Learn Science With Ilmusiana

3+ Fungsi Mistar / Penggaris (Gambar Lengkap)

Apa fungsi mistar atau penggaris? Tentu saja, mistar sudah tidak asing lagi bagi kita. Apalagi, bagi seorang pelajar, mistar adalah salah satu item yang sering ada dalam tas sekolah. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari mulai yang lurus sampai yang berbentuk segi tiga. Bahan pembuatannya pun bervariasi, ada yang terbuat dari plastik, dan ada juga yang terbuat dari baja.

Fungsi Mistar / Penggaris

Fungsi Mistar penggaris

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan fungsi mistar dalam kehidupan sehari-hari. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang mistar semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya:

Mistar atau Penggaris

Mistar atau penggaris adalah sebuah alat ukur dan alat bantu gambar saat akan menggambar garis lurus. Sebagai alat ukur, mistar memiliki dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius. Pada mistar, skala ini ditunjukkan dengan beberapa garis-garis pendek yang dilengkapi dengan angka. Saat kita memperhatikan mistar, sisi bawahnya terdapat ukuran panjang yang disebut skala utama, ditunjukkan dengan garis-garis panjang.

Skala utama ini bersatuan sentimeter. Jarak antara satu skala utama dengan skala utama lainnya adalah sepersepuluh kali skala utama. Di antara skala utama, terdapat garis paling pendek yang disebut skala nonius atau skala terkecil. Skala ini bersatuan milimeter. Jadi, skala terkecil mistar adalah 1 mm atau 0,1 cm.

Umumnya, mistar juga dilengkapi dengan satuan inci yang terletak pada sisi atas mistar. Jarak antara angka 0 dan 1 pada skala ini lebih besar dari satuan sentimeter tadi, dimana 1 inci panjangnya sekitar 20,5 cm.

Fungsi Mistar / Penggaris

Berikut ini adalah beberapa fungsi mistar dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Alat Ukur

Salah satu fungsi mistar yang paling utama adalah sebagai alat ukur saat melakukan pengukuran panjang. Pengukuran dengan mistar haruslah dilakukan dengan baik agar didapatkan hasil pengukuran yang benar. Skala nol mistar harus ditempatkan pada ujung benda yang diukur. Kemudian, ujung yang lain harus sejajar dengan skala pembacaan. Mata kita harus tegak lurus dengan tanda garis skala saat membaca skala mistar.

2. Alat Bantu Membuat Garis

Fungsi selanjutnya dari mistar adalah sebagai alat bantu saat kita akan membuat garis. Dengan bantuan mistar, garis yang kita buat lebih lurus dan rapi. Begitu juga saat kita membuat tabel, mistar menjadikan tabel yang kita buat tampak lebih bagus.

3. Alat Bantu Membuat Sudut

Fungsi terakhir ini bisa kita dapatkan saat menggunakan mistar yang berbentuk segitiga, biasanya segitiga siku-siku dan segitiga sama kaki.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Mistar Penggaris. Bagikan materi ini agar orang lain dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Fungsi Mistar / Penggaris (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment