Loading...

Learn Science With Ilmusiana

Fungsi Kepala Putik (Stigma)

Loading...
Apa fungsi kepala putik (stigma) pada bunga? Ada banyak bagian yang terlibat dalam reproduksi bunga, salah satunya adalah kepala putik (stigma). Dalam materi kali ini, kita akan melihat lebih dekat struktur dan fungsi kepala putik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagian penting ini.

Fungsi Kepala Putik

Fungsi utama kepala putik adalah sebagai tempat menempelnya serbuk sari untuk memulai proses pembuahan. Agar tumbuhan bisa bertahan hidup, mereka harus memiliki kemampuan untuk pembuahan dan reproduksi. Pada tumbuhan, gamet jantan yang digunakan dalam reproduksi disebut serbuk sari. Agar terjadi pembuahan, butiran kecil serbuk sari harus berpindah dari tempat mereka dihasilkan (antera) ke putik yang berisi gamet betina bunga

fungsi kepala putik
Gambar Kepala Putik
Proses pemindahan serbuk sari ini dilakukan oleh angin atau hewan, seperti lebah dan kupu-kupu. Agar tepung sari mencapai gamet betina di dalam putik, ia harus memiliki tempat menempel dan masuk. Pada bunga, tempat menempel dan pintu masuk ini adalah kepala putik sebagai pintu pertama yang harus dilewati serbuk sari.

Materi Terkait:
Sebagian besar kepala putik menyesuaikan diri dengan struktur yang cocok untuk menangkap serbuk sari, yaitu menggunakan rambut atau bentuk permukaan lainnya untuk meningkatkan peluang menempelnya serbuk sari. Sebagian besar kepala putik ditutupi oleh zat yang basah dan lengket. Permukaan basah ini diperlukan agar serbuk sari tidak kering saat memasuki bakal buah (ovarium) dan memulai proses pembuahan. Jika serbuk sari jatuh di atas kepala putik, maka dalam keadaan normal serbuk sari akan menyerap cairan yang dihasilkan oleh kepala putik, kemudian menggembung dan berkecambah. Sedangkan, sifat lengket kepala putik berfungsi agar serbuk sari mudah menempel. 

Umumnya, kepala putik memiliki bentuk panjang dan ramping atau bulat dengan cabang yang memanjang. Di bagian bawah kepala putik terdapat tangkai yang menjadi penghubung antara kepala putik dengan ovarium. Serbuk sari yang masuk melalui kepala putik akan disalurkan menggunakan tangkai menuju ke ovarium untuk memulai pembuahan.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Kepala Putik, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment