Learn Science With Ilmusiana

Lagu Bagimu Negeri: Pencipta dan Lirik

Siapakah pencipta lagu Bagimu Negeri? Semua orang pasti hafal lirik lagu ini, salah satu lagu wajib nasional yang sangat populer. Lagu Bagimu Negeri menjadi lagu favorit yang sering dinyanyikan oleh kelompok paduan suara pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, maupun upacara bendera di sekolah. Kita pasti dibuat merinding saat mendengar lagu Bagimu Negeri dinyanyikan. Lagu ini bisa membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air melalui lirik yang sangat menyentuh hati.

Lagu Bagimu Negeri: Pencipta dan Lirik

Lagu Bagimu Negeri telah menjadi simbol kecintaan seluruh anak negeri ini kepada Indonesia. Lagu ini merupakan lagu perjuangan yang pernah membakar semangat rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Kesederhanaan liriknya membuat lagu ini mudah dihafal oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang pencipta dan lirik lagu Bagimu Negeri. Semoga setelah membaca informasi ini, kita bisa mengetahui dan memahami segala hal tentang lagu Bagimu Negeri ini.

Pencipta Lagu Bagimu Negeri

Lagu Bagimu Negeri diciptakan oleh komponis kenamaan Indonesia bernama Kusbini. Kusbini dilahirkan di sebuah desa yang bernama Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur pada 1 Januari 1910. Ayahnya bernama Koesnio seorang manteri kehutanan (bosch hoofsiner boswessen), sedangkan lbunya bernama Moesinah asal Trenggalek, Jawa Timur.

Kusbini dilahirkan pada masa musik keroncong berada di puncak keemasannya. Siapa sangka, beliau kelak menjadi seorang yang sangat berpengaruh pada aliran musik tradisional tersebut. Kecintaannya terhadap musik telah ditunjukkan Kusbini sejak kecil. Setelah menamatkan pendidikannya di sekolah dasar (HIS) Jombang pada tahun 1914, Kusbini berangkat ke Surabaya untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah dagang, sekaligus bergabung dengan grup musik keroncong Jong Indische Stryken Tokkel Orkest (JISTO), mengikut jejak abangnya, Kusbandi.

Baca Juga:
Di Surabaya, kemampuan bermusik Kusbini terasah dengan baik, ia sering membantu kakaknya mengulik dan menghimpun lagu-lagu yang akan dibawakan oleh grup musiknya. Sembari bersekolah, Kusbini mempelajari musik secara otodidak dan sedikit dibimbing oleh sang kakak. Kusbini juga pernah mengikuti pendidikan musik umum pada tahun 1927 di sekolah musik "Apollo". 

Ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di sekolah dagang Surabaya. Meskipun begitu, ia enggan untuk bekerja sesuai dengan ijazahnya tersebut. Kusbini memantapkan diri untuk menjadi seorang seniman musik.

Lagu Bagimu Negeri

Lagu Bagimu Negeri diciptakan Kusbini pada tahun 1942. Lagu hasil ciptaannya tersebut bermula dari permintaan Bung Karno kepada Kusbini untuk membuat sebuah lagu yang bertema nasionalisme. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi Jepang yang semakin kuat menanamkan pengaruhnya kepada bangsa Indonesia, termasuk propaganda dalam bentuk lagu. 

Kusbini kemudian membuat sebuah lagu sesuai permintaan Bung Karno. Ia menciptakan Lagu Bagimu Negeri yang dinyanyikan pertama kali oleh Saridjah. Lagu ini disiarkan secara luas melalui siaran radio militer Jepang dalam program musik untuk Anak-anak.

Mendengar lagu ini berkumandang, Jepang dibikin kaget dengan liriknya. Jepang pun memanggil Kusbini untuk menjelaskan maksud dari lagu tersebut. Jepang menilai lagu ini sangat sensitif dan bisa memicu timbulnya gerakan rakyat untuk merdeka. Dalam proses interogasi, Kusbini membela diri bahwa tidak ada kata Indoneia dalam lagu tersebut. Negeri yang dimaksud dalam lagu Bagimu Negeri bisa merujuk ke negeri mana saja, negeri Jepang pun bisa.

Memang, pada awalnya Kusbini sempat menyisipkan "Indonesia Raya" pada baris paling akhir lirik lagu Bagimu Negeri. Namun, hal tersebut ditolak oleh Bung Karno yang berpendapat bahwa sangat berbahaya untuk menyisipkan kata "Indonesia", "bangsa", atau "Negara". Untuk mengurangi kecurigaan Jepang, disepakatilah pemakaian kata "Negeri" dalam lirik lagu tersebut.

Lirik Lagu Bagimu Negeri

Berikut ini adalah lirik lagu Bagimu Negeri ciptaan Kusbini:

Lirik Lagu Bagimu Negeri

Padamu negeri kami berjanji 
Padamu negeri kami berbakti 
Padamu negeri kami mengabdi 
Bagimu negeri jiwa raga kami.
Sementara itu, Not Lagu Bagimu Negeri, adalah sebagai berikut:

Not Lagu Bagimu Negeri

not lagu bagimu negeri

Demikianlah penjelasan tentang Lagu Bagimu Negeri: Pencipta dan Lirik. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Lagu Bagimu Negeri: Pencipta dan Lirik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment