiana

1 Kaki Berapa Meter? Begini Cara Mencarinya

Loading...
Sebenarnya, 1 Kaki itu ada berapa meter sih? Jika Anda mengetikkan pertanyaan tersebut di google, maka secara otomatis google akan memuncul hasil konversi 1 kaki ke meter secara tepat, luar biasa bukan? Yah, hal ini berkat kecanggihan mesin pencari nomor satu dunia itu yang telah berevolusi menjadi mesin pencari super lengkap di dunia. Silahkan Anda mencobanya, maka hasil yang muncul adalah seperti yang tampak pada gambar berikut ini:

1 Kaki Berapa Meter (Hasil Google)

1 Kaki Berapa Meter
Gambar Hasil Capture Google

Berkat teknologi dari google ini Anda tidak perlu capek lagi menghitung secara manual untuk menemukan hasil dari 1 kaki berapa meter. Namun, disadari atau tidak, cara otomatis ini mempunyai sisi negatif, yaitu akan mengurangi kemampuan berpikir manusia karena serba bergantung kepada mesin. Padahal, mengerti alur proses konversi satuan dari kaki menjadi meter menjadi hal penting agar kita tidak terlalu bergantung kepada mesin yang bisa saja sewaktu-waktu mati atau rusak. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di masa depan nanti google gulung tikar. Atau bisa saja terjadi keadaan dimana Anda berada di tempat yang tidak ada internet untuk mengakses google, nah bagaimana Anda akan mencari hasil dari 1 kaki ke meter jika Anda tidak paham cara mencarinya?

Nah, untuk tujuan inilah kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana sebenarnya cara mengkonversi satuan kaki ke meter. Namun, sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu satuan kaki dan seperti apa hubungannya dengan satuan meter. Berikut ini pembahasannya:

Apa itu Satuan Kaki?

Kaki dalam bahasa Inggris adalah foot atau feet (jamak). Kaki adalah salah satu satuan panjang yang tidak termasuk dalam kelompok SI (Sistem Satuan Internasional). Satuan ini populer berlaku di Kawasan Amerika Serikat dan Britania Raya. Simbol internasional satuan kaki adalah ft yang berasal dari kata feet. Konon katanya, satuan ini telah berlaku sejak zaman Sumeria kuno. Di dunia pada umumnya, satuan kaki populer digunakan untuk mengukur ketinggian terbang dari pesawat terbang.

Bagaimana sejarahnya Kaki ini menjadi satuan? Kami yakin banyak di antara kita yang masih belum mengetahui asal-usul kaki ini menjadi sebuah satuan. Pikiran sederhana kita mungkin saja berkata bahwa kaki adalah ukuran langkah kaki seseorang. Namun, dari beberapa referensi yang pernah kami baca, sebenarnya ukuran satuan kaki itu adalah ukuran panjang dari telapak kaki orang dewasa, yaitu 12 inci. Bagi kita orang Indonesia, mungkin 12 inci terlalu panjang untuk ukuran kaki orang dewasa. Tetapi, bagi orang Inggris dewasa ukuran ini adalah biasa-biasa saja karena mereka memang terkenal memiliki postur tubuh yang besar-besar.

Cara Konversi 1 Kaki ke Meter

Nah, dari sejarah singkat di atas kita telah mengetahui bahwa 1 kaki itu pada awalnya didefinisikan orang Inggris yaitu sepanjang 12 inci. Tidak seperti kita di Indonesia, di sana satuan meter tidak begitu populer. Sedangkan, kita merasa perlu untuk mengubah satuan Kaki yang tidak begitu populer bagi kita, menjadi satuan meter yang sering kita pakai. Berikut ini proses cara mengubahnya:

1 Kaki = 12 Inci

Oleh karena 1 inci = 0,0254 meter, maka 1 kaki adalah:

1 Kaki = 12 x 0,0254 meter = 0,3048 meter

Bisa kita lihat berasama, hasil di atas konsisten dengan hasil perhitungan yang ditunjukkan oleh google. 

Demikianlah uraian tentang 1 Kaki Berapa Meter? Begini Cara Mencarinya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment