Learn Science With Ilmusiana

Senjata Nuklir Terkuat, 3000 Kali Hiroshima Nagasaki

Loading...
Saat ini terdapat senjata nuklir terkuat dengan kekuatan 3000 kali Hiroshima Nagasaki. Tahukah Anda, daya ledak bom atom yang diledakkan di atas Nagasaki dan Hiroshima sebenarnya sangat kecil apabila dibandingkan dengan senjata nuklir yang dimiliki oleh Amerika dan Rusia pada tahun-tahun berikutnya? Little Boy yang diledakkan di atas Hiroshima memiliki daya ledak sekitar 15 kiloton atau setara dengan 15.000 ton TNT dan Fat Man yang diledakkan di atas Nagasaki memiliki daya ledak sekitar 21 kiloton atau setara dengan 21.000 ton TNT.

senjata nuklir terkuat

Little Boy dan Fat Man diketahui dapat menyebabkan kerusakan total dalam radius 2 km, artinya 90% objek yang ada dalam radius 2 km dari titik pusat ledakan akan hancur tak bersisa. Ledakan Little Boy membentuk bola api dengan diameter sekitar 360 meter. Suhu inti bola api ini mencapai lebih 5 juta derajat celcius dan sesaat setelah ledakan, kombinasi suhu panas dan tekanan ledakan yang sangat tinggi menimbulkan angin dengan kecepatan lebih dari 1000 km/jam dan membentuk awan debu berbentuk jamur atau yang dikenal dengan sebutan mushroom cloud dengan ketinggian lebih dari 6 km.

Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan atom Amerika Serikat dan satu-satunya yang pernah terjadi digunakan dalam perang. Bom nuklir tersebut menewaskan ratusan ribu orang akibat ledakan dan ribuan orang lainnya tewas kemudian akibat pengaruh radiasi nuklir.

Senjata Nuklir Terkuat 

Tidak jauh berbeda dengan Little Boy, Fat Man juga menimbulkan efek yang sangat mirip. Mushroom cloud Fat Man tercatat memiliki ketinggian hingga 7 km. Namun, efek ledakan tersebut tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan senjata nuklir terkuat setelah Fat Man, yaitu B83. 


B83 merupakan senjata nuklir terkuat yang dimiliki oleh Amerika Serikat dan masih operasional sampai saat ini. B83 memiliki daya ledak sekitar 1,2 Megaton atau setara dengan 1.200.000 ton TNT. Artinya, B83 kurang lebih memiliki daya ledak 80 kali lebih dahsyat dibandingkan dengan Little Boy. Dengan potensi daya ledak 1,2 Megaton, B83 dapat mengakibatkan kerusakan total hingga radius 7 km. Jika Little Boy dan Fat Man membentuk bola api dengan diameter 400 meter, maka B83 dapat membentuk bola api dengan ukuran yang jauh lebih besar dengan diameter sekitar 2 Km. Ledakan B83 juga bisa membentuk mushroom cloud dengan ketinggian lebih dari 20 km. Namun, daya ledak B83 pun masih tergolong kecil apabila dibandingkan dengan senjata nuklir terkuat selanjutnya yang disebut dengan Castle Barvo. 

Castle Bravo adalah sebuah hulu ledak termonuklir yang diledakkan untuk keperluan tes pada 1 Maret 1954 di Atoll Bikini yang terletak di kepulauan Marshall. Castle Bravo memilik daya ledak sekitar 15 Megaton, setara dengan 15.000.000 ton TNT atau 1000 kali lebih kuat daripada daya ledak Little Boy. Radius kerusakan total yang ditimbulkan oleh ledakan Castle Bravo mencapai 12 km. Efek ledakan Castle Bravo membentuk bola api dengan diameter 3,7 km dan mushroom cloud yang dihasilkan oleh ledakan Castle Bravo tercatat memiliki ketinggian hingga 40 km. Namun, Castle Bravo pun masih tergolong kecil apabila dibandingkan dengan senjata nuklir terkuat yang pernah diledakkan oleh manusia, yaitu Tsar Bomb.

Senjata Nuklir Terkuat, 3000 Kali Hiroshima Nagasaki

Senjata Nuklir Terkuat
Tsar Bomb Senjata Nuklir Terkuat
Tsar Bomb adalah prototipe bom nuklir milik Rusia yang diledakkan di area tes nuklir di Novaya Zemlya pada 30 Oktober 1961. Tsar Bomb memiliki berat sekitar 27 ton dengan daya ledak hingga 50 Megaton, setara dengan 50.000.000 ton TNT. Efek ledakan Tsar Bomb membentuk bola api dengan diameter 46 km dan mushroom cloud yang terbentuk karena efek ledakan tersebut memiliki ketinggian hingga 64 km dengan diameter lebih dari 40 km.

Demikianlah ulasan tentang Senjata Nuklir Terkuat, 3000 Kali Hiroshima Nagasaki, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment