Learn Science With Ilmusiana

3 Bangunan Bersejarah India Selain Taj Mahal

India memiliki banyak bangunan bersejarah selain Taj Mahal yang telah mendunia. Melancong ke India rasanya belum lengkap kalau tak berkunjung ke kota Agra. Kota ini dijuluki sebagai salah satu sudut segitiga emas India, selain Jaipur dan New Delhi. Tidak hanya menyimpan kemegahan Taj Mahal, Agra juga memiliki satu lagi tempat bersejarah, Benteng Agra atau biasa disebut Lal Qila artinya benteng merah. 

Benteng Agra (Lal Qila)

Benteng ini juga termasuk situs warisan dunia UNESCO. Benteng ini didirikan oleh kaisar Shah Jahan pada tahun 1638. Lokasinya sekitar 2,5 km dari Taj Mahal. Bangunan benteng merah memiliki nilai historis yang panjang, benteng ini menjadi saksi sejarah berakhirnya dinasti Mughal. 

Benteng Agra (Lal Qila) india
Benteng Agra (Lal Qila)
Dinamakan benteng merah karena dinding raksasa di delapan sisinya terbuat dari batu pasir merah.Dinding benteng memanjang dari ujung kota Shahjahanabad, panjang seluruhnya 2,5 km dengan ketinggian dari 16 hingga 33 meter. 

Hawa Mahal

Bangunan berikutnya adalah Hawa Mahal atau yang dikenal dengan sebutan Istana Dinding. Hawa Mahal dibangun pada tahun 1799 oleh maha Raja Sawai Pratap Singh dan kini menjadi salah satu ciri khas utama kota Jaipur. 

hawa mahal india
Hawa Mahal atau Istana Dinding India
Hawa Mahal berbentuk seperti piramida dan bertingkat lima, jumlah jendela kecilnya amat banyak dengan atap yang melengkung. Pada bagian depan istana terdapat ukiran dan hiasan yang detil sementara bagian belakang terdapat pilar-pilar saja tanpa hiasan. Hawa Mahal adalah salah satu bangunan dari arsitektur Rajputana yang dipengaruhi gaya arsitektur Mughal. 

Hawa Mahal cukup populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Rajasthan, karena pemandangannya yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Hawa Mahal adalah pagi hari ketika matahari terbit. Cahaya keemasan mentari pagi membuat bangunan Hawa Mahal menjadi kian eksotis. 

Masjid Jama

India juga punya masjid tua yang bersejarah, masjid Jama namanya. Masjid jama selesai dibangun pada tahun 1656 oleh kaisar Shah Jahan yang juga mendirikan Taj Mahal. Masjid jama adalah masjid utama dan terbesar di India, masjid ini dapat menampung sekitar 25.000 jamaah. 

masjid jama india
Suasana Sholat di Masjid Jama
Masjid Jama terletak di tepi jalan raya yang sangat ramai di Delhi tua, yaitu jalan Chadni Chowk. Bangunannya memadukan antara corak candi Budha dan arsitektur India sebelum islam masuk. Masjid Jama memiliki dua menara setinggi 40 meter yang membuatnya nampak sangat unik dan indah. [ilm]
3 Bangunan Bersejarah India Selain Taj Mahal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment