Learn Science With Ilmusiana

Kromosom Manusia: Struktur, Fungsi, Macam, Tipe

Advertisement by google

Advertisement by google

Halo adik-adik, kali ini kami akan membahas tentang materi genetik manusia. Apa saja yang termasuk materi genetik? Yah, ada kromosom, gen, alel, DNA, dan RNA. Ini semua adalah materi genetik yang ada di dalam tubuh manusia. Yah, adik-adik sekarang kita akan mulai dengan belajar tentang kromosom, yakni seputar pengertian, struktur, fungsi, bagian-bagian, macam-macam, tipe, dan jumlah dari kromosom manusia. Apa sih yang dimaksud dengan kromosom? Berikut ini ulasannya:

Pengertian Kromosom

Apa itu kromosom? Yah, kromosom adalah benda-benda halus berbentuk seperti benang yang tipis yang ada  di dalam setiap sel tubuh kita yang mempunyai inti sel. Ingat, ada beberapa sel di dalam tubuh kita yang tidak mempunyai inti. Jadi, kalau kita berbicara tentang kromosom, kromosom adanya di dalam inti sel. Bentuknya seperti benang-benang tipis. Nah, seperti apa struktur dari kromosom? Oke, kita masuk ke materi selanjutnya.

Struktur Kromosom

Seperti apa struktur dari kromosom? Oke, untuk mempelajari struktur kromosom, artinya kita harus melihat bagian-bagian dari kromosom. Apa saja bagian-bagian kromosom? Nah, perhatikan gambar berikut ini:

Struktur Kromosom

Bagian-Bagian Kromosom

Oke, kromosom terdiri dari bagian-bagian utama, yang terdiri dari lengan kromosom. Di antara lengan kromosom, terdapat lekukan yang disebut dengan Sentromer. Di dalam lengan kromosom, terdapat Kromonema, pita panjang berbentuk spiral. Beberapa bagian kromonema ini menebal, seperti untaian mutiara manik-manik. Bagian dari kromonema yang menebal itu disebut dengan kromomer. Di dalam kromomer, terdapat bagian yang disebut dengan Lokus. Lokus ini seperti ruangan-ruangan kecil, dimana di dalam lokus inilah nantinya akan terdapat materi genetik lain, yaitu Gen. 

Lengan kromosom sendiri adalah bagian yang sangat mudah menyerap warna karena memang di sini terdapat benang-benang kromonema yang memang menyerap warna. Jadi, kalau misalnya kita membuat suatu preparat tentang kromosom, maka bagian yang gelap itu adalah bagian lengan. Sementara, sentromer karena tidak mengandung materi genetik, maka dia berwarna lebih terang.

Selanjutnya, kita akan temukan lekukan yang bernama Satelit. Satelit ini tidak terdapat pada semua kromosom. Pada bagian ujung lengan kromosom, terdapat bagian yang menyempit yang disebut dengan Telomer. Telomer adalah bagian dari kromosom yang memiliki 2 tugas utama, pertama mencegah supaya DNA yang ada di dalam kromosom itu tidak terurai kemana-mana, kedua telomer menjaga supaya kromosom yang satu dengan kromosom yang lainnya tidak saling berikatan atau menempel. 

Komponen Penyusun Kromosom

Sebenarnya, kromosom itu komponennya apa saja yah? Jadi, kromosom itu tersusun dari dua komponen utama, yaitu DNA dan protein. DNA adalah kepanjangan dari Deoxyribo Nucleic Acid. Sementara itu, protein yang menjadi komponen utama dari kromosom ini disebut dengan protein histon. Nantinya, DNA dan protein histon inilah yang kemudian terangkai di dalam kromonema, jadi membentuk kromonema panjang.

Fungsi Kromosom

Sebenarnya, apa sih fungsi dari kromosom? Jadi, kromosom itu fungsinya adalah sebagai pembawa informasi genetika. Mengapa demikian? Karena nantinya di dalam kromosom itu terdapat penentu sifat yang namanya Gen. Jadi, gen itu akan berjejer di dalam kromosom. Jadi, wadahnya adalah kromosom sendiri. Kemudian, kromosom itu di dalam tubuh manusia bentuknya bermacam-macam. Nah, di bawah ini kita akan lihat bentuk-bentuk kromosom. 

Bentuk-bentuk Kromosom

Berikut ini adalah bentuk-bentuk dari kromosom:

1. Berdasarkan letak sentromer, kromosom itu terbagi menjadi empat tipe, yaitu:

bentuk tipe kromosom

1.1. Metasentrik

Seperti apa tipe Metasentrik ini? Jadi, kromosom tipe metasentrik itu kromosom denagn letak sentromer itu persis di tengah. Sehingga menggambarkan bahwa kromosom itu berbentuk seperti huruf V. Jadi, kiri-kanan itu panjangnya sama. Perhatikan gambar di bawah ini:

1.2. Submetasentrik

Pada tipe submetasentrik ini, letak sentromernya sedikit bergeser dari tengah. Jadi, panjangnya lengannya tidak sama. Jadi, ada yang lebih pendek, menampakkan seperti huruf L. 

1.3. Akrosentrik

Tipe akrosentrik ini sentromernya letaknya lebih kepinggir lagi. Jadi, menampakkan seperti huruf J.

1.4. Telosentrik

Pada tipe telosentrik ini, sentromernya letaknya dipinggir sehingga lengan kromosom itu hanya berjumlah satu. Sehingga, menampakkan bentuk seperti huruf I.

2. Jika berdasarkan pada jumlah sentromernya, maka kromosom itu terbagi menjadi 4 tipe:

2.1. Asentrik

Tipe asentrik adalah tipe kromosom yang tidak mempunyai sentromer.

2.2. Monosentrik

Tipe monosentrik adalah kromosm yang hanya mempunyai satu sentromer

2.3. Disentrik

Tipe Disentrik adalah kromosom yang mempunyai dua sentromer

2.4. Polisentrik

Tipe polisentrik adalah kromosom yang mempunyai banyak sentromer.

Secara umum kromosom memiliki bentuk yang bermacam-macam. Kromosom ada yang berbentuk bulat, koma, batang, atau seperti huruf L dan V.

Macam Macam Kromosom

Berdasarkan fungsinya, kromosom terbagi menjadi dua, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom). Gonosom ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu gonosom X dan gonosom Y. Oleh sebab itu, ini nanti berkaitan dengan bagaimana kita menuliskan kariotipe kromosom. Khususnya, kromosom pada manusia. Seperti apa susunannya? 

Kariotipe kromosom terutama untuk manusia dikelompokkan menjadi dua, pertama haploid atau hanya terdiri dari satu set, berarti ini berkaitan dengan sperma dan ovum atau pada sel kelamin. Berarti pada haploid jumlahnya 23 buah, yaitu 22A + X dan 22A + Y. Jika seperti ini, maka ini adanya pada sel sperma. Kemudian, pada ovum hanya terdapat 22A + X.

Kedua, diploid, pada diploid ini jumlah kromosom ada 23 pasang. Pada pria, penulisannya menjadi 22AA + XY. Sementara, pada wanita penulisannya 22AA + XX. 

Jadi, berbeda yah adik-adik, kalau pada sel kelamin, jumlah kromosom manusia itu hanya 23 buah. Dimana yang paling banyak adalah kromosom tubuh atau autosom, jumlahnya ada 22 buah ditambah 1 gonosom X atau gonosom Y kalau pada sperma sebab sperma itu ada sperma X atau sperma Y. Sementara pada ovum, jumlahnya seragam, yaitu 23 buah, yang 22 buah adalah autosom, yang 1 itu adalah X. 

Okey, mungkin untuk sementara sampai disini dulu pembahasan kita tentang kromosom. Kita akan lanjutkan pada postingan selanjutnya, semoga bermanfaat.

Baca Juga Materi Lainnya:
Advertisement by google

0 komentar:

Post a Comment