Learn Science With Ilmusiana

Bunga Tidak Sempurna: Contoh dan Pengertian

Loading...
Apa yang dimaksud dengan bunga tidak sempurna? Apa contohnya? Saat kamu duduk di taman dengan warna-warni bunga yang indah, dapatkah kamu membedakan mana di antara bunga tersebut yang termasuk bunga tidak sempurna? Mungkin, sebagian besar dari kita tidak mampu membedakannya, karena semua bunga akan tampak sempurna bagi kita, semuanya sedap dipandang mata. Kecuali, jika kamu seorang ahli tumbuh-tumbuhan, sambil duduk menikmati pemandangan, kamu juga melakukan identifikasi terhadap semua bunga yang termasuk ke dalam golongan bunga tidak sempurna.

bunga tidak sempurna

Nah, materi kali ini akan memberikan penjelasan mengapa suatu bunga dikatakan tidak sempurna, dan bunga apa saja yang termasuk di dalamnya. Berikut ini materinya:

Pengertian Bunga Tidak Sempurna

Bunga tidak sempurna adalah bunga yang memiliki satu jenis kelamin saja, bisa putik atau benang sari saja, disebut juga dengan bunga uniseksual. Bunga yang memiliki putik tanpa benang sari disebut bunga betina (karpelat), sedangkan bunga yang memiliki benang sari tanpa putik disebut bunga jantan (staminat). Umumnya, bunga jenis ini dimiliki oleh tumbuhan biji tertutup (angiospermae). Karena bunga ini hanya memiliki satu jenis kelamin saja, mereka berkembang biak dengan cara penyerbukan silang. Penyerbukan ini biasanya dibantu oleh angin. 
Jika bunga jantan dan betina terdapat pada tanaman yang sama, maka spesies tanaman tersebut disebut berumah satu (monoecious). Sebaliknya, jika bunga jantan dan bunga betina pada tanaman yang berlainan disebut berumah dua (dioecious). 

Contoh Bunga Tidak Sempurna

Berikut ini adalah contoh tanaman yang memiliki bunga tidak sempurna:

1. Bunga Jagung

Jagung (Zea mays) adalah contoh tanaman yang memiliki bunga tidak sempurna. Di mana, bunganya masuk ke dalam golongan bunga berumah satu (monoecious). Malai bunga (tassel) adalah organ jantan bunga yang tersusun oleh benang sari, sedangkan tongkolnya (ear) adalah organ betina bunga yang tersusun oleh putik saja. Rambut jagung (silks) adalah tangkai (style) kepala putik (stigma) bergetah pada bagian ujung. 

2. Bunga Kurma

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah tanaman dengan bunga tidak sempurna yang masuk ke dalam jenis berumah dua (dioecious). Oleh karena biji kurma yang berkembang pada bunga betina saja, petani kurma lebih banyak menanam tanaman-tanaman betina saja. Beberapa tanaman kurma berbunga jantan cukup untuk menghasilkan serbuk sari bagi ratusan bunga betina.

3. Bunga Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah contoh tanaman dengan bunga tidak sempurna. Bunga jantan pada kelapa biasanya berukuran panjang dengan benang sari yang menempel pada tangkai sarinya. Sedangkan, bunga betinanya memiliki lubang dan berukuran pendek. Jika kedua organ kelamin ini bertemu akan berubah menjadi buah kelapa.

4. Bunga Salak

Jika kamu pernah mengamati tanaman salak (Salacca zalacca), maka akan kelihatan bahwa salak termasuk ke dalam bunga tidak sempurna. Dalam satu tandan salak, bisa terdapat ribuan bunga betina dengan beberapa bunga jantan.

5. Bunga Kamboja

Kamboja (Plumeria) adalah contoh tanaman yang masuk ke dalam bunga tidak sempurna. Bunga kamboja memiliki organ kelamin jantan dan betina pada bunga yang terpisah.

6. Bunga Pinus

Pinus (Cupressus lusitanica) adalah contoh tanaman yang memiliki bunga tidak sempurna.Cobalah amati pinus dengan seksama, bunga jantannya terdapat di bagian paling atas, sedangkan bunga betina pinus melingkari tangkai dari bunga jantan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan contoh bunga tidak sempurna, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment