Learn Science With Ilmusiana

5+ Contoh Bunga Penyerbukan Tetangga

Bisakah kamu sebutkan contoh bunga yang melakukan penyerbukan tetangga? Umum diketahui bahwa proses penyerbukan terjadi pada bagian-bagian bunga yang bertanggung jawab sebagai alat reproduksi tanaman. Ada beberapa jenis penyerbukan ditinjau dari asal serbuk sarinya, salah satunya adalah penyerbukan tetangga. Tanaman-tanaman jenis tertentu melakukan tipe penyerbukan ini dalam proses reproduksinya.

Contoh Penyerbukan Tetangga

Contoh Bunga Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan tetangga disebut juga sebagai Geitonogami. Terdapat ciri pada jenis tanaman tertentu yang melaksanakan tipe penyerbukan ini. Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan apa itu penyerbukan tetangga dan contoh tanaman yang melakukannya. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengetahui dan memahami penyerbukan tetangga.

Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan tetangga adalah proses jatuhnya menempelnya serbuk sari pada kepala putik yang berasal dari bunga yang lain, tetapi masih satu tanaman. Jadi, penyerbukan tetangga melibatkan dua bunga dari satu pohon. Hal ini terjadi karena alat kelamin jantan dan betina pada tanaman tersebut tidak berada dalam satu bunga. Proses penyerbukan tetangga sering terjadi dengan bantuan angin dan hewan.

Serbuk serbuk sari pada satu bunga akan berpindah pada saat angin atau hewan hinggap ke bunga yang lain pada tanaman yang sama. Jadi, bunga-bunga pada tanaman geitonogami dibuahi oleh bunga-bunga lain pada tanaman yang sama. Tanaman yang memiliki banyak bunga biasanya melakukan proses penyerbukan tetangga ini.

Contoh Penyerbukan Tetangga

Beberapa contoh tanaman yang melakukan penyerbukan tetangga adalah:
  1. Pepaya
  2. Jagung
  3. Pisang
  4. Toadflax
  5. Kelapa
Demikianlah penjelasan tentang Penyerbukan Tetangga. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Contoh Bunga Penyerbukan Tetangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment