Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Dari manakah Energi Matahari Dihasilkan?

Loading...
Dari manakah energi matahari di hasilkan? Pertanyaan ini mungkin pernah terbesit dibenakmu. Kita telah sejak lama tahu bahwa matahari adalah sumber energi terpenting bagi bumi dan segala isinya. Boleh dikatakan, 100% kehidupan di bumi bergantung pada matahari. Bola besar panas yang ada di atas kepala kita itu telah menyala dan menjadi pusat tata surya kita sejak bermilyar-milyar tahun yang lalu. Tak pernah sedetik pun padam menyediakan energi bagi seluruh kehidupan bumi hingga sekarang. 

Dari manakah Energi Matahari di Hasilkan

Lantas, bagaimana cara matahari menghasilkan energi yang sedemikian besar itu? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami jawab dalam uraian kali ini. Untuk mengetahui cara matahari menghasilkan energi, maka kita harus menguak seputar aktivitas yang terjadi di matahari, sebab aktivitas inilah yang menghasilkan energi. Yuk, berikut ini ulasannya:

Dari manakah Energi Matahari di Hasilkan? 

Energi matahari berasal dari reaksi nuklir yang terjadi di matahari. Reaksi ini disebut dengan reaksi fusi, yaitu penggabungan inti dari gas-gas hidrogen membentuk gas helium. Proses penggabungan ini akan menimbulkan hasil sampingan berupa energi yang terdiri dari energi panas, energi cahaya, dan energi gelombang yang sangat besar. Reaksi ini terjadi di pusat atau inti matahari yang memiliki suhu 7 juta derajat celsius. Suhu seperti ini memang diperlukan agar reaksi fusi bisa terjadi.

Ilmu pengetahuan modern telah memiliki pengetahuan yang baik tentang matahari. Diketahui, bahwa matahari adalah bola besar yang sebagian besarnya terdiri dari gas hidrogen, dengan persentase sekitar 92%, helium 7,8%, dan sisanya terdiri dari nitrogen, karbon, dan oksigen.

Cara Matahari Menghasilkan Energi

Energi matahari dihasilkan di inti matahari tempat terjadinya reaksi fusi termonuklir. Reaksi ini akan menggabungkan dua inti atom hidrogen yang akan berubah menjadi helium. Setiap detiknya diperkirakan 600.000.000 ton hidrogen matahari yang berubah menjadi helium. Hidrogen sebanyak itu akan menghasilkan energi yang setara dengan 100 milyar bom hidrogen setiap detiknya. Bisa kamu bayangkan sendiri, begitu banyaknya energi yang diproduksi oleh matahari setiap detiknya.

Menurut Hans Bethe, energi matahari dihasilkan dari siklus proton-proton dalam reaksi fusi. Siklus tersebut terjadi dalam 3 langkah, yaitu:
proses reaksi fusi matahari 
Setelah dua langkah di atas, maka dilanjutkan dengan salah satu dari dua reaksi berikut ini:

reaksi fusi matahari

Demikianlah jawaban dari pertanyaan tentang Dari manakah energi matahari di hasilkan. Bagikan materi ini kepada teman-teman yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment