Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Lagu Apuse Berasal Dari Daerah?

Berasal dari daerah manakah lagu Apuse? Lagu ini merupakan lagu daerah yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, sejak di bangku Sekolah Dasar (SD) anak-anak sudah mengenal dan terbiasa menyanyikan lagu ini. Sebagai salah satu lagu daerah, lagu Apuse memang mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Lagu ini memiliki lirik sederhana dan makna yang sangat dalam sehingga siapa pun yang menyanyikankan akan terbawan suasana lagu.

Lagu Apuse Berasal Dari Daerah

Saking populernya, Lagu Apuse juga pernah digunakan nadanya untuk membuat lagu Garuda di dadaku, untuk membangkitkan semangat tim sepakbola Indonesia untuk memenangkan pertandingan melawan negara lain. Lagu ini juga ditampilkan pada acara acara pembukaan Asian Games 2018 lalu, yang dibawakan oleh penyanyi Edo Kondologit.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan dari mana Lagu Apuse berasal. Semoga dengan membaca informasi ini, kita semakin mengetahui dan memahami asal daerah dari lagu tradisional ini.

Lagu Apuse Berasal Dari Daerah

Lagu Apuse adalah lagu daerah yang berasal dari daerah Provinsi Papua yang diciptakan oleh seseorang yang berasal dari Jayapura. Tentang penciptanya sendiri, tidak ada informasi pasti mengenai nama ataupun jenis kelamin (pria atau wanita) dari pencipta lagu Apuse, alias anonim. Tidak diketahui juga kapan pertama kali lagu ini dinyanyikan.

Lagu Apuse menjadi lagu daerah kebanggaan masyarakat Papua khususnya, dan bangsa Indonesia umumnya. Sebab, lagu ini banyak dinyanyikan juga oleh orang-orang yang berasal dari daerah lain. Bahkan, lagu Apuse juga sering ditampilkan pada acara pembukaan event nasional maupun internasional. 

Lirik Lagu Apuse dan Artinya

Berikut ini adalah lirik dari lagu Apuse dan artinya: 
Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Arti Lirik lagu Apuse;

Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Makna Lagu Apuse

Lagu Apuse memiliki makna atau bercerita tentang perpisahan seorang kakek atau nenek dengan cucunya. Dalam lagu tersebut, sang cucu berpamitan kepada kakek dan neneknya untuk pergi ke sebuat tempat. Sang Cucu mengatakan bahwa ia akan pergi ke Teluk Doreri. Teluk Doreri merupakan pintu masuk ke wilayah daratan Manokwari di Provinsi Papua Barat. Dalam lirik "srafabye aswarakwar", kakek/nenek melepas kepergian sang cucu. Meski merasa berat, mereka berpisah dengan sang cucu yang pergi ke negeri seberang.

Demikianlah informasi tentang asal daerah Lagu Apuse. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Lagu Apuse Berasal Dari Daerah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment